Jenis-Jenis Hosting dan Domain

  

Hosting dan domain merupakan hal yang cukup akrab dalam dunia internet terutama bagi pengguna website dan blog (blogger). Hal ini karena keduanya merupakan tempat dan alamat untuk suatu situs website. Nah untuk kamu yang ingin mempunyai website atau blog, kamu harus tahu beberapa jenis domain dan hosting. Hal ini agar kamu dapat memilih domain dan hosting yang sesuai dengan website-mu. Lalu juga kamu dapat mengestimasi biaya yang kamu keluarkan untuk membayar harga hosting dan domain tersebut di jasa pembuatan website murah yang kamu pilih. Lalu apa saja jenis-jenis dari domain dan hosting ya? Simak di artikel ini!

Jenis-Jenis Domain

Domain pada dasarnya terbagi menjadi beberapa jenis berdasarkan ekstensi yang berada di belakang domain. Namun, agar lebih mudah domain sering disebut top level domain (TLD) dan terbagi menjadi dua yaitu Generic Top Level (gTLD) dan Country Code Top Level Domain (ccTLD). Untuk gTLD biasanya ekstensi yang ada di belakang domain adalah .com yang biasanya digunakan untuk website dengan keperluan komersial, .edu yang biasanya digunakan untuk website dengan keperluan pendidikan, .net yang biasanya digunakan untuk website dengan keperluan internet, .info yang biasanya digunakan untuk website dengan keperluan informasi serta .org yang biasa digunakan untuk website dengan keperluan organisasi. Lalu untuk ccTLD biasanya memiliki ekstensi di belakang domain yang dikhususkan untuk negara, seperti go.id, net,id, co.id, ac.id, sch.id dan lain sebagainya.

Setelah tahu jenis-jenis domain, akan dijelaskan juga tentang jenis-jenis hosting. Di bawah ini adalah ulasan tentang jenis-jenis hosting. Mari disimak!

Jenis-Jenis Hosting

Jenis-jenis hosting perlu kamu ketahui, agar kamu mendapatkan hosting yang tepat untuk website-mu dan tahu harga hosting dan domain yang ingin kamu gunakan. Nah, inilah jenis-jenisnya!

  1. VPS Hosting

VPS hosting ini menawarkan klien sebuah mesin virtual, yaitu dimana satu server di komputer dapat menjalankan dan memiliki beberapa situs.

  1. Dedicated Hosting

Merupakan paket web hosting yang didedikasikan untuk klien tunggal

  1. Shared Hosting

Merupakan web hosting yang paling murah dan terjangkau. Web hosting ini dimana web server yang besar dapat digunakan oleh beberapa situs berbagi sumber daya.

  1. Cloud Hosting

Hosting ini menggunakan teknologi konsep komputasi awan. Hosting ini memiliki kecepatan yang lebih baik serta dikenal aman karena tidak mengandalkan hanya satu server melainkan banyak server dan tersebar.

Tips Memilih Nama Domain

Kamu tentunya ingin memiliki nama domain dalam sebuah website yang bagus dan menarik. Nah, di sini ada beberapa tips untuk memilih nama domain yang tepat. Inilah tips-tipsnya!

  1. Gunakan nama domain mudah untuk diingat
  2. Gunakan nama domain mudah untuk diketik
  3. Nama domain yang digunakan sebaiknya pendek saja
  4. Gunakan nama domain yang kreatif
  5. Gunakan nama domain yang ada nama brand
  6. Cek dahulu apakah nama domain yang ingin kamu gunakan tersedia di sosial media
  7. Jika bisa tidak menggunakan angka dan hyphens

Nah, itulah hal-hal yang bisa kamu jadikan pertimbangan dalam memilih hosting dan domain. Kamu pun juga dapat mengestimasi harga hosting dan domain untuk website yang kamu inginkan.