Permainan Untuk Anak SD Yang Mendidik Agar Anak Cerdas

  

Pada pembahasan kali ini membahas mengenai permainan untuk anak sd yang mendidik. Ada banyak permainan untuk anak sd yang perlu diketahui dan disini sekaligus akan diulas mengapa permainan ini bisa menjadikan anak lebih cerdas.

Ketika anak-anak sudah memasuki tingkat sekolah dasar tentu harus sudah mulai bisa belajar dengan baik. Disela-sela waktu belajar yang cukup padat, anak-anak bisa memainkan permainan untuk terhindar dari rasa bosan dan jenuh. Berikut beberapa permainan untuk anak sd yang mendidik yang ada di playstore dan wajib dimainkan untuk anak-anak tingkat sd agar tidak menyesal di masa tua nantinya:

Permainan Thomas Dan Kawan-Kawan

Siapa yang tidak mengenal tokoh Thomas? Anak usia sd semua sudah pasti mengetahuinya. Pada permainan Thomas ini yang menyuguhkan karakter kereta api. Permainan untuk anak sd yang mendidik satu ini banyak digemari. Selain tokohnya bagus juga karena secara visual gambar yang ditampilkan juga menarik.

Game Thomas menyuguhkan permainan balapan, sangat lucu dan menarik. Bisa melatih kecepatan berpikir anak dan ketangkasan dalam mengambil tindakan. Wajib dicoba agar anak-anak tidak menyesal di kemudian hari, hanya karena game ini telah dihapus. Permainan ini bisa didownload melalui play store.

Permainan Builder

Ini merupakan permainan karakter atau tokoh profesi. Disini supaya anak-anak bisa mengetahui peran dan kehidupan sehari-hari dari tokoh yang dipilihnya. Cocok untuk anak usia sd karena aman, ramah dan jauh dari sifat kekerasan. Bisa langsung download aplikasinya di playstore, dan segera mainkan permainannya.

Game ini bisa dimainkan oleh anak perempuan dan laki-laki. Semua memberikan hasil yang bagus bila sudah memainkan game ini. Bisa mengenal tokoh dengan memainkan berbagai karakter dan pekerjaan yang dilakukan dalam kesehariannya. Secara tidak langsung anak akan bisa bercerita mengenai tugas masing-masing tokoh.

City My City 2

Permainan untuk anak sd yang mendidik lainnya yaitu City My City 2. Ini merupakan permainan strategi karena disini anak-anak akan diajak untuk membangun sesuatu. Bisa melatih daya pikir dan imajinasi anak sehingga otaknya terus bisa diajak berpikir kedepan.

Permainan Pet Binggo

Ada jenis permainan edukatif lainnya yang mendidik anak supaya bisa menjadi cerdas dan cepat dalam berpikir. Permainan tersebut adalah Pet Binggo yang mengajak anak untuk terampil dan bisa mengerjakan soal-soal matematika tingkat dasar. Cocok untuk anak sd usia enam sampai delapan tahun.

Permainan Baby Girl Daycare

Baby Girl Daycare sangat disukai oleh anak-anak perempuan. Seperti pada umumnya daycare, misi permainan disini adalah menjaga empat orang bayi. Dimana bayi-bayi ini membutuhkan sesuatu yang dibutuhkannya, misal minum susu, mandi, ganti popok dan lain sebagainya.

Pada permainan ini anak akan diajak bersabar untuk menyelesaikan tugas yang diminta. Menyelesaikan satu persatu menjaga bayi memberikan apa yang dibutuhkan bayi. Menjadikan anak-anak sd mengetahui mengenai kebutuhan. Sangat menarik dan pasti suka memainkannya.

Demikian beberapa permainan untuk anak sd yang mendidik, bisa mengasah kecerdasan, ketangkasan dan mencari jalan keluar. Pada dasarnya anak usia sekolah dasar masih memerlukan permainan dalam kehidupannya sehari-hari. Maka tak ada salahnya belajar sambil bermain, hanya saja takaran bermainnya sedikit berkurang dibanding pada saat masih usia dini.

Perlu diingat bahwa meskipun permainan-permainan di atas bersifat mendidik, namun tetaplah tak bisa lepas dari faktor pendidik seperti guru atau orang tua. Pengawasan dari orang yang lebih berpengalaman merupakan sesuatu yang dibutuhkan bagi anak usia sd. Memberi wawasan ketika anak sd sedang bermain akan lebih mengena karena saat inilah otak anak akan merespon dengan cepat.