Cara Optimasi SEO YouTube Agar Video Masuk Trending

  

YouTube merupakan salah satu situs web yang dapat digunakan sebagai platform promosi, branding bahkan untuk menambah penghasilan. Tidak jauh berbeda dengan website, optimasi SEO YouTube perlu dilakukan agar video mudah ditemukan dalam platform. Hal ini dimaksudkan agar video yang dibuat menempati posisi teratas dalam pencarian kata kunci sehingga traffic video menjadi tinggi.

Traffic yang tinggi dalam YouTube menunjukkan seringnya video yang bersangkutan dicari dan ditonton oleh pengunjung. Tentu saja jumlah traffic ini berbanding lurus dengan besarnya penghasilan yang akan didapatkan. Optimasi yang dilakukan pada video yang diunggah pada YouTube bisa berupa pemberian kata kunci maupun tag. Berikut beberapa cara yang dapat dilakukan untuk optimasi SEO pada YouTube.

1. Melakukan Riset Kata Kunci

Hal pertama yang harus dilakukan ketika hendak melakukan optimasi SEO pada YouTube yaitu riset keyword atau kata kunci. Kata kunci yang digunakan pada video yang diunggah akan dibaca algoritma untuk menentukan posisi dari konten yang telah dibuat. Karena berpengaruh pada pencarian, pastikan terlebih dahulu mengetahui niche atau tema yang dikuasai lalu hubungkan dengan kata kunci yang akan dibuat.

Jika kesulitan untuk membuat kata kunci, gunakan fitur seperti Google Trends untuk mengetahui popularitas topik pencarian pada kurun waktu tertentu. Menganalisis tren terbaru dalam YouTube juga perlu dilakukan agar bisa mengundang banyak viewers. Semakin banyaknya viewers akan membuat video yang dibuat menduduki halaman pertama pencarian YouTube. Buatlah video orisinil yang memang menarik untuk dilihat.

2. Buat Video dengan Kualitas Terbaik

Agar video yang diunggah dapat menduduki peringkat teratas dalam YouTube, pemilik saluran YouTube perlu membuat video dengan kualitas terbaik. Hal ini dikarenakan algoritma YouTube yang terbilang rumit dan sering berubah. Biasanya YouTube akan menampilkan video yang dianggap paling relevan dengan kata kunci dan tentunya dengan kualitas yang baik. Bila tidak sesuai, bisa jadi video yang diunggah akan tenggelam.

Buatlah video berkualitas dengan memperhatikan orisinalitas video,kesukaan penonton, durasi hingga kualitas editingnya. Jika ketahuan melakukan plagiat, YouTube bisa langsung menurunkan video dan membuatnya tidak bisa dimonetisasi. Jangan lupa untuk membuat thumbnail yang menarik agar pengunjung dapat melihat gambaran singkat dari video yang diunggah. Biasanya YouTube akan memberikan tiga opsi pilihan thumbnail untuk video yang diunggah.

3. Optimasi Metadata

Di dalam YouTube,  segala hal yang dapat dicantumkan terkait penjelasan tentang video seperti judul, deskripsi maupun tag disebut dengan metadata. Optimasi SEO YouTube melalui metadata dapat membuat video yang diunggah menduduki peringkat teratas. Untuk melakukan optimasi metadata, pemilik saluran YouTube dapat memasukkan kata kunci pada judul maupun kalimat awal deskripsi video. Masukkan pula tag, hashtag dan thumbnail yang sesuai.

4. Promosikan Video yang Diunggah

Untuk meningkatkan viewers, pemilik saluran YouTube dapat mempromosikan video yang diunggah melalui media sosial. Tentunya hal ini akan mempengaruhi traffic YouTube yang dimiliki. Jika viewers yang mengunjungi saluran YouTube banyak, bisa dipastikan video yang dimiliki berada pada pencarian teratas YouTube. Mengiklankan video melalui layanan iklan Google AdSense juga bisa dicoba untuk meningkatkan viewers.

5. Memanfaatkan Tools YouTube Analytics

YouTube Analytics merupakan salah satu fasilitas di YouTube creator yang berfungsi untuk menganalisis performa akun dan video yang diunggah dalam YouTube. Jika menggunakan fasilitas ini, pemilik saluran YouTube akan mendapatkan data metrik terkait jumlah penonton video dan masih banyak lagi. Dengan keunggulan yang dimilikinya, fasilitas ini dapat digunakan untuk optimasi SEO pada YouTube.

Demikianlah beberapa cara yang dapat dilakukan untuk optimasi SEO YouTube. Tidak jauh berbeda dengan website, optimasi perlu dilakukan agar video mudah ditemukan dalam platform. Hal ini akan mempengaruhi traffic video dan membuat video menempati posisi teratas dalam pencarian kata kunci. Buatlah video dengan kualitas terbaik dan gunakan kata kunci, tag, hashtag maupun thumbnail yang sesuai.