Apa Yang Dimaksud Dengan Hosting Dan Jenis-Jenisnya

  

Apa yang dimaksud dengan hosting adalah sebuah layanan yang menyewakan suatu ruangan di sebuah server internet. Ruangan ini berfungsi, untuk menyimpan suatu data dan file secara menyeluruh dan web dapat diaktifkan oleh siapapun. Selain itu, data yang tersimpan akan dijaga dari serangan virus, juga serangan cyber yang berbahaya pada database.

Pengertian Hosting Secara Umum

Jika pengguna internet memiliki data informasi dan ingin membuat suatu blog khusus, maka harus menyewa suatu perangkat yang dinamakan hosting. Hostinglah yang akan memberikan data yang diinginkan pengguna, ketika perangkat dioperasikan secara online. Apa yang di maksud hosting ini akan lebih jelas lagi ketika mengetahui jenis-jenis yang ditawarkan pada pemula.

Jenis-Jenis Hosting Dan Kelebihannya

Di bawah ini akan dijelaskan beberapa jenis hosting yang biasa disewakan oleh beberapa perusahaan web juga kelebihan juga kekurangannya. Biasanya, suatu perangkat web, akan menawarkan beberapa jenis perangkat sesuai dengan apa yang diinginkan oleh pengguna web.

1. Perangkat Share

Perangkat share ini merupakan jenis perangkat web yang paling banyak diminati dan digunakan oleh klien. Jenis perangkat ini sangat baik dan pilihan tepat bagi suatu blog atau website yang sederhana. Jika  seseorang mengetikkan suatu pertanyaan dalam tentang perangkat web, biasanya pengguna akan mengambil pada perangkat share dan membagikannya pada klien.

Kelebihan dari perangkat ini adalah, harganya yang murah, penggunaannya yang mudah, panel yang mudah dikendalikan. Tidak hanya itu perusahaan hosting juga menyediakan perbaikan serta perawatan pada file yang tersimpan, juga administrasinya. Sedangkan kekurangannya adalah, tidak mengontrol wujud server dan jika terjadi lalulintas tinggi pada website, akan berpengaruh pada kinerja situs.

2. Perangkat VPS

Perangkat Virtual Private Server adalah suatu perangkat yang ditawarkan oleh sebuah perusahaan hosting. Kegunaan hosting ini, ketika klien membagi suatu server kepada pengguna lain, penyedia perangkat telah menempatkan beberapa bagian untuk kliennya sendiri. Yang artinya, klien  mendapat ruang server yang berdedikasi dan sejumlah penghematan energi dan memori pada sebuah hosting.

Kelebihan dari jenis perangkat ini adalah ruang server yang berdedikasi tanpa harus membelinya. Selain itu jika ada lalulintas website tinggi tidak mempengaruhi berjalannya situs yang digunakan, dan juga akses perbaikan. Kemudahan dalam penanganannya serta pengelolaan yang bisa dilakukan secara pribadi.  Kekurangannya adalah, harga yang mahal dan harus menguasai teknik server.

3. Perangkat Cloud

Paket yang sangat banyak disukai oleh klien di pasaran karena tidak adanya server yang tidak bisa berjalan karena ada kerusakan jaringan. Dengan perangkat ini, klien bisa menggunakan beberapa server, ketika server bermasalah maka situs lalulintas secara otomatis akan mengalihkan ke server lain dalam suatu gugusan. Hingga pengguna masih bisa menjalankan perangkat.

Kelebihan perangkat ini, tidak adanya downtime, tidak mempengaruhi situs yang dijalankan ketika terjadi error. Menempatkan sumber sesuai dengan yang diinginkan, bayaran bisa disesuaikan dengan yang digunakan, selain itu lebih memiliki kemampuan menangani penambahan beban. Kekurangannya biaya yang tak bisa diperkirakan, serta akses izin tidak selalu tersedia pada situs yang digunakan.

4. Perangkat WordPress

Bentuk lain dari perangkat share yang digunakan oleh pengguna website yang secara khusus dibuat untuk melengkapi situs yang digunakan. Khusus untuk hosting wordpress dilengkapi pre-instal pluging seperti keamanan dan caching. Karena sistem server sangat optimal, seringkali wordpress menyertakan beberapa fitur yang terkait dengan perangkat sebagai tambahan yang sangat spesifik sekali.

Kelebihan dari perangkat ini adalah harga yang murah, bahkan sama dengan perangkat share, mudah digunakan, satu klik instalasi wordpress. Selain itu memiliki tampilan yang baik, mendukung pelanggan dalam penguasaan fitur. Kekurangannya, website yang digunakan haruslah buatan dari wordpress, masalah muncul apabila pelanggan mengoperasikan beberapa situs yang tidak dibuat oleh wordpress

Apa yang dimaksud dengan hosting merupakan suatu layanan yang dibutuhkan oleh pengguna web untuk membuat suatu blog pribadi. Atau secara umum memiliki pengertian tentang suatu layanan yang menyimpan data dan bisa dibagikan oleh pengguna internet lainnya. Hingga informasi yang dibuat bisa berguna dan dapat terjangkau oleh segala lapisan pengguna internet.