Cara Meningkatkan CPC AdSense Secara Tepat dan Akurat

  

Pendapatan AdSense tentunya akan bergantung pada banyak faktor, salah satunya adalah CPC. Jika cpc tinggi dan penargetan sesuai, maka pendapatan juga akan naik. Ada berbagai cara meningkatkan cpc AdSense yang sebenarnya mudah dipraktekkan, hanya saja masih ada yang belum mengerti dimana letak optimasinya.

1. Pilih Niche Dengan CPC Tinggi

Syarat mutlak jika ingin CPC AdSense meningkat tidak lain adalah menentukan niche yang memiliki CPC tinggi. Salah satu tips untuk meningkatkan CPC adalah fokuslah pada satu topik pembahasan pada website tersebut. Misalkan blog tentang kesehatan yang memiliki tingkat CPC cukup tinggi dibandingkan blog dengan tema gado-gado.

Adapun beberapa contoh niche yang memiliki CPC tinggi diantaranya adalah tentang finansial, desain rumah, gadget, otomotif dan lain sebagainya. Salah satu cara mensiasati bahwa niche tersebut tinggi adalah dari trafficnya yang stabil dan dibutuhkan banyak orang.

2. Cari Keyword Berkualitas

Disini keyword juga memiliki perang yang penting dalam meningkatkan CPC AdSense. Jika keyword dalam website tersebut tidak tepat bahkan tidak memiliki value, maka CPC menjadi rendah. Dalam hal ini harus dibutuhkan ketelitian dalam memilih keyword yang akan diposting di website dan tentunya yang memiliki nilai tinggi.

Cara mencari keyword yang bernilai tinggi juga sangat mudah mengingat sudah ada banyak sekali tools riset keyword berbayar ataupun gratis. Beberapa tools riset keyword yang disarankan adalah Semrush, AdWords, Keyword Reaveler, Ubersuggest hingga MOZ. Dari tools tersebut akan muncul berbagai macam pilihan keyword dengan tingkat pencarian dan CPC yang beragam.

Pilihlah yang memiliki CPC tinggi dan relevan dengan topik pembahasan pada website tersebut. Misalkan website tersebut memiliki topik utama tentang gadget, maka carilah keyword yang berhubungan dengan gadget. Jangan sampai topik utamanya gadget, namun memilih keyword tentang jaringan komputer.

3. Targetkan Negara Pengunjung

Optimasi agar CPC AdSense meningkat selanjutnya adalah memilih target negara pengunjung. Tidak dapat dipungkiri bahwa nilai CPC Indonesia saat ini tergolong rendah jika dibandingkan negara lain seperti Amerika Serikat ataupun Jepang. Dari sini bisa memanfaatkan penargetan pengunjung dari Inggris, Singapura, China ataupun negara lain yang memiliki CPC tinggi.

Penargetan pengunjung bisa di setting di Google Webmaster Tools. Disisi lain, pastikan bahwa website tersebut memang berisikan konten berbahasa Inggris agar penargetan menjadi lebih tepat. Perlu diketahui juga bahwa blog berbahasa Inggris memiliki potensi penghasilan AdSense yang berkali-kali lipat dibandingkan berbahasa Indonesia.

4. Buatlah Iklan Yang Responsive

Cara meningkatkan CPC AdSense selanjutnya adalah dengan membuat dan memilih iklan yang responsive. Responsive sendiri artinya adalah iklan tersebut dapat diakses dari berbagai platform, terutama melalui ponsel. Pilihan iklan yang tidak responsive akan menurunkan nilai CPC dan juga jumlah visitor website.

5. Menempatkan Iklan Secara Tepat

Memang ada banyak sekali variasi pilihan iklan yang disediakan oleh AdSense, namun yang terpenting adalah penempatannya. Saran penempatan iklan yang baik adalah pada bagian header, sidebar, footer, tengah tulisan hingga di bawah judul. Inti dari penempatan iklan ini adalah carilah slot yang dapat dilihat pengunjung dan tidak mengganggu.

6. Gunakan Tipe Iklan Yang Beragam

Variasi pilihan iklan dan penempatan yang tepat perlahan akan meningkatkan nilai CPC AdSense suatu website. Misalkan iklan akan ditempatkan di dalam artikel, maka pilihlah jenis iklan gambar ataupun teks. Berbeda lagi jika ingin ditempatkan di sidebar ataupun posisi yang mudah dilihat, disarankan menggunakan iklan gambar dan sejenisnya.

Tinggi atau rendahnya nilai CPC AdSense suatu website bisa disebabkan oleh faktor teknis maupun non teknis. Dengan menerapkan cara meningkatkan CPC AdSense di atas, tentunya perlahan akan memperbaiki nilai CPC pada website yang dimiliki.