Cara Mengatasi Layar Laptop Mati Tapi Mesin Nyala Mudah Dan Cepat Dilakukan Oleh Pemula

  
cara mengatasi layar laptop mati tapi mesin nyala

Bagi pengguna laptop, layar yang mati namun mesinnya masih dalam keadaan menyala tentu membuat bingung dan panik. Padahal lampu indikator dan perangkat lainnya tetap berjalan layaknya laptop normal namun dengan blackscreen yang tidak diketahui penyebabnya. Cara mengatasi layar laptop mati tapi mesin nyala tentu diperlukan apalagi jika caranya mudah dan cepat untuk mengembalikan kondisi laptop seperti sedia kala.

Kondisi ini bisa disebabkan oleh hardware maupun software yang terpasang pada perangkat tidak didukung sistem atau mengalami kerusakan. Jika masalahnya belum diketahui mungkin sulit bagi pengguna untuk mengatasi layar laptop yang mati tersebut. Agar dapat kembali normal, pengguna dapat mengikuti beberapa cara yang akan disebutkan untuk mengatasi layar laptop mati tapi mesin nyala.

1. Matikan Laptop

Untuk mengatasi layar laptop mati namun mesin masih dalam keadaan menyala, mematikan laptop secara paksa bisa menjadi solusi cepat untuk dicoba. Pengguna tinggal menekan tombol power laptop setidaknya 10 detik hingga laptop benar-benar dalam keadaan mati. Kondisi ini bisa saja terjadi karena software laptop mengalami error sehingga sistem yang ada tidak bisa menjalankan suatu program dengan baik.

2. Lepaskan Baterai

Selain mematikan laptop secara paksa, melepaskan baterai yang terpasang pada laptop juga dapat dilakukan untuk mengatasi layar laptop yang tiba-tiba blank. Setelah baterai terlepas, biarkan baterai tersebut selama 5 menit agar sistem kelistrikan pada laptop kembali normal sehingga kinerjanya menjadi normal. Jika komponen laptop tidak mengalami kerusakan, laptop akan kembali menyala saat baterai kembali dipasang.

3. Lepaskan Memori RAM

Melepaskan memori RAM pada bagian belakang laptop dapat dilakukan sebagai cara mengatasi layar laptop mati tapi mesin nyala. Meskipun sedikit beresiko apabila dilakukan oleh orang awam, namun cara ini tetap dapat dicoba apalagi jika laptop telah digunakan dalam waktu lama. Akibat beban yang terlalu berat, bagian ini biasanya rentan mengalami shock karena panas berlebih sehingga layar menjadi blank.

4. Bersihkan Virus

Sistem laptop yang terkena virus akan mengakibatkan laptop tidak menyala dengan baik akibat rusaknya file program oleh virus. Jika cara yang telah disebutkan sebelumnya tetap tidak bisa membuat laptop kembali menyala, disarankan untuk membersihkan virus yang menyerang sistem laptop. Jika virus yang menyerang sistem telah dibersihkan, pasanglah anti virus pada laptop agar kejadian yang sama tidak terulang lagi.

5. Lepaskan Hardware Tambahan Pada Laptop

Hardware tambahan yang sengaja dipasang pada laptop seringkali tidak didukung oleh sistem sehingga menyebabkan layar laptop mati namun mesinnya tetap hidup. Untuk memeriksa kerusakan yang terjadi, pengguna harus melepaskan hardware tambahan tersebut dan melihat apakah layar laptop bisa kembali menyala atau tidak. Jika setelah dilepas layar laptop kembali berfungsi normal, berarti hardware tambahan yang dipasanglah penyebabnya.

6. Hapus Software dan Aplikasi yang Tidak Kompatibel

Memasang software dan aplikasi pada laptop seringkali dilakukan oleh penggunanya untuk memudahkan pekerjaan, namun yang dilakukan justru menjadi ancaman bagi laptop. Seringkali software dan aplikasi yang tidak kompatibel dengan perangkat tidak didukung oleh sistem dan menyebabkan layar laptop menjadi blank. Untuk mengatasi hal ini, copot pemasangan software dan aplikasi yang menjadi penyebabnya lalu restart laptop agar kembali normal.

7. Update Driver VGA

VGA yang terpasang pada laptop berfungsi untuk menerjemahkan dan mengubah sinyal digital menjadi tampilan grafis yang kemudian ditampilkan pada layar. Layar laptop yang mati bisa saja disebabkan oleh kerusakan VGA akibat tidak pernah di update apalagi jika mesin laptop dalam kondisi hidup. Oleh sebab itu, driver VGA harus di update agar sesuai dengan software laptop yang digunakan.

Itulah beberapa cara mengatasi layar laptop mati tapi mesin nyala dengan mudah dan cepat bahkan dapat dilakukan oleh pemula. Kondisi ini bisa disebabkan oleh hardware maupun software yang terpasang pada perangkat tidak didukung sistem atau mengalami kerusakan. Cara yang disebutkan merupakan cara awal yang dapat dilakukan agar pengguna tidak tergesa-gesa membawa laptop yang mengalami kerusakan ke tukang service.