Apa Itu Afiliasi dan Media-Media yang Digunakan Untuk Promosi

  
apa itu afiliasi

Apa itu afiliasi? Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia atau KBBI disebutkan bahwa afiliasi merupakan sebuah pertalian dan berhubungan sebagai anggota atau bisa saja cabang. Sedangkan saat ini yang dibahas adalah afiliasi dalam bisnis online. Di era yang serba canggih ini banyak bisnis online yang merajalela dimana-mana.  Sebagian bisnis online terkadang memakai system afiliasi untuk marketingnya. Namun ada juga beberapa yang memakai sistem dropship.

Apa Itu afiliasi?

Apakah system afiliasi dan drophip sama? Ibaratnya kembar tapi tak serupa itulah yang menggambarkan system afiliasi dengan system dropship. Apa itu afiliasi? dalam bisnis artinya adalah kerjasama antara individu dengan perusahaan dengan tujuan untuk memasarkan produk Perusahaan. Sistem afiliasi juga bisa dikatakan sebagai Teknik marketing karena tugasnya memang mempromosikan barang atau jasa. Jika barang terjual maka pemasar akan mendapatkan komisi yang telah disepakati oleh kedua belah pihak

Berbeda dengan system dropship, system ini terdiri dari dua individu yaitu supplier (Pemilik barang) dan dropshipper (pelaku dropship.)  Supplier akan mengirimkan barangnya kepada dropshipper jika sudah ada orderan. Tugas dropshipper mempromosikan barang. Keuntungan akan didapatkan bila dropshipper pandai menaikkan harga barang dari harga aslinya.   Itulah perbedaannya jika system afiliasi keuntungan dibagi dua sedangkan dropshipper tidak.

Afiliasi sering dipakai Perusahaan atau online shop untuk meningkatkan jumlah pesanan customer atau pelanggan. Disini badan usaha dan individu akan mendapatkan keuntungannya masing-masing. Cara afiliasi bekerja adalah biasanya pemasar akan menayangkan Iklan produk di situs website miliknya lalu konsumen akan membeli kepada pemasar dan pesanan tersebut akan diteruskan kepada perusahaan yang memiliki produknya.

Media-Media yang Sering Digunakan Pemasar

Bisnis afiliasi bukanlah bisnis kecil karena pendapatan dari bisnis ini bisa dikategorikan cukup besar tergantung berapa banyak produk terjual. Di luar negeri sendiri bisnis afiliasi dapat menghasilkan 20 juta perbulan. Bagaimana sangat banyak bukan?  Nah, saat melakukan pemasaran biasanya pelaku bisnis afiliasi akan memakai media-media untuk menampilkan link atau iklan produk. Nah, ada banyak media yang bisa digunakan untuk strategi pemasaran. Berikut dibawah ini adalah media-medianya.

1. Blog Atau Situs Website

Apa itu blog? Yaitu sebuah platform yang digunakan untuk memuat tulisan-tulisan dan bisa digunakan oleh siapa saja. Blog bisa juga dikatakan sebagai tempat pencurahan ide, opini, dan observasi penulis. Ada banyak jenis blog salah satunya adalah blog bisnis. Blog ini akan menciptakan traffic bagi konsumen dengan perusahaan. Media blog sangat cocok digunakan untuk memasarkan produk atau jasa perusahaan. Blog yang ramai oleh pengunjung bila digunakan untuk bisnis afiliasi akan mendatangkan keuntungan yang besar.

2. Media Sosial

Media atau jaringan sosial adalah wadah yang sering dibuka oleh banyak orang. Seperti Instagram, twitter, facebook, whatsapp, line, dan lain-lain. Biasanya media sosial digunakan untuk mengupload photo, membicarakan isu-isu yang sedang hangat, dan bisa sebagai alat komunikasi antar manusia. Media sosial sangat cocok untuk dijadikan perantara dalam memasarkan produk atau jasa perusahaan. Sebab, medsos selalu menjadi makan sehari-hari masyarakat.

3. Forum Online

Apa itu forum online? Yaitu sebuah forum di jaringan internet yang memungkinkan banyak orang untuk bertukar pikiran dengan orang lain. Di forum online tiap individu bisa bergabung dengan komunitas yang memiliki minat yang sama. Wadah ini bisa dijadikan media bagi pemasar untuk memasukkan link afiliasi sekaligus mempromosikan produk barang atau jasa perusahaan yang sudah terikat perjanjian.

4. Youtube

Siapa yang tidak mengenal Youtube? Rasanya hamper semua masyarakat Indonesia sudah memiliki aplikasi Youtube. Situs web ini menampilkan video-video yang bisa ditonton, didownload, dan dibagikan. Pengguna Youtube juga bisa mengunggah videonya. Youtube bisa dijadikan media pemasaran bisnis afiliasi. Yaitu dengan cara menampilkan iklan di video tersebut dengan maksud meningkatkan orderan produk.

5. Kolom Komentar

Di dalam Blog atau situs web biasanya disediakan kolom komentar. Nah, wadah seperti ini ternyata juga bisa dimanfaatkan untuk pemasaran produk. Sebagian orang biasanya suka membaca komentar di setiap platform yang ada. Fakta ini bisa dijadikan kesempatan untuk berbisnis. Cara kerjanya adalah pemasar memberikan komentar yang berisikan keunggulan produk, penjelasan tentang produk, atau link jika ingin membeli produk tersebut.

Sistem afiliasi sangat cocok digunakan bagi perusahaan yang baru merilis produknya. Dengan memakai system ini akan terciptalah traffic sehingga bisa meningkatkan pesanan. Pemasar yang bertugas menjual produk perusahaan harus gigih dalam menarik perhatian calon konsumen. Nah, itulah penjelasan tentang apa itu afiliasi dan media-media yang sering digunakan pemasar. Semoga dengan adanya artikel ini, bisa dijadikan referensi oleh banyak orang.