Cara Bermain Bitcoin Untuk Pemula yang Baru Bergabung dengan Crypto

  
Cara Bermain Bitcoin

Bagi pemula yang baru mengenal dunia crypto, pasti bingung bagaimana cara bermain bitcoin. Karena itu artikel ini akan mengulas bagaimana langkah awal bermain bitcoin. Bitcoin memang sedang naik popularitasnya akhir-akhir ini karena sudah dilegalkan di Indonesia.

Dibanding emas maupun saham, BTC menawarkan profit yang tak main-main bagi para tradernya. Tentunya hal tersebut membuat banyak orang ingin bergabung dengan dunia cryptocurrency. Berikut ini cara main bitcoin untuk pemula yang ingin menjajal investasi uang digital satu ini.

1. Daftar Di Situs Exchange

Cara bermain bitcoin yang pertama, trader harus melakukan pendaftaran pada platform exchange. Terdapat banyak pilihan platform yang dapat digunakan. Setiap exchange memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Untuk itu sesuaikan platform mana yang dirasa paling cocok bagi pengguna.

Indodax merupakan salah satu exchange yang Indonesia banget. Bagi pemula, cobalah untuk mendaftar di situs tersebut. Desain user interface nya juga mudah dipahami. Kemudian ada Luno, Triv, Blockchain, Coinbase. Semuanya juga sudah memiliki aplikasi versi mobile yang dapat diunduh di Play Store.

Setelah melakukan registrasi, pengguna selanjutnya harus mengupload foto KTP dan selfie untuk memverifikasi akun. Proses ini bertujuan untuk mengamankan akun pengguna serta menghindari penipuan dari akun abal-abal .

2. Beli BTC

Selanjutnya, pengguna perlu melakukan top up dengan rupiah untuk membeli BTC nantinya. Jika akun sudah terverifikasi, pengguna dapat membeli BTC dengan berbagai metode pembayaran. Biasanya sih dengan bank transfer. Terdapat juga fitur pembayaran dengan kartu kredit.

Setelah mentransfer, uang tersebut sudah bisa digunakan untuk membeli BTC atau mata uang crypto lainnya yang tersedia pada platform tersebut seperti ethereum, Litecoin, Ripple, dan masih banyak lagi.

Cara mendapatkan keuntungan dari BTC adalah melakukan pembelian saat harga jual rendah. Kemudian jual saat harga sedang tinggi. Pengguna juga perlu mengetahui strategi agar mendapatkan profit tinggi seperti pada poin ke tiga ini.

3. Memahami Market Depth Pada Chart Exchange

Market depth merupakan grafik dengan bentuk chart yang menunjukkan pembelian dan penjualan dari sebuah exchange dengan harga yang beragam.  Market depth berfungsi untuk menunjukkan indikasi depth atau kedalaman dan likuiditas order dari BTC.  

Semakin banyak yang membeli dari harga yang tertera, maka depth market semakin dalam. Data ini dapat dilihat pada situs exchange. Saat mencari point of entry untuk melakukan pembelian, pengguna perlu mengetahui sentimen pasar terhadap harga terkini koin tersebut.

4. Hold Dan Day Trading

Strategi ini penting untuk diketahui terutama oleh pemain pemula. Pengguna bisa menyimpan Bitcoin yang sudah dibeli sebagai investasi jangka panjang atau para trader menyebut ini sebagai hold.

Pengguna juga harus mengawasi pergerakan chart agar saat melakukan buy and sell pada hari yang sama. Hal tersebut dilakukan untuk mengetahui waktu yang tepat saat membeli atau menjual BTC.

5. Analisis Pergerakan Harga

Harga bitcoin cepat naik turun. Dalam satu jam saja harganya bisa melambung sangat tinggi, kemudian terjun bebas lagi. Hal ini karena permainan para investor yang melakukan teknik pump and dump.  

Harganya yang fluktuatif ini menjadikan keuntungan dan kerugian bagi yang memiliki aset ini. Karena itu selalu analisa pergerakan harga untuk menghindari kerugian saat BTC turun. Jangan sampai pengguna membeli BTC saat harga tinggi, dan menjual dengan harga sangat rendah.   

Nah, itu dia beberapa cara bermain bitcoin bagi pemula yang ingin bergabung dengan dunia crypto. Menjadi trader memang susah-susah gampang. Tetapi jika tau triknya,pemula dapat menjadi trader yang sukses. Karena itu penting untuk melakukan analisis teknikal. Semoga bermanfaat.