Tempat Wisata di Lombok Tengah Yang Wajib Dikunjungi

  
Tempat wisata di Lombok Tengah

Lombok menjadi pulau yang memiliki pesona keindahan alam Indonesia yang menawan, ini terlihat dari keindahan pantai yang tidak terkira. Setiap wilayah di Lombok memiliki objek wisata menarik yang wajib dikunjungi. Tempat wisata di Lombok Tengah sendiri beragam, mulai dari pantai, desa wisata hingga bukit.

1. Air Terjun Benang Kelambu

Selain terkenal akan keindahan pantainya, Lombok Tengah juga memiliki air terjun yang indah. Diberi nama Benang Kelambu karena air terjun ini terlihat seperti kelambu putih yang memanjang. Terlebih tinggi air terjun ini cukup tinggi, yaitu berkisar 40 meter. Air terjun ini memiliki 2-3 tingkatan yang disekelilingnya terdapat tumbuhan hijau.

Satu yang unik dari air terjun ini adalah airnya yang mengalir ke bawah tidak terlalu deras. Sebaliknya justru mengalir layaknya butiran air yang halus yang membuat pengunjung betah bermain di bawahnya. Adapun lokasinya berada di Desa Aik Berik, Batukliang Utara, Kabupaten Lombok Tengah.

2. Bukit Merese

Berada di kawasan Pujut, Kuta, Lombok Tengah, Bukit Merese menjadi objek wisata yang wajib dikunjungi. Tempat wisata ini menjadi salah satu ikon terbaik di Lombok Tengah yang menyajikan panorama alam yang mempesona. Hamparan bukit hijau yang berpadu dengan latar belakang laut biru menjadi ciri khasnya.

Pengunjung dapat menikmati luasnya laut biru dari atas bukit ini sejauh mata memandang. Banyak orang yang menyebut objek wisata ini sebagai bukit cinta. Jika cuaca sedang bagus, pengunjung akan dimanjakan oleh sunset yang memukau. Disarankan membawa makanan dan minuman yang cukup ketika hendak berkunjung.

3. Desa Sukarara

Selain wisata alam yang memukau banyak pengunjung, Lombok Tengah juga memiliki wisata budaya yang menarik. Di Desa Sukarara ini pengunjung dapat belajar menenun secara tradisional dari ahlinya. Jarak tempuh menuju desa ini memang jauh, namun akan terbayar dengan ilmu yang didapatkan.

Selain dapat belajar menenun, pengunjung juga dapat berbelanja kain songket yang sudah jadi hingga pernak-pernik lainnya. Bisa juga dengan menikmati keindahan alam desa yang masih alami dan tidak kalah dengan tempat wisata di Lombok Tengah lainnya.

4. Pantai Tanjung Aan

Sebagai pantai yang memiliki garis pantai terpanjang di Lombok, Pantai Tanjung Aan selalu ramai dikunjungi. Berada di Desa Pengembur yang notabene cukup jauh dari kota tidak membuat pengunjung gentar. Bahkan ketika musim liburan tiba, pantai ini ramai didatangi wisatawan dari berbagai wilayah.

Pasir di pantai ini terbilang unik karena di satu sisi butiran pasirnya terasa halus dengan warna putih. Disisi lain juga memiliki butiran pasir yang kasar dan berwarna lebih gelap. Saking panjangnya, masyarakat setempat membagi pantai ini menjadi 3 bagian, yaitu Pantai Orong Pandan, Cemara dan Batu Kotak.

5. Desa Sade

Di Desa Sade, pengunjung akan bertemu masyarakat Suku Sasak yang notabene adalah suku asli penghuni pulau Lombok. Rumah di desa ini masih memanfaatkan bahan dari alam, bahkan untuk makanan dan minumannya juga demikian. Kepala Desa Sade sendiri sudah terbiasa jika terdapat wisatawan yang berkunjung dan ingin menjelajah desa tersebut.

Di desa ini pengunjung dapat belajar banyak hal, mulai dari kebiasaan mengepel rumah menggunakan kotoran sapi hingga membuat pernak-pernik lainnya. Ada juga souvenir yang dijual dengan harga yang cukup bersaing. Kain songket sendiri menjadi oleh-oleh khas dari Desa Sade.

Selain rekomendasi tempat wisata di Lombok Tengah di atas, masih ada objek wisata lain yang wajib dikunjungi. Ketika berkunjung ke Lombok Tengah, cobalah untuk menjelajah objek wisata lain selain pantai. Pasalnya masih ada wisata alam, edukasi dan sebagainya yang belum diketahui oleh banyak orang.