Cara Reset FUP Indihome Yang Sudah Melebihi Batas

  
Cara Reset FUP Indihome

Bagi para pelanggan paket internet rumahan Indihome, sejak 2016 lalu perusahaan milik Telkomsel tersebut memberlakukan Fair Policy Usage (FUP). Tujuannya adalah untuk mengelola penggunaan internet agar tetap dalam batas yang sewajarnya. Lalu, bagaimana jika penggunaan sudah melebihi kuota yang dibeli? Inilah cara reset FUP Indihome saat kehabisan kuota.

Cara kerja FUP adalah menurunkan kecepatan akses internet hingga 75%. Contoh, jika berlangganan paket Indihome 10Mbps dengan batas FUP 300GB, kecepatan akses internet akan turun menjadi 5Mbps ketika pemakaian sudah mencapai 200GB. Jika penggunaan lebih dari 300GB, kecepatan akan turun lagi menjadi 3Mbps. Jika sudah mencapai batas kuota, lakukan langkah berikut:

1. Cek Status Langganan

Cara mengecek status langganan bisa melalui aplikasi MyIndihome di android. Pastikan telah mengunduh aplikasi MyIndihome melalui playstore. Selanjutnya, buka aplikasi tersebut dan pilih menu melalui garis tiga yang ada di pojok kiri atas. Klik status berlangganan. Di sana akan tampak jumlah penggunaan internet, apakah melebihi batas atau masih dalam batas normal.

Jika sudah melebihi batas, misalnya 500GB/300GB, maka harus dilakukan reset FUP. Caranya dengan melakukan memperbarui status atau paket langganan.

Cara kedua yakni melalui website jika tidak memiliki aplikasi MyIndihome. Buka website Indihome melalui https://indihome.co.id/.  Setelah itu, klik ‘MyIndihome’ dan klik ‘masuk’. Selanjutnya, masukkan alamat email beserta password dan klik ‘Selanjutnya’.

Selanjutnya, klik ikon orang yang ada di pojok kanan atas dan masuk ke menu status langganan. Lakukan renewal status langganan seperti di aplikasi MyIndihome.

2. Reset FUP Indihome

Cara reset FUP Indihome, di sisi kanan jumlah penggunaan internet, klik tulisan ‘Renew’. Akan muncul beberapa pilihan akses internet. Seperti 20 Mbps untuk 1  hari, 20 Mbps untuk 3 hari, atau 20 Mbps untuk 7 hari. Ketiganya memiliki harga beragam. Pilih salah satu sesuai kebutuhan dan klik ‘Langganan’.

3. Selesaikan Pembayaran

Setelah melakukan renew atau perbarui langganan, pilih metode pembayaran untuk menyelesaikan transaksi. Pembayaran bisa melalui LinkAja atau transfer bank, baik melalui SMS Banking, Internet Banking, M-Banking, maupun via ATM. Jika membayar melalui M-Banking, selanjutnya buka aplikasi M-Banking yang ada di ponsel, masukkan username dan password, lalu pilih menu ‘transfer’. Masukkan nomor tujuan Virtual Account pembayaran, masukkan nominal pembayaran dan selesaikan pembayaran.

Jika membayar melalui LinkAja, buka aplikasi LinkAja, pilih menu ‘Internet’ di halaman utama. Selanjutnya pilih ‘Indihome’ dan masukkan nomor ID pelanggan. Selesaikan pembayaran dengan memasukkan PIN dan nominal pembayaran. Pembayaran juga bisa dilakukan melalui SMS. Caranya dengan ketik ISP(spasi)IH(spasi)Kode area+nomor pelanggan Indihome terdaftar, kirim ke 98108. Selanjutnya, tunggu SMS masuk dari Telkom tentang informasi FUP.

4. Kembali ke Aplikasi MyIndihome

Jika pembayaran telah selesai, kembali ke MyIndihome. Masuk ke menu Cek Status Langganan seperti langkah di awal. Jika proses renew sudah berhasil, pemakaian internet atau FUP akan kembali seperti semula ke angka 0. Misalnya 0 GB/200GB.  Jika FUP belum kembali ke 0, cobalah menunggu beberapa saat atau reload aplikasi MyIndihome. Proses ini biasanya tidak memakan waktu lama, hanya hitungan menit setelah pembayaran diselesaikan.

Itulah cara reset FUP Indihome jika penggunaan sudah melebihi batas kuota pembelian sebelum akhir bulan. FUP diperbarui secara otomatis setiap akhir bulan dan akan kembali ke 0 pada tanggal 1 setiap bulan. Semoga bermanfaat dan tetap berinternet dengan sehat!