Melepas Penat di Wisata Alam Rumah Pohon Curug Ciherang

  
Rumah Pohon Curug Ciherang

Berwisata ke alam memang menjadi tren belakangan ini baik di kalangan anak muda maupun orang dewasa. Tak hanya menginginkan udara sejuk atau pemandangan yang ditawarkan namun juga spot foto yang instagramable yang tentu menjadi tujuan utama para pemuda-pemudi. Nah, kota wisata yang populer di Indonesia ialah Bogor menawarkan wisata barunya `yang langsung menjadi sorotan yaitu Rumah Pohon Curug Ciherang.

Inilah beberapa ulasan singkat mengenai wisata alam gunung tersebut untuk dijadikan referensi sebelum mengunjunginya.

Lokasi dan Rute

Lokasinya berada di Sirnajaya, Wargajaya, Kec. Sukamakmur, Kab. Bogor atau berjarak 45,4 km dari pusat kota Bogor. Lokasi ini bisa ditempuh dengan kendaraan selama 1,5 jam dan cukup mudah dijangkau baik dengan kendaraan roda empat maupun roda dua.

Jika dari Jakarta atau Depok maka ambil arah Cibinong. Di pertigaan Jonggol Cipanas ambil arah Cipanas dan ikuti petunjuk arah bertuliskan Curug Ciherang 1,5 km. Curug Ciherang juga searah dengan Curug Kencana dan Curug Leuwi sehingga pengunjung akan melewati dua wisata ini sebelum sampai ke lokasi.

Tiket Masuk dan Fasilitas

Tiket masuk Rumah Pohon Curug Ciherang setara dengan fasilitasnya yang sudah terbilang lengkap. Pengunjung dikenai tarif Rp 20 ribu/orang dan Rp 2 ribu untuk menikmati rumah pohon. Selain itu, pengunjung juga perlu merogoh kocek untuk parkir motor Rp 5 ribu dan mobil Rp 25 ribu. Fasilitas yang akan didapat dengan tarif tersebut ialah toilet, mushola, deretan warung, parkir yang luas dan wahana tambahan yang fotogenic.

Penginapan

Penginapan pun sudah tersedia di dekat lokasi yang memang menjadi daerah wisata. Tersedia dua tipe atau pilihan Villa dengan harga Rp 300 ribu- Rp 800 ribu bergantung pada tipe kamar. Setiap villa bisa menampung hingga 8 orang sehingga cocok untuk keluarga. Jika ingin lebih berteman dengan alam, pengunjung bisa bangun tenda di area camping dengan biaya sewa Rp 75 ribu.

Aktivitas yang Bisa Dilakukan

Wisata ini sudah terbilang lengkap dengan tambahan wahananya yang menarik sehingga dijamin pengunjung tak akan bosan. Berikut ini aktivitas yang bisa pengunjung lakukan di Curug Ciherang.

1. Menikmati Air Terjun

Aktivitas pertama tentu menikmati indahnya air terjun Curug Ciherang yang memiliki tinggi sekitar 30 meter dengan debit air yang terbilang. Suara air tersebut tentu dapat merehatkan pikiran yang lelah dan suntuk. Belum lagi lokasinya yang di dataran tinggi memberikan kesejukan tersendiri yang tidak bisa didapat di perkotaan.

2. Pemandangan Alam

Pengunjung yang berasal dari perkotaan tentu akan senang dengan apa yang ditawarkan wisata ini. Pemandangan sejuk di bawah dengan pepohonan lebat akan mampu merefresh otak yang penat dengan rutinitas. Suasana asri dengan suara burung dan suara air terjun menambah kenyamanan me time disini.

3. Jembatan Gantung

Hal unik yang terdapat di wisata air terjun satu ini adalah adanya jembatan gantung yang instagramable. Tak heran jika banyak anak muda mengunjungi tempat ini sekedar untuk hunting foto. Jembatan yang menghubungkan pohon besar dengan rumah pohon bisa terbuat dari kayu sehingga semakin terlihat alami dan klasik. Dari spot ini pengunjung bisa menikmati pemandangan yang menakjubkan.

4. Rumah Pohon

Rumah pohon menjadi daya tarik tersendiri bagi wisata ini karena tidak terdapat di lokasi air terjun lainnya. Meski termasuk spot buatan, pengunjung tak akan kecewa memasuki rumah pohon ini. Dibangun di atas ketinggian 900 mdpl, rumah ini memberikan background foto yang tak kalah menarik dengan wisata alam lainnya. Adanya tangga juga bisa menjadi spot asyik yang recommended untuk di post di medsos.

Sudah cukup jelas, bukan? Apakah tertarik mengunjungi Rumah Pohon Curug Ciherang ini? Jika sudah lelah dengan aktivitas yang monoton jangan ragu untuk berlibur karena itu juga hal yang penting. Ada beberapa pangkalan kuda yang dapat ditemukan di kompleks Candi ini.