Cara Cek Hosting Web dan IP Adress Dengan Mudah

  

Cara cek hosting web, beserta ip address dari website atau blog bukanlah sesuatu yang sulit. Hosting sendiri merupakan ruang tempat file dan database disimpan serta diakses baik oleh pengguna maupun bot search engine. Bahasa mudahnya, hosting merupakan rumah dari web tersebut.

Terkadang pengguna ingin mengetahui siapa pemilik dari suatu website. Atau juga pengguna menemukan website dengan pengunjung yang banyak dan ingin tahu dimana tempat hosting yang disewa oleh pemilik tersebut. Nah, artikel ini akan mengulas mengenai spying website yang diinginkan.

Cara Cek Hosting Web

Cara cek hosting web cukup mudah hanya menggunakan tools online seperti whois dan network-tools. Pengguna hanya perlu mengakses kedua web tersebut, kemudian masukkan alamat website yang ingin diketahui informasinya.

1. Menggunakan Whois    

Cara cek hosting web dengan mudah pertama adalah menggunakan whois yang tersedia dari beragam pilihan. Berikut caranya

  • Buka laman whois dan masukkan alamat web yang akan dicek: Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah masukkan alamat whois pada address bar. Selanjutnya, pilih menu whois dan tuliskan alamat web yang akan dicek.
  • Informasi akan muncul: Kemudian pengguna bisa langsung mendapatkan informasi mengenai pemilik web tersebut mulai dari hosting  hosting yang digunakan, kontak pemilik, dan sebagainya. Tetapi tidak semua pemilik web mencantumkan informasi secara lengkap.

Karena ada beberapa web yang menyembunyikan informasi dengan menggunakan fitur privasi dari pihak hosting yang disediakan. Dengan mengetahui pemilik hosting, pengguna setidaknya memiliki referensi saat ingin bekerjasama dengannya.

2. Menggunakan Network-tools

Cara mengetahui hosting web yang kedua yakni dengan mengunjungi urlnya. Terdapat beragam pilihan layanan yang ditawarkan mulai dari pencarian DNS, NS, spam backlink server, ping online, url encode dan decode, traceroute, dan pencarian Whois.

Nah, jika pengguna ingin mengetahui pemilik domain dan hosting yang digunakan, pilihlah pencarian hosting. Lanjutkan dengan mengisi kolom IP address dari website yang akan diketahui informasinya. Kemudian klik Go. Menariknya, meskipun pemilik menyembunyikan informasi mereka, pengguna bisa tetap mendapat informasi terusan.

Cara Mengecek IP Domain Website

Cara mengecek melalui IP Domain cukup mudah. Pengguna membutuhkan CMD atau Command Prompt yang sudah tersedia pada sistem operasi windows. Caranya

  • Buka CMD: Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah buka command prompt dengan cara klik start. Ketikkan cmd pada pencarian. Lalu tekan entered.
  • Ketikkan command nya: Setelah command prompt terbuka, lanjutkan dengan mengetikkan command yakni =ping www.abc.com, ganti abc dengan alamat website yang akan dicari informasinya.
  • Jalankan command: Kemudian jalankan command dengan cara tekan tombol enter. Nantinya, akan tertera informasi mengenai ip dari alamat website tersebut. Bentuknya berupa kombinasi antara titik dan angka.

Nah, cara diatas hanya berlaku pada operasi sistem windows. Bagi pengguna Linux dan Apple caranya mungkin berbeda. Namun demikian, pengguna dapat menggunakan browser untuk mengetahui ip address suatu website. Tuliskan pada address bar dengan alamat webnya. Kemudian tuliskan alamat url website yang dimaksud. Lanjutkan dengan menekan enter. Informasi tentang ip address beserta server yang digunakan akan muncul.

Demikian artikel mengenai cara cek hosting web,dan ip address dengan mudah. Hanya dengan mengunjungi tools yang diakses secara online, pengguna sudah bisa mengetahui hosting yang dipakai serta alamat ip nya. Bahkan jika tidak dikunci, pengguna bisa menemukan informasi lainnya dari pemilik web.