Cara Menghapus File Di CD Tanpa Software Di Windows Dan Mac

  

Sebagian orang mungkin merasa kesulitan saat menghapus file di CD. Karena banyak yang mengira bahwa menghapus CD sama halnya dengan menghapus flashdisk. Namun kenyataannya hal ini salah besar. Oleh sebab itu pada kesempatan kali ini secara singkat dan jelas akan menguraikan bagaimana cara menghapus file di cd yang benar dan mudah diterapkan.

Jadi sebenarnya menghapus file di dvd/cd itu memerlukan cara tersendiri dan mungkin banyak orang yang masih bingung dengan itu. Jadi hal ini bukan kesalahan laptop atau komputer yang digunakan, melainkan tekniknya yang tidak benar. Untuk tahu lebih jelas mari simak bahasan lengkapnya di bawah ini.

Cara Menghapus CD Atau DVD  Untuk Komputer Windows

Untuk menghapus sebuah file yang ada di CD atau DVD bisa tanpa menggunakan sebuah software. Jadi pengguna hanya memanfaatkan fitur – fitur yang telah disediakan di dalam komputer dalam hal ini adalah windows. Berikut ini beberapa tahapan yang harus dilakukan :

1. Masukkan CD Pada Komputer

Langkah pertama yang harus dilakukan tentu memasukkan CD dan tempatkan pada penampang cakram computer. Jangan sampai salah, pastikan bagian label menghadap ke atas. Kemudian buka menu start atau logo yang bergambar windows yang biasanya berada di sebelah pojok kiri bagian bawah.

2. Buka Menu Explorer

Setelah membuka menu start langkah berikutnya buka juga menu explorer. Menu ini biasanya terletak di pojok kiri bawah pada jendela windows. Kemudian klik ikon tersebut untuk membuka foldernya. Semua penyimpanan biasanya terdapat pada ikon ini.

3. Klik Ikon “ This PC”

Langkah selanjutnya ialah dengan mengklik ikon “This PC”. Opsi ini berada tepat pada sisi kiri dari jendela file explorer. Biasanya perlu tindakan untuk menggeser ke atas atau kebawah untuk melihatnya. Kemudian pilih logo DVD yang ada pada layar.

4. Klik Opsi Manage

Langkah selanjutnya adalah dengan klik opsi  “manage”, tab ini bisa ditemukan pada sisi kiri atas dan nanti menu lainnya akan ditampilkan di bawahnya. Kemudian setelah itu klik menu pada layar yang bertuliskan “Erase This Disc” selanjutnya klik “next”. Pada tahap ini nantinya file CD atau DVD akan dihapus.

5. Klik Finish

Tunggu beberapa saat prosesnya berlangsung. Mungkin hal ini akan memerlukan sedikit waktu tergantung seberapa besar kapasitas file yang akan dihapus. Setelah semua proses selesai klik “Finish”. Dengan begitu CD atau DVD ini telah kosong dan bisa kembali diisi dengan file yang baru.

Menghapus File CD Atau DVD Pada Komputer MAC

Cara menghapus file di CD pada komputer MAC sebenarnya memang tidak terlalu berbeda pada komputer windows. Hanya saja memang terdapat beberapa fitur yang berbeda. Untuk lebih jelas simak tahapannya berikut ini :

1. Masukkan CD Pada Komputer MAC

Langkah pertama masukkan cd atau dvd pada candar eksternal Mac. Diperlukan pembaca cd eksternal untuk menghapus file yang ada pada cakram. Kecuali bila menggunakan computer Mac rakitan pra 2012 yang lengkap dengan cd bawaan.

2. Klik Go

Setelah cd berhasil dimasukkan, klik menu “Go” yang ada pada pojok kiri bagian atas di layar komputer. Nanti akan tampil beberapa menu di bawahnya. Kemudian klik menu “Utilities” yang ada di bagian bawah menu tersebut. dengan begitu folder akan terbuka.

3. Klik Ganda Utilities

Setelah folder tersebut terbuka langkah selanjutnya adalah mengklik dua kali menu “disc utility”. Kemudian nanti akan tampil folder cd yang telah dimasukkan di awal. Klik nama cd yang diinginkan untuk dihapus. Lalu pilih “erase” yang ada di bagian atas menu disc utility.

4. Klik Completely

Dengan mengklik opsi ini, artinya cd telah siap untuk dikosongkan. Langkah berikutnya ialah memilih opsi “erase” dengan begitu proses penghapusan file dimulai. Hal ini memerlukan waktu beberapa menit, tergantung besar file yang akan dihapus. Setelah selesai nantinya akan muncul pop – up bertuliskan “you have inserted a blank cd” dan itu artinya file telah berhasil dihapus.

Demikianlah ulasan singkat mengenai cara menghapus file di cd. Sebuah file penting atau pribadi perlu disimpan dengan baik benar. Apabila tidak ingin diketahui orang lain mungkin cara – cara seperti yang telah diuraikan di atas dapat membantu. Atau jika masih takut file tersebut masih dapat dibaca, lakukan alternative burning tool sebelum memutuskan untuk membuangnya ke tempat sampah. Semoga bahasan ini bermanfaat untuk pembaca semuanya.