5 Cara Memaksimalkan SEO Bagi Pemula Yang Mudah Untuk Dilakukan

  

SEO atau search engine optimization merupakan proses optimalisasi hasil dari mesin penelusuran, sehingga konten atau halaman dari sebuah situs lebih mudah untuk muncul di hasil pencarian teratas di mesin pencari Google. Hal tersebut sangat penting karena terdapat jutaan konten atau halaman sejenis dan perlu cara memaksimalkan SEO agar konten atau halaman yang telah dibuat muncul di hasil pencarian teratas agar lebih banyak mendapatkan view dan traffic.

Dengan semakin berkembangnya bisnis digital, tentunya hal ini sangat penting untuk dilakukan, terutama bagi para pemula. Berikut adalah cara untuk dapat memaksimalkan SEO bagi pemula:

1. Gunakan Keyword Populer

Penggunaan keyword atau kata kunci yang sering digunakan di mesin pencarian merupakan hal yang utama untuk dilakukan. Hal tersebut dikarenakan para organic viewer yang menggunakan sebuah kata kunci tertentu memiliki sebuah pola dalam mencari sebuah kata kunci yang populer di mesin pencarian Google. Cara untuk mencari kata kunci terpopuler tersebut juga tidak sulit.

Ada beberapa cara yang dapat digunakan untuk mengetahui kata kunci yang paling digunakan, salah satunya menggunakan Google adwords. Aplikasi tersebut merupakan keyword tools yang disediakan oleh google secara gratis. Kemudian setelah mendapat keyword, gunakan mesin pencarian google dan tunggu beberapa referensi keyword turunan.

2. Perhatikan Penggunaan Plugins WordPress SEO

WordPress merupakan salah satu CMS yang paling banyak digunakan di dunia. Plugin ini memungkinkan penggunanya untuk menambah fitur-fitur terbaik untuk meng-upgrade blog atau websitenya. Plugin WordPress juga memiliki fungsi untuk membantu para penggunanya yang tidak terlalu mahir dalam coding.

Ada beberapa Plugins WordPress SEO yang memiliki fitur unggulan seperti Yoast SEO, SEMRush, Google Search Console, All in One SEO Pack, Google Keyword Planner, Ahrefs dan lain sebagainya. Namun sebaiknya dalam menggunakan plugins juga dipertimbangkan untuk menggunakan sesuai keperluan saja, karena terlalu banyak plugins akan menyebabkan website sulit untuk diakses.

3. Gunakan Backlink

Backlink merupakan sebutan untuk sebuah link atau tautan yang mengarahkan pengguna internet ke sebuah website. Hal tersebut dapat digunakan sebagai referensi atau rujukan yang akan mempermudah pengguna internet atau untuk keperluan optimasi website agar lebih populer di sistem mesin pencari. Meskipun algoritma dari mesin pencari terus berubah, namun status backlink akan tetap, sehingga perlu untuk membangunnya secara bertahap.

Apabila ditelaah dari segi manfaat, backlink memiliki 2 jenis. Dofollow dan nofollow adalah jenis dari backlink tersebut. Pada dasarnya kedua jenis backlink tersebut tidak memiliki perbedaan yang mencolok dalam segi fungsi. Namun backlink jenis dofollow lebih banyak disukai karena algoritma mesin pencari memberinya nilai yang relatif lebih tinggi. Sebaliknya, nofollow kurang diminati oleh pengguna internet karena memiliki nilai yang lebih rendah.

4. Perhatikan Penamaan Gambar

Cara memaksimalkan SEO yang sering terlewat dalam memperhatikan penamaan gambar pada tampilan halaman website atau konten. Penggunaan title tag, ALT serta menamai gambar dengan keyword populer. Ada 2 penyebab penamaan gambar penting untuk diperhatikan. Pertama dari segi visual yang nyaman untuk dilihat, dengan begitu pengunjung akan menikmati isi atau konten yang tercantum.

Penyebab kedua adalah dengan menggunakan title tag yang sesuai dengan keyword populer di di mesin pencari, maka hal tersebut secara tidak langsung akan menambah jumlah traffic. Dengan begitu website akan lebih populer di sistem algoritma mesin pencari dan mendapat hasil pencarian teratas.

5. Gunakan Media Sosial

Menggunakan media sosial merupakan hal yang paling sederhana untuk optimalisasi SEO. Penggunaan media sosial yang populer akan menambah atensi sekaligus traffic dari banyak kalangan. Terutama apabila menggunakan akun media sosial yang memiliki banyak sekali pengikut. Hal tersebut bisa menjadi sarana promosi. Cukup bagikan backlink untuk mempermudah para pengguna sosial ke website.

Sekian cara memaksimalkan SEO yang dapat digunakan para pemula untuk memaksimalkan hasil pencarian SEO. Membuat strategi agar website dan konten mendapatkan tempat di hasil pencarian teratas tentunya merupakan hal yang sangat penting untuk mendapatkan banyak view dan memancing traffic.