Cara meningkatkan SEO? Atau ingin Berada di Daftar Teratas Pencarian?

  

SEO atau Search Engine Optimizer merupakan cara yang dapat anda gunakan agar website anda masuk ke daftar teratas pencarian. Kenapa anda harus memerlukan SEO? SEO digunakan sebagai patokan bahwa website anda berkualitas dan artikel yang anda tulis dalam website anda relevan dengan yang dicari oleh pengguna. Ada beberapa cara meningkatkan SEO

  1. Lakukan cek berkala SEO anda

Fungsi pengecekan ini bertujuan untuk menganalisa, mengedit dan membantu anda untuk menyusun strategi bagaimana caranya agar website anda masuk daftar pencarian teratas. Sebenarnya, ada cara instan yang dapat dilakukan yakni dengan membayar jasa beberapa perusahaan jasa pembuatan website profesional yang menyediakan jasa pengecekan berkala SEO. Harga yang anda bayar akan sepadan dengan hasil yang akan anda dapatkan. Sebenarnya jika ingin dilakukan sendiri tanpa membayar jasa, teknik pengecekan berkala merupakan hal dasar yang harus diketahui oleh para pengguna SEO sebagai cara meningkatkan SEO. Teknik dasar yang dapat anda perhatikan, yakni:

  1. Memastikan seluruh halaman website anda memiliki meta title
  2. Anda juga harus memperhatikan keyword yang anda gunakan, karena keyword ini merupakan penentu yang dicari oleh para pengguna
  3. Sebisa mungkin domain website anda harus ditulis dalam URL yang singkat. Usahakan nama website anda sederhana dan mudah untuk diketik, hal ini bertujuan menghindari kesalahan pengetikan yang mungkin saja dilakukan oleh pengunjung.
  4. Susun isi website anda dalam urutan yang paling tepat. Penyusunan ini dapat anda atur dengan headings maupun sub heading, membatasi kalimat yag terdapat dalam paragraf, tandai poin – poin penting anda bisa menggunakan bold maupun italic.
  5. Periksa external link dalam website yang anda miliki.
  6. Analisa kebutuhan pengunjung website anda

Terkadang cara ini sering dilupakan oleh pengunjung, padahal ini merupakan cara yang paling sederhana dan sangat mudah dilakukan. Anda dapat melakukan riset sederhana terkait kebutuhan pengunjung ataupun hal yang menjadi trending saat ini. Anda dapat mengeceknya pada beberapa forum seperti quora, selain itu anda juga dapat menggunakan google analytics yang dapat digunakan untuk melihat laman populer dalam situs milik anda. Lebih perhatikan terhadap waktu membaca, apabila pengunjung menghabiskan waktu yang lama dalam satu halaman situs anda, ini artinya pengunjung membaca website anda hingga akhir. Tetapi, jika hanya kurang dari 1 menit umumnya pengunjung tidak membaca situs anda keseluruhan. Sebagai pemilik situs, anda juga harus memperhatikan kenyamanan pengunjung. Ini dapat dilihat dari berbagai komentar yang masuk. Anda dapat melihat berbagai komentar itu dan anda juga dapat menjawabnya, sehingga pengunjung merasa senang mengunjungi situs anda. Walaupun terdengar sederhana, tetapi ini ampuh sebagai cara meningkatkan SEO.