Cara Kerja Afiliasi Secara Umum dan Jenis-Jenisnya

  

Sederhananya bisnis afiliasi dapat diartikan sebagai bisnis pemasaran yang dilakukan secara online. Afiliasi menghubungkan perusahaan atau vendor dengan pelanggan melalui perantara seseorang yang disebut member dari bisnis afiliasi tersebut. Cara kerja afiliasi secara umum adalah dengan memasarkan produk dari vendor ke customer.

Bisnis afiliasi sangat popular di Indonesia karena menawarkan kemudahan bagi orang yang ingin bekerja. Pekerjaan ini hanya dilakukan melalui via internet dengan memasarkan produk-produk yang langsung berasal dari perusahaan. Menjadi member bisnis afiliasi mengharuskan seseorang untuk rajin membagikan produknya di media sosial untuk menarik pelanggan.

Jenis-Jenis Program Afiliasi

Bagi yang belum paham betul dengan bisnis afiliasi mungkin akan bertanya-tanya sebenarnya apa afiliasi itu? Keuntungan apa yang akan didapatkan jika melakukan bisnis afiliasi? Dan pertanyaan lainnya. Untuk mengetahui keuntungan apa saja yang akan diperoleh jika bergabung menjadi pelaku bisnis ini, berikut ulasannya.

1. Program Afiliasi PPS (Pay Per Sale)

Dengan program ini akan sangat mungkin bagi member untuk melakukan pemasaran secara online serta memperoleh komisi dari pejualan yang dilakukan. Komisi yang dapat diperoleh bisa mencapai 30 hingga 70% dari setiap hasil penjualan produk.

Memasang target penjualan sangat penting dilakukan untuk melakukan penjualan secara maksimal. Program afiliasi PPS ini juga menuntut member atau reseller untuk dapat berkomunikasi dan mempromosikan produk kepada pelanggan dengan baik.

2. Program Afiliasi CPA (Cost Per Action)

Program yang satu ini melakukan pemasaran melalui metode share halaman tautan. Misalnya jika menjadi affiliate marketing suatu situs penyedia pariwisata. Maka dengan membagikan tautan dari akun pribadi dengan maksud pelanggan akan memesan melalui tautan tersebut. Dari situlah seorang affiliate memperoleh komisi.

3. Program Afiliasi PPC (Pay Per Clik)

Program ini merupakan program terfavorit di kalangan pengguna bloger karena keuntungannya diperoleh dari Google Adsense. Suatu blog akan ditautkan dengan link vendor yang ketika pengunjung blok mengklik tautan tersebut maka blogger akan mendapatkan komisi.

4. Program PTC (Paid To Click)

Program jenis ini menunjukkan bahwa bisnis afiliasi adalah model bisnis yang paling mudah untuk dikerjakan semua orang. Dengan program ini, affiliate akan memperoleh komisi dari setiap klik yang dilakukan oleh affiliate pada tautan yang dibagikannya pada blognya sendiri.

Cara Kerja Afiliasi Secara Umum

Seseorang yang baru mengenal bisnis afiliasi dan masih dalam tahap belajar akan berusaha memperoleh informasi seputar bisnis ini. Bisnis afiliasi memang tergolong mudah dari pada bisnis lain yang membuat dan memasarkan produk sendiri. Lalu sebenarnya bagaimana cara kerja afiliasi secara umum?

Bisnis afiliasi memang bisa dikatakan sebagai bisnis yang sederhana yang mampu mendatangkan penghasilan yang pasif bagi pelakunya. Meskipun begitu, bisnis ini menjadi bisnis yang sangat direkomendasikan khususnya bagi yang masih baru dalam dunia bisnis. Bisnis ini mengajarkan bagaimana melakukan pemasaran yang baik untuk memperoleh keuntungan.

Cara kerja afiliasi secara umum yang terbilang sederhana, merujuk kepada cara affiliate atau member memasarkan produknya dengan nyaman. Affiliate tidak usah khawatir dan repot mengenai kesediaan produk, pengemasang dan pengiriman karena itu adalah urusan perusahaan. Hal inilah yang membuat system kerja afiliasi sangat diminati.

Semua pemasaran dilakukan via online dari perusahaan melalui system berbayar maupun gratis. Produk-produk yang terjual oleh affiliate akan secara otomatis tercatat dalam komisi link yang secara khusus diberikan oleh perusahaan. Semakin banyak pelanggan yang membeli produk melalui link afiliasi maka semakin banyak pula keuntungan yang akan diperoleh.

Itulah jenis-jenis program bisnis afiliasi serta cara kerja afiliasi secara umum. Semoga bacaan tersebut memberi wawasan mengenai bisnis afiliasi secara mendalam. Bisnis jenis ini sangat mudah dilakukan oleh semua orang. Afiliasi tidak akan mengganggu pekerjaan lain karena tugasnya hanya mempromosikan melalui media online.