Apa Itu SaaS? Pengertian Dan Karakteristik SaaS

  

Komputasi awan atau yang biasa disebut dengan cloud computing adalah penggabungan antara teknologi komputerisasi dan internet. Disitu terdapat berbagai macam data dari data yang berskala kecil sampai data dengan skala yang besar. Data tersebut nantinya dapat diakses dari berbagai lokasi dan dapat diakses melalui berbagai platform. Cloud computing memiliki 3 layanan yakni PaaS, SaaS dan IaaS. Dalam artikel ini akan membahas tentang salah satu layanan dari cloud computing yakni SaaS. Berikut adalah beberapa penjelasan tentang apa itu SaaS.

Pengertian SaaS

Mungkin sebagian besar masyarakat Indonesia masih ada yang bertanya-tanya tentang apa itu SaaS. Jadi SaaS atau Software as a Service adalah sebuah layanan dari cloud computing yang berbentuk perangkat lunak. Contoh dari SaaS itu sendiri antara lain Office 365, Google Apps, Adobe Creative Cloud dan masih banyak lagi.

Perlu diketahui bahwa pada layanan SaaS tersebut, para pengguna dapat menjalankan aplikasi tanpa harus mengetahui dan mengurus data-data yang ada. Jadi keuntungan dari adanya layanan SaaS ini adalah para pengguna dapat menggunakan aplikasi secara gratis. Selain itu ketersediaan dan kecanggihan dari aplikasi yang ada sudah dijamin oleh pihak penyedia layanan.

Karakteristik SaaS

Cara kerja dari SaaS (Software as a Service) ini hampir sama dengan sebuah Bank. Hal tersebut dikarenakan sebuah Bank dapat menjaga dan melindungi privasi dari para nasabahnya atau para penggunanya. Bagi yang ingin tahu lebih dalam lagi tentang apa itu SaaS (Software as a Service), berikut adalah beberapa penjelasan tentang karakteristik dari SaaS

1. Kostumisasi Mudah

Para pengguna nantinya dapat dengan mudah menyesuaikan aplikasi untuk kebutuhan bisnis tanpa harus merubah atau mengganti infrastruktur pusat. Nantinya berbagai macam perubahan dapat dibuat untuk masing-masing perusahaan. Jadi penyedia layanan SaaS dapat melakukan perubahan sesering mungkin tanpa merugikan para pengguna.

2. Multi Arsitektur

Jadi nantinya semua pengguna dan semua aplikasi memiliki satu infrastruktur yang sama dengan kode dasar yang dapat dikelola dan diolah secara terpusat. Karena berada pada infrastruktur dan kode dasar yang sama, maka vendor-vendor dapat berinovasi dengan cepat tanpa harus membuang-buang waktu.

3. Akses Lebih Baik

Perlu diketahui bahwa dengan adanya layanan SaaS ini, maka akses data dari berbagai perangkat dapat dilakukan dengan lebih mudah dan cepat. Selain itu layanan SaaS  dapat memantau para pengguna data dan memastikan para pengguna data tersebut dapat melihat data-data yang sama dalam satu waktu.

4. Tren SaaS

Sekarang ini sudah banyak organisasi yang telah mengembangkan berbagai platform integrasi SaaS. Hal tersebut bertujuan untuk menciptakan dan membangun aplikasi-aplikasi SaaS tambahan. Perlu diketahui bahwa SaaS (Software as a Service) dapat berkembang jauh lebih canggih dibanding dengan software dengan fungsi tunggal.

Jadi, SaaS dapat menjadi sebuah platform yang di dalamnya terdapat berbagai macam aplikasi. Aplikasi-aplikasi tersebut nantinya dapat digunakan untuk mengerjakan dan menyelesaikan berbagai macam tugas-tugas yang penting.

5. SaaS Memanfaatkan Konsumen Web

Sebagian besar masyarakat pasti sudah tidak asing lagi dengan tampilan Yahoo dan Amazon yang mirip dengan aplikasi SaaS. Jadi, dengan adanya model SaaS, para pengguna dapat melakukan kustomisasi dengan cepat dan mudah tanpa harus memakan waktu yang lama.

Itu tadi merupakan beberapa penjelasan tentang pengertian dan karakteristik dari SaaS. Penjelasan di atas dapat membantu menjawab penasaran para pembaca yang sering bertanya-tanya tentang apa itu SaaS. Jadi, dengan adanya SaaS tersebut, para pengguna akan sangat terbantu dalam hal pengolahan berbagai macam data.