Jasa Pembuatan Toko Online : 10+ Cara Meningkatkan SEO Website

  
Jasa Pembuatan Toko Online : 10+ Cara Meningkatkan SEO Website

Jasa pembuatan toko online profesional sangat penting untuk meningkatkan omset penjualan online shop Anda. Biasanya perusahaan pembuatan web terbaik akan memfokuskan diri pada peningkatan SEO e-commerce, sehingga membuat website kliennya masuk di daftar halaman pertama Google.

Seperti diketahui, SEO e-commerce tidak bisa dianggap remeh, mengingat trik ini dapat membantu website Anda di halaman pertama mesin pencari. Selain itu, bisa membantu Anda untuk meningkatkan traffic website.

Cara Meningkatkan SEO Website Ampuh           

Jika Anda menginginkan web online shop sukses, Anda pun bisa mempelajari trik meningkatkan SEO e-commerce sebagai hal mutlak. Dengan mengoptimalisasi Search Engine Optimization ini, maka web Anda pun akan dikunjungi banyak orang. Inilah tips meningkatkan SEO toko online, diantaranya :

  1. Jangan Duplikasi Konten

Perlu Anda ketahui, bahwa musuh terbesar bagi Google atau mesin pencari lainnya ialah duplikat konten. Tidak sedikit onine shop yang menerima sanksi Google karena mempunyai konten serupa untuk menggambarkan produknya.

Sehingga sebagai owner toko online, Anda perlu mencari cara mengurangi duplikasi ini dengan melakukan evaluasi terhadap online shop Anda.

  1. Strategi Konten

Sebisa mungkin Anda harus menciptakan konten menarik. Tidak hanya unik saja, konten tersebut pun harus berkualitas sehingga, pengunjung tertarik membaca konten web Anda, Selain menambah nilai untuk calon pelanggan potensial, ini juga dapat membantu meningkatkan peringkat online shop Anda di hasil pencarian.

Sebaiknya buat konten bervariasi dan tentunya relevan dengan item produk yang Anda jual. Sehingga bisa membuat calon pelanggan pun tertarik, dan tidak menutup kemungkinan mereka langsung tertarik membeli produk Anda.

  1. Jangan Memakai Deskripsi Produk Langsung Dari Produsen

Tulis deskripsi produk dengan konten yang unik, memakai keyword yang dicari banyak pengunjung, dan bersifat SEO friendly. Usahakan Anda tidak langsung copy paste ulasan deskripsi produk dari produsen. Hal tersebut bisa mengurangi kualitas online shop Anda.

  1. Pakai Keyword yang Unik

Untuk mengoptimalkan SEO toko online selanjutnya ialah dengan memakai keyword yang unik. Anda dapat memakai bantuan dari Google Keyword Planner supaya bisa mencari kata kunci tertentu yang lebih berkualitas.

  1. Sebar Kata Kunci di Website

Selain keyword, Anda juga bisa menambahkan LSI atau keyword turunan. Kemudian sebar semuanya ke beberapa halaman website online shop. Ini sebagai salah satu cara optimasi SEO on page. Dengan begitu, dapat mempermudah pekerjaan Google.

Saat crawling, maka Google pun bisa mengetahui isi website Anda. Ada 6 elemen terpenting untuk menyebar keyword dalam website online shop Anda. Diantaranya ialah deskripsi produk, title tags, alt text, meta description dan title, deskripsi produk, URL, dan nama dokumen.

  1. Tag Judul

Judul biasanya dibuat untuk menarik perhatian para pengunjung web. Jika tujuan Anda untuk berjualan, Anda tentu harus mengumumkan produk jualan melalui judul tersebut. Maka dari itu, Anda bisa membuat nama produk sebagai kata kunci yang masuk ke H1 atau title tags.

Usahakan untuk menampilkan nama produk di awal. Sehingga calon pembeli bisa memahami langsung apa yang Anda jual. Jika Anda memiliki toko online untuk penjualan produk hanya dari satu merk/brand sja, maka nama varian saja sudah cukup dijadikan sebagai judul.

Lain halnya, saat Anda menjual beberapa produk dari merk yang berbeda. Maka Anda harus menyertakan merek produk beserta varian produk tertentu yang dijual.

