Kampung Jodipan Malang, Rekomendasi Wisata Instagramable

  

Malang telah dikenal dengan sebagai kota pelajar dengan beragam wisata yang disuguhkan baik wisata kuliner, alam hingga edukasi. Namun, tak cukup sampai disitu, kekreatifan orang Malang memunculkan lagi sebuah wisata yang unik dan pertama di Indonesia yaitu wisata Kampung Jodipan Malang. Bermula dari daerah kumuh yang kurang menarik dan tidak sehat bagi penghuninya kemudian disulap menjadi kampung warna-warni yang menggemaskan dan menjadi spot foto yang instagramable.

Lokasi dan Rute Menuju Kampung Jodipan

Wisata ini terletak di Desa Jodipan, Kecamatan Blimbing. Lokasinya berada di tengah Kota Malang sehingga mudah dijangkau. Jika menggunakan transportasi kereta api, berhentilah di stasiun Kota Malang lalu bisa memilih transportasi Becak atau ojek online yang sudah sangat umum di kota ini. Jarak Jodipan dengan stasiun hanya 500 meter saja.  Namun jika menggunakan bus, berhentilah di terminal Arjosari lalu menggunakan angkutan umum AL atau ojek online.

Harga Tiket Kampung Jodipan

Tidak perlu khawatir dengan harga tiket Kampung Jodipan Malang ini karena sangat terjangkau. Tiket masuk hanya Rp 3.000 rupiah per orang dan Rp 2.000 untuk parkir motor, Rp 5.000 mobil dan Rp 15.000-Rp 20.000 bus pariwisata. Selain itu, tidak ada biaya lain yang akan ditarik. Dengan total Rp 5.000 rupiah pengunjung sudah bebas menikmati semua spot yang ada di wisata ini.

Keunikan Kampung Jodipan

Sebagai kampung warna pertama di Indonesia, Jodipan memberikan fasilitas yang terus di-upgrade setiap tahunnya oleh pemerintah Kota Malang. Berikut ini keunikan Kampung Jodipan dan menjadi spot foto menarik.

Jembatan Kaca Ngalam Indonesia

Diklaim menjadi jembatan kaca pertama di Indonesia, jembatan ini didesain langsung oleh mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) dan dibiayai oleh perusahaan Cat PT Indana. Proses pembuatannya hanya sekitar 3 bulan dan telah diresmikan langsung oleh Walikota Malang Mochammad Anton pada tahun 2017. Desainnya yang unik dan pertama di Indonesia ini berhasil menarik perhatian pengunjung. Selain itu, jembatan ini Jika mengunjungi Wisata Jodipan maka spot ini wajib dikunjungi.

Lukisan Tridi

Keunikan lain dari kampung warna Jodipan ini ialah banyaknya lukisan Tridi dan mural karya anak-anak Malang yang menghiasi tembok-tembok rumah. Pengunjung dapat memilih beragam foto tridi untuk dijadikan spot foto.

Lorong Payung

Tak hanya beragam lukisan, Jodipan juga memiliki daya tarik lain yaitu lorong payung. Terdapat jalan utama yang dihiasi payung warna-warni sehingga selain melindungi dari sinar matahari juga menambah estetika kampung ini.

Jembatan Embong Brantas

Keberadaan jembatan ini di luar wisata sehingga pengunjung dapat mengambil gambar kampung Jodipan dari atas yang begitu ceria. Jembatan ini memisahkan kampung Jodipan di dua sisi. Selain itu, mengambil gambar dari jembatan ini juga berlatar pegunungan yang menambah keindahan alami Kota Malang.

Spot lainnya

Tak hanya spot yang telah disebutkan di atas, keunikan lain dari Jodipan yang akan memanjakan pengunjung ialah beragam topi bergambar yang bisa dipesan untuk menambah keunikan foto selfie. Jodipan ini juga dikenal dengan kampung warna-warni sehingga seluruh tempat di kampung ini tidak luput dari cat yang memberikan kesan ceria termasuk jalan, tangga, hingga hiasan-hiasan di atas.

Fasilitas yang Tersedia

Meskipun tiket masuk Kampung Jodipan ini sangat terjangkau, pengunjung juga disuguhi fasilitas seperti penjual makanan dan minuman, kamar mandi dan pedagang kaki lima yang menjual beragam oleh-oleh khas Malang.

Berbagai keunikan dan fasilitas Kampung Jodipan Malang ini dijamin tidak akan merugikan pengunjung. Wisata ini cocok untuk melepas penat dari kesibukan  sehari-hari yang padat dan menjenuhkan. Agar menambah kenyamanan berwisata di tempat ini, lebih baik berkunjung pada saat pagi hari sekitar pukul 07.00 atau senja hari untuk menikmati suasana sejuk atau damai Kota Malang.