Jenis Layanan Hosting Populer Yang Perlu Diketahui

  
Jenis layanan hosting

Hosting merupakan suatu layanan berbasis internet yang menyediakan server untuk disewakan sehingga memungkinkan seseorang menempatkan informasi di internet. Layanan ini berperan penting dalam sebuah website karena berfungsi sebagai file transfer (FTP) serta tempat kontrol dan penyimpanan data suatu situs web. Ada beragam jenis layanan hosting yang dapat dibeli dari suatu perusahaan web hosting.

Bagi pemula, memilih layanan hosting tentu sangat membingungkan mengingat banyaknya pilihan yang dapat dipilih dengan keunggulannya masing-masing. Karena berfungsi untuk menyediakan ruang, layanan hosting diperlukan agar situs web dapat dipublikasikan secara online dengan performa terbaik. Agar tidak bingung, simak penjelasan berikut mengenai beberapa layanan hosting yang dapat digunakan setelah mendaftarkan nama domain.

1. Shared Hosting

Layanan hosting yang paling murah dan terjangkau serta cocok digunakan oleh situs web portofolio maupun blog yaitu shared hosting. Jenis layanan ini memiliki batas tertentu dalam penggunaan ruang disk karena digunakan bersama. Pada layananan ini, biasanya satu web server yang besar akan meng-host beberapa bahkan puluhan situs web. Pilihlah layanan dengan downtime minimum agar performa situs web tetap terjaga.

Bagi pemula, layanan hosting yang satu ini merupakan pilihan yang tepat karena penyedia akan menanggung pengelolaan dan konfigurasi server. Meskipun mudah digunakan dengan harga yang relatif murah, pengguna tidak dapat akses untuk mengubah konfigurasi server. Selain itu, karena keterbatasan sumber daya seringkali pengguna akan mengalami overload yang kemudian berdampak pada website lainnya.

2. Cloud Based Hosting

Meskipun terbilang baru, cloud based hosting layak dicoba bagi yang sedang mencari layanan hosting. Layanan hosting yang satu ini memiliki kecepatan yang lebih baik dan tentunya lebih aman karena menggunakan banyak server. Layaknya satu server raksasa, ratusan server yang ada di layanan hosting ini saling bekerja sama untuk menggantikan jika ada satu server yang tidak bekerja.

Selain itu layanan ini bersifat fully managed dimana penyedia akan menanggung pengelolaan dan konfigurasi server. Ketika satu server mengalami kerusakan, pengguna tetap dapat menjalankan website karena data website pengguna di duplikasi dan disimpan di beberapa server. Pengguna juga akan mendapatkan kapasitas penyimpanan dan bandwidth yang lebih tinggi dibandingkan dengan shared hosting sehingga performa web terjaga.

3. VPS Hosting

Virtual Private Server atau VPS Hosting merupakan jenis layanan hosting yang hampir mirip dengan shared hosting. VPS akan membagi satu server ke banyak server dengan resource yang sudah ditentukan di awal namun tetap seperti satu server sendiri. Teknologi virtualisasi yang ada pada layanan ini mampu menjamin sumber daya tersedia sehingga tidak ada fluktuasi secara tiba-tiba.

4. Dedicated Hosting

Jika ingin menyewa satu mesin server secara utuh tanpa perlu membaginya, layanan hosting yang satu ini tentu tepat untuk dipilih. Dedicated hosting memungkinkan penggunanya dapat meningkatkan performa situs web yang dimiliki tanpa perlu khawatir ada server lain yang mengganggu. Layanan hosting ini cocok bagi website yang sudah besar sehingga perlu memiliki server sendiri.

5. Managed WordPress Hosting

WordPress merupakan platform pembuatan website yang cukup populer karena penggunaannya yang mudah, fitur yang lengkap dan juga gratis. Bagi website yang menggunakan wordpress sebagai platform utamanya disarankan untuk menggunakan managed wordpress hosting sebagai layanannya. Jika menggunakan layanan hosting yang satu ini, penyedia jasa akan mengatur dan menjaga semua hal tentang instalasi wordpress.

Demikianlah informasi mengenai beberapa jenis layanan hosting yang wajib diketahui sebelum membelinya. Karena berfungsi untuk menyediakan ruang, layanan hosting diperlukan agar situs web dapat dipublikasikan secara online dengan performa terbaik. Ada beragam layanan hosting yang dapat dibeli dari suatu perusahaan web hosting. Tentunya pilihlah layanan hosting yang sesuai dengan kebutuhan situs web yang dimiliki.