  1. Judul dan Meta Deskripsi

Menyimpan keyword dalam meta deskripsi harus dilakukan. Walaupun masih belum terbukti memberikan pengaruh pada ranking pencarian, kata kunci di meta description dan title dapat membantu menyumbang klik dalam jumlah lebih banyak.

Pihak Google sendiri sengaja melakukan highlight keyword yang Anda simpan di sana. Ini memberikan kesan ke pengguna atau pengunjung, seberapa relevannya konten web Anda relevan untuk mereka.

  1. Nama Dokumen

Dokumen apa saja yang ada dalam website, seperti video, audio, dokumen pdf dan gambar, harus mengandung kata kunci. Memasang keyword dapat membantu Anda untuk menamai file tersebut dengan jelas, padat, dan singkat. Ini adalah cara praktis dari Google.

Jika nama file dalam website Anda terbuat dari beberapa kata, maka Anda harus memisahkan tiap kata tersebut memakai dash atau setrip (-). Penggunaan tanda baca tersebut dapat mempermudah Google untuk membaca dokumen yang telah dilampirkan.

  1. Alt Text

Cara meningkatkan SEO blog lainnya ialah dengan menggunakan Alt Text. Sebisa mungkin, Anda harus mengisi alt text sesuai keyword dan deskripsi yang sesuai. Walaupun demikian, jangan pernah memenuhi bagian ini memakai lebih banyak keyword.

Khusus untuk online shop, Anda dapat menyesuaikan alt text tersebut dengan nama dokumen. Sebab biasanya foto produk hanya berisi 1 item barang saja.

  1. URL

Keyword utama sebaiknya disimpan di URL atau permalink. Cara ini telah terbukti dapat membantu Google untuk mengindeks website lebih baik. Selain itu, SEO e-commerce ini berpengaruh secara langsung pada rangking pencarian.

  1. Menyertakan Review Produk

Anda sudah memperoleh 1000 kata melalui desksipri produk. Saat ini, cukup tambahkan dengan 1000 lebih kata lainnya berasal dari ulasan pelanggan. Metode ini tidak hanya berpengaruh pada SEO website online shop.

Selain itu, aspek sales dan marketing pun langsung terpengaruh. Dari satu sisi, ulasan pelanggan dapat meringankan Anda untuk membuat konten. Sehingga Anda bisa mendapatkan konten tambahan dengan mudah.

Terlebih lagi, jika Anda memberi poin atau freebies untuk tiap ulasan pelanggan yang ditulis. Dalam hal ini, Anda dapat memperoleh konten artikel panjang sesuai keinginan.

Ulasan di online shop dapat mempengaruhi SEO melalui du acara. Cara pertama, Googlebot memiliki bahan lebih melakukan crawling saat ada banyak ulasan. Impresi pelanggan yang murah, berkualitas, aman, dan cepat dapat dijadikan keyword untuk melakukan optimasi SEO.

  1. Memperbaiki Struktur Website Online Shop

Jangan asal membuat halaman situs web online shop. Dilihat dari teknisnya, poin ini memiliki pengaruh langsung menuju ranking pencarian di mesin pencari. Dari sisi konsumen, struktur halaman juga dapat menentukan kepuasan berbelanja.

Sebetulnya, pembuatan struktur website online shop yang rapi cukup mudah. Anda cukup menerapkan 3 prinsip seperti membangun kategori tambahan, berdasarkan kategori umum, membuat pembagian kategori atau topik yang simple, dan membatasi tingkatan kategori.

  1. Pengaturan URL

URL merupakan alamat digital ke website maupun halamannya. Sama halnya dengan alamat dalam dunia nyata, alamat URL harus ditulis dengan lengkap dan jelas. Sehingga Googlebot dan User dapat memahami jalan menuju situs web Anda dengan mudah.

  1. Optimasi Halaman Kategori

Etalase online shop yang sebenarnya ada dalam halaman kategori. Menampilkan produk asal-asalan di halaman kategori memang bukan sesuatu yang ingin dilakukan. Namun sebaliknya, Anda harus tetap mengoptimasi halaman tersebut dan didesain dengan sebaik mungkin.

Itulah beberapa cara mengoptimasi SEO website sendiri dengan mudah. Jika Anda kesulitan melakukannya, Anda bisa memanfaatkan jasa pembuatan toko online profesional.