Software Burning CD Terbaik Untuk Laptop dan PC

  
software burning cd terbaik

Memiliki hobi menonton film memang membutuhkan perangkat yang bisa mendukung penyimpanan datanya. Mengingat film berukuran relatif besar, sehingga apabila hanya mengandalkan flashdisk tentu saja kurang memadai. Oleh karenanya kehadiran software burning CD terbaik sangat dibutuhkan demi memudahkan penyimpanan.

Upaya burning CD sejauh ini masih dianggap sebagai hal sulit dilakukan oleh sebagian besar orang. Sehingga apabila ingin menyimpan data di CD, harus mengeluarkan biaya dengan datang ke galeri komputer atau meminta bantuan rental CD untuk mengatasinya.

Padahal hal tersebut bisa dilakukan sendiri dengan bantuan software. Namun karena banyaknya perangkat lunak yang menawarkan kemudahan pembakaran, seringkali orang merasa bingung memilih. Untuk lebih memudahkan pilihan, berikut ini tersedia beberapa rekomendasi software burning CD terbaik.

1. Nero

Perangkat lunak burning CD yang paling populer adalah Nero, apalagi bagi kalangan pengguna windows. Software ini mampu memberikan kemudahan bagi penggunanya dengan memunculkan berbagai fitur unggulan. Beberapa diantaranya adalah converter, media manager, ripper dan burner.

Sayangnya perangkat lunak bernama Nero ini sebagian fiturnya masih berbayar, sehingga terkadang membuat orang enggan menggunakan nya. Namun tidak perlu khawatir, untuk mengunduhnya tetap tersedia secara gratis melalui website ataupun link tertentu.

2. CDBurner XP

Sekalipun namanya terdapat embel-embel “XP” bukan berarti perangkat lunak ini hanya bisa digunakan di windows XP saja. Para pengguna PC maupun laptop berbasis windows 7 dan lain sebagainya tetap bisa memasang CDBurner XP sebagai software untuk membakar CD.

Demi memudahkan pengguna untuk membakar Compact Disc, CDBurner XP menghadirkan berbagai fitur yang simple. Beberapa diantara berupa burning file dari ISO ke CD, DVD dan HD-DVD. Tidak hanya itu software ini bahkan mampu melakukan burning CD hanya dengan file Blu-Ray.

3. Ashampoo Burning Studio

Software untuk membakar Compact Disc terbaik selanjutnya adalah Ashampoo Burning Studio. Sebenarnya, perangkat lunak ini tidak jauh berbeda dari Nero, akan tetapi perihal fitur masih bisa dibilang lebih unggul Ashampoo. Mengapa? karena pasalnya lebih mudah diunduh dan digunakan.

Perangkat lunak ini menyediakan beberapa fitur seperti burn file/video, musik hingga disk images dengan format file ISO. Ashampoo juga cukup mumpuni melakukan kompresi dan enkripsi pada data. Sehingga dijamin ruang penyimpanan tidak akan berlebih atau di luar kapasitas.

4. Power ISO

Apabila ingin menggunakan perangkat lunak untuk membakar CD yang sangat powerfull maka Power ISO adalah pilihan tepat. Keunggulan yang amat melimpah diantaranya seperti burning file berformat BIN, ISO, NRG dan masih banyak lagi, sehingga pengguna lebih leluasa mengaplikasikannya.

Tidak hanya itu, Power ISO bahkan menghadirkan kemudahan penggunanya untuk mengekstrak maupun membuka file tanpa ribet. Uniknya lagi, perangkat lunak ini bahkan dapat melakukan ripping audio CD ke file berformat MP3, APE, WMA, FLAC dan masih banyak lagi.

5. Ultimate CD/DVD Burner

Keunggulan inti dari perangkat lunak satu ini adalah berupa kemudahan dalam hal pembakaran Compact Disk, tanpa harus melalui tahap-tahap rumit. Sesuai dengan namanya, software bernama Ultimate tersebut tidak hanya bisa membakar CD saja, melainkan juga DVD.

Apabila pengguna menggunakan software bernama Ultimate CD/DVD ini pasti akan mendapat jaminan berupa pembakaran dari file CD-R, CD-RW hingga DVD+R/W. Tidak hanya itu, masih ada beberapa fasilitas lainnya yaitu copy disk, backup, photo album dan masih banyak lagi.

Kelima software burning CD terbaik yang tersaji di atas sesungguhnya sangat mumpuni dan telah banyak digunakan oleh orang. Namun tentu saja masing-masing diantaranya memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing, jadi disarankan terlebih dahulu mengulasnya lebih mendetail.