Pantai Selatan Jawa Yang Cocok Untuk Rest Area

  

Mudik menjadi kebiasaan di Indonesia setiap menjelang lebaran. Kebiasaan ini menjadi kehebohan bahkan menjadi berita utama di media nasional. Baik berita mudik akibat kemacetan, kecelakaan hingga wisata-wisata yang direkomendasikan untuk tempat beristirahat. Salah satu jalur mudik paling ramai ialah selatan Jawa beserta tempat wisata eksotisnya. Dikenal luas memiliki pantai dengan ombak yang besar karena berhadapan langsung dengan samudera, deretan Pantai Selatan Jawa patut menjadi rest area alami untuk melepas penat.

1. Pantai Pangandaran

Menjelang matahari terbit atau tenggelam sangat pas untuk beristirahat di pantai Selatan Jawa yang satu ini karena dapat menyaksikan kedua moment ini dengan sempurna. Lokasi Pantai Pangandaran berada di Kabupaten Pangandaran dan berbatasan dengan Cilacap Jawa Tengah.

Pangandaran tidak terlalu berombak karena berbentuk teluk sehingga lebih tenang. Uniknya lagi, Pangandaran memiliki cagar alam yang sangat menarik dan cukup menyewa perahu seharga Rp 150.000.

2. Pantai Di Pacitan

Deretan pantai di Pacitan juga tidak kalah mengagumkan dengan pantai selatan lainnya. Umumnya, pantai di Pacitan masih alami dan jernih. Beberapa pantai di Pacitan yang cocok untuk rest area mudik ialah Pantai Ngandul yang memiliki air terjun kecil, Pantai Taman Ngadirojo yang memiliki fasilitas flying fox sehingga dapat menikmati angin dan pemandangan pantai dari atas.

Selain itu terdapat pula Pantai Klayar yang cukup terkenal dengan semburan ombak diantara karang. Tak kalah menarik dari pantai-pantai tersebut, masih ada Pantai Kali Uluh yang masih perawan sehingga sangat asri dan alami bahkan harga tiketnya gratis.

3. Pantai Wediombo

Pantai ini berada di kawasan Jepitu, Yogyakarta. Hamparan pasir yang luas menjadi daya tarik tersendiri pantai satu ini. Meski telah dikenal luas, Pantai Wediombo tetap menarik tiket sebesar Rp 5.000 per orang.

Kelebihan pasir pantainya yang luas ini dapat dijadikan tempat camping ceria sembari melihat sunset. Selain itu, di Pantai Wediombo pengunjung dapat memancing dan berenang atau sekedar wisata kuliner.

4. Pantai Papuma

Pantai satu ini telah cukup dikenal luas terutama oleh masyarakat Jawa Timur. Letaknya berada di Lojejer, Wuluhan Kabupaten Jember. Tiket masuk cukup terjangkau yaitu Rp 7.000 untuk hari biasa dan Rp 10.000 untuk akhir pekan. Banyak aktivitas yang dapat dilakukan di pantai ini seperti diving, berenang, camping dan melihat matahari tenggelam.

Uniknya, di Pantai Papuma terdapat karang di tengah laut dan pengunjung dapat mencapainya hanya dengan menyewa perahu nelayan setempat. Jadi, selain dapat mengunjungi karang di tengah laut juga dapat menikmati indahnya air laut dengan penuh karang.

5. Pantai Sawarna

Berada di  Kecamatan Byah Kabupaten Lebak, Provinsi Banten, pantai ini memiliki keunikan yaitu memiliki goa. Cukup membayar tiket masuk sebesar Rp 5.000 per orang, pengunjung dapat menikmati eksotisnya pantai ini.

Pantai Sawarna merupakan kawasan pantai yang memiliki enam macam pantai lainnya yaitu Taraje, Layar, Seupang, Ciantir, Legon Pari dan Karang Bokor. Akses ke pantai ini cukup mudah dan memiliki banyak pilihan. Sepanjang perjalanan menuju pantai ni juga sangat indah dan sejuk karena masih alami.

6. Pantai Sayang Heulang

Lokasi pantai ini berada di Kecamatan Pameungpeuk Kabupaten Garut. Pengunjung akan dikenai tarif masuk sebesar Rp 10.000 rupiah dan dapat melakukan berbagai aktivitas pantai seperti snorkeling karena Sayang Heulang memiliki air yang jernih dan kaya akan batu karang, berenang, menikmati matahari tenggelam, camping bahkan bermain voli pantai.

Itulah daftar pantai selatan Jawa yang recommended untuk dikunjungi. Beberapa pantai selatan Jawa tersebut umumnya masih natural. Sebagai penikmat alam, bijaklah dalam berkunjung sehingga keindahan pantai-pantai ini tetap alami. Kealamian ini tentunya menjadi alasan utama bagi pemudik yang ingin beristirahat dan melepas lelah.