Pengertian, Kelebihan dan Kekurangan Shared Hosting Pemula Harus Tau

  

Seseorang ketika akan membuat layanan website hal pertama yang pertama harus dilakukan adalah mencari penyedia layanan hosting. Setelah menemukan tempat layanan selanjutnya adalah memilih paket hosting yang telah tersedia. Jika masih kebingungan mengenai shared hosting mari disimak mengenai pengertian, kelebihan dan kekurangan shared hosting.

Pengertian shared hosting

Shared hosting merupakan salah satu pilihan untuk situs-situs khususnya yang baru, hosting ini berfungsi untuk memberikan sumber daya sever yang akan digunakan oleh situs web yang mempunyai layanan yang sejenis. Shared hosting memberi layanan account hosting yang sama di beberapa account dalam satu server sehingga akan menggunakan servis yang bersama dalam layanannya.

Kelebihan Shared Hosting

Pada layanan penggunaan hosting tentunya memiliki kelebihan dan kekurangan, pada masing-masing jenis hosting yang sudah tersedia juga berbeda. Berikut ulasan lengkapnya mengenai kelebihan dan kekurangan shared hosting :

1. Biaya yang Murah

Jika dibandingkan dengan hosting lainnya shared hosting lebih terjangkau biayanya, karena pada tiap server akan berbagi dengan pengguna lainnya baik dari segi sumber daya maupun ruangnya. Pengelolaan shared hosting sepenuhnya dipegang oleh pengelolanya, oleh karenanya pengguna tidak perlu khawatir masalah kinerja hosting.

2. Penggunaan Mudah

Shared hosting penggunaan terbilang cukup mudah karena semua operasional server sudah diambil alih oleh penyedia layanan, sehingga hal tersebut mempermudah bagi pemula karena tidak perlu mengurusi masalah pemrograman. Layanan shared hosting juga telah menyediakan jangkauan yang luas, karena banyaknya pengunjung.

3. Ideal untuk Blog maupun Website Bisnis Skala Kecil

Layanan ini sangat ideal untuk pengelola bisnis kecil karena anggaran yang dikeluarkan untuk shared hosting sangatlah terjangkau, hal tersebut juga mengurangi resiko kerugian khususnya bagi para pemula. Alasan selanjutnya adalah mudahnya penggunaan shared hosting, karena pengguna hanya cukup mengelola websitenya sedangkan yang menjalankan hosting adalah pihak pengelola.

4. Administrasi dan Pemeliharaan Server Mudah

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya shared hosting ini sangat direkomendasikan bagi para pemula, karena pada administrasi dan pemeliharaan server telah dikelola oleh penyedia. Pengguna shared hosting akan fokus pada pembelajaran blog maupun website yang sedang dijalankan. Pengguna perlu mengganti layanan apabila terjadi traffic.

Kekurangan Shared Hosting

Setiap hosting pasti memiliki kelebihan dan kekurangan shared hosting, berikut adalah kekurangan shared hosting yang perlu diketahui :

1. Terbatasnya area kontrol pada server

Shared hosting tidak memiliki banyak ruang mengenai akses ke server, sehingga kontrolnya akan sedikit terbatas. Hal tersebut terjadi karena pada shared hosting karena akses penuh dimiliki oleh pemilik layanan hosting, jadi pengelolaan sepenuhnya diambil alih oleh server dan pengguna hanya memiliki akses yang terbatas.

2. Keamanan yang Kurang

Dalam satu servis shared hosting memberi ruang yang cukup luas, tentunya hal tersebut dapat menyebabkan penyalahgunaan akses fitur yang lainnya. Apabila hal tersebut terjadi akan mempengaruhi pada server bahkan akan membuka celah keamanan yang telah dipasang.

3. Memungkinkan Terjadinya Crash

Crash dapat terjadi sewaktu-waktu dikarenakan pada layanan ini terdapat beberapa pengguna dalam satu server. Beban yang berat terutama jika sedang traffic tentunya akan mempengaruhi kinerja yang dapat menyebabkan crash.

4. Penggunaan Software Lain yang Terbatas

Jika menggunakan shared hosting tidak dapat menjalankan software yang lain dalam satu waktu, kecuali yang telah ditawarkan oleh penyedia layanan hosting tersebut. Tentunya hal tersebut cukup menyulitkan bagi pengguna terutama yang pemula.

Demikianlah informasi mengenai kelebihan dan kekurangan shared hosting yang merupakan salah satu layanan hosting yang paling diminati khususnya bagi para pemula. Semoga artikel ini bisa menambah wawasan dan semoga bermanfaat, selamat mencoba.