PaaS Adalah – Pengertian Dan Keuntungan PaaS

  

Untuk masyarakat yang masih awam dengan dunia computer, pasti sangat asing dengan istilah SaaS, IaaS dan PaaS. SaaS, IaaS dan PaaS merupakan layanan dari cloud computing. Dalam penjelasan kali ini akan membahas tentang salah satu dari layanan cloud computing tersebut yakni PaaS.  PaaS adalah sebuah layanan yang menawarkan beberapa alat pengembangan dan penyebaran yang nantinya dapat digunakan untuk mengembangkan sebuah aplikasi. Untuk info lebih lanjut tentang PaaS, berikut adalah beberapa penjelasan tentang pengertian dan keuntungan PaaS

Pengertian PaaS

PaaS adalah sebuah layanan yang berbasis cloud dimana nantinya para business users dan developers untuk membuat dan mengembangkan sebuah aplikasi. Perlu diketahui bahwa aplikasi-aplikasi tersebut memiliki kecepatan yang tak tertandingi. PaaS atau Platform as a Service ini memiliki sebuah fitur tool point and click.

Fitur tersebut berguna untuk seseorang yang belum mahir dalam melakukan coding. Jadi nantinya seseorang tersebut dapat membuat sebuah aplikasi web. Selain itu PaaS juga nantinya akan menyediakan sebuah layanan yang dapat membantu para user untuk mempercepat proses development pada sebuah aplikasi.

Keuntungan PaaS

Perlu diketahui bahwa PaaS adalah sebuah layanan yang dapat meminimalisir biaya dan kerumitan dalam hal mengkonfigurasi, mengelola, membeli dan mengevaluasi semua software ataupun hardware yang diperlukan untuk sebuah aplikasi. Selain itu PaaS ternyata memiliki  banyak keuntungan, antara lain

1. Pemeliharaan IT Jauh Lebih Mudah

Nantinya para vendor akan selalu memperhatikan platform. Dengan begitu, maka sebuah bisnis hanya perlu mengelola aplikasi saja. Hal tersebut nantinya dapat mengurangi dan meminimalisir overhead IT. Jadi perusahaan-perusahaan akan banyak diuntungkan dengan adanya PaaS ini.

2. Dapat Menentukan Sumber Daya

Dengan adanya PaaS ini, perusahaan dapat mengukur sumber daya secara otomatis. Jadi nantinya perusahaan dapat mengetahui sumber daya tersebut naik atau turun. Dalam mengukur sumber daya ini tidak memerlukan waktu yang lama. Proses pengukuran sumber daya dapat dilakukan dengan cepat dan akurat.

3. Menurunkan Biaya Administrasi

Para pelanggan tidak perlu bingung dan khawatir saat melakukan administrasi. Nantinya urusan administrasi akan ditanggung oleh si penyedia cloud. Dengan begitu para pelanggan tidak akan merasa terbebani dengan biaya administrasi.

4. Software Dan Hardware Yang Terbaru

Nantinya si penyedia cloud akan selalu bertanggung jawab dalam hal memperbaharui hardware dan software. Jadi para pelanggan akan dibuat nyaman karena selalu menggunakan software dan hardware yang terbaru. Dengan begitu, para pelanggan tidak akan ketinggalan jaman dalam hal pengelolaan aplikasi.

5. Dapat Berbagi Wawasan

Perlu diketahui bahwa terdapat ribuan bisnis yang menggunakan layanan PaaS ini. Si penyedia PaaS nantinya akan merespon dengan cepat dalam memenuhi kebutuhan para pelanggan. Selain itu, penyedia PaaS juga akan menyelesaikan masalah dengan cepat.

Jadi para pelanggan akan mendapatkan solusi dengan cepat untuk masalah atau kendala yang dihadapi. Solusi-solusi yang diberikan nantinya sangat bermanfaat dan sangat terpercaya. Hal tersebut tentunya dapat menambah wawasan para pelanggan dalam hal pengelolaan aplikasi.

6. Informasi Waktu Yang Nyata

Sebuah perusahaan membutuhkan sebuah aplikasi yang dapat memberikan real time dan updates kepada para karyawan dan manajer. Hal tersebut bertujuan agar para karyawan dan manajer dapat membuat sebuah keputusan bisnis yang lebih baik. Dengan adanya PaaS, maka si pemilik perusahaan  akan sangat terbantu dalam mengembangkan dan memajukan perusahaan.

Itu tadi merupakan beberapa penjelasan tentang pengertian dan keuntungan PaaS. Jadi dapat disimpulkan bahwa PaaS adalah sebuah layanan yang digunakan untuk membuat dan mengelola aplikasi dengan mudah dan cepat.