Cara Meningkatkan SEO Blog dengan Mudah Agar Terindeks Google Dan Visitor

  

Sebagai salah satu strategi pemasaran, content marketing sangatlah efektif. Tetapi tidak sedikit pebisnis online yang membuat blog post sekedarnya saja. karena itu, cara meningkatkan SEO blog dengan mudah berikut ini sangat dibutuhkan agar ramah pembaca dan bisa dengan mudah dideteksi Google.

Blog merupakan unsur terpenting agar web pengguna memenuhi tujuannya. Bot search engine semakin suka jika pengelola web mengupdate konten secara berkala. Lantas bagaimanakah cara meningkatkan SEO suatu blog agar ramah mesin pencari dan pembaca? Berikut ulasannya.

1. Optimasi Kata Kunci (Keywords)

Cara meningkatkan SEO blog dengan mudah yang pertama adalah gunakanlah keyword yang banyak dicari. Saat membuat artikel, pastikan topik yang ditulis banyak dicari orang. Pengguna bisa melakukan riset kata kunci  dengan keyword tools yang banyak dijumpai di internet.

Jika pengguna ingin memilih keyword tertentu sebagai sumber traffic, maka konten yang dibuat haruslah beragam. Minimal buatlah 3 hingga 5 artikel yang membahas mengenai keyword yang ditargetkan.

2. Kompetisi Kata Kunci

Kata kunci yang populer biasanya memiliki kompetisi yang ketat. Jadi pengguna perlu selektif memilih keyword. Jika pengguna membuat keyword populer dengan harapan traffic yang tinggi, kemungkinan hasil yang didapat tidak cukup baik. Kecuali web pengguna sudah terpercaya dan cukup kuat,

Sebaiknya pengguna menargetkan keyword dengan kompetisi rendah. Hal tersebut akan membantu website mendapat peringkat tinggi. Kompetisinya yang rendah untuk kata kunci yang tidak begitu populer akan membuat pengguna mendapat hyperlink dan traffic dari situs lain. Sehingga perlahan website pengguna akan semakin kuat.

3. Melakukan Promosi Blog

Promosi blog juga merupakan salah satu cara meningkatkan SEO pada blog serta meningkatkan visitor. Pengguna bisa memanfaatkan media sosial untuk mencari traffic. Di beberapa media sosial juga tersedia fitur promosi berbayar.

Ini tentu akan sangat membantu pemasaran konten di blog pengguna. Melalui fitur tersebut, pengguna bisa melakukan promosi dengan efisien dan efektif karena jangkauannya luas dan cukup baik.

4. Optimasi Meta Tag

Optimasi meta tag akan membantu membuat blog yang SEO friendly. Setelah menulis artikel, nantinya hanya sebagian kecil saja yang akan muncul di pencarian. Ini karena pencarian hanya menampilkan meta tag saja.

Meta tag terdiri dari title tag serta meta description. Title tag yang baik tidak boleh terlalu panjang. jika kelewat panjang, Google nantinya akan memotong dan disesuaikan dengan standar mereka. Sementara meta description merupakan ringkasan singkat mengenai isi konten. Idealnya meta description terdiri dari 110 hingga  120 karakter serta mencerminkan inti dari artikel yang diposting.

Pengelola web harus bisa membuat judul yang menarik dan tidak melebihi batas yang ditentukan mesin pencari. Pengguna juga harus pandai-pandai menuliskan rangkuman isi konten kedalam 120 karakter.

5. Pilih Template Blogger yang tepat

Cara terakhir yakni pilihlah template blog yang bagus untuk membantu memaksimalkan SEO. Banyak template yang bisa diunduh secara gratis tetapi tidak banyak yang menawarkan SEO friendly. Bagaimana ciri template yang SEO friendly itu?

Terdapat banyak faktor yang mempengaruhi apakah suatu template ramah SEO atau tidak. Misalnya seperti desainnya yang mobile friendly serta responsive, kecepatan loading, menggunakan schema markup dan sebagainya.

Nah, itu dia cara meningkatkan SEO blog dengan mudah agar ramai pengunjung dan mesin pencari tentunya. Dalam penerapanya, serangkaian teknik diatas membutuhkan waktu yang tidak singkat. Dibutuhkan konsistensi dan kesabaran untuk mendapatkan blog yang SEO friendly serta memiliki traffic yang tinggi. Jadi jangan cepat menyerah untuk menjalani prosesnya untuk mendapat hasil yang memuaskan.