5 Penyebab Layar Laptop Hitam yang Harus Kamu Ketahui!

  
Penyebab Layar Laptop Hitam

Lebih dari 30%, bagian laptop yang dilihat oleh mata adalah layarnya. Hal ini dikarenakan segala kegiatan yang dikerjakan dengan laptop semuanya melibatkan layar. Jika layar rusak, maka hal yang dikerjakan melalui laptop akan benar-benar terganggu. Menjaga layar laptop merupakan hal terpenting yang harus dipahami, salah satunya adalah penyebab layar laptop hitam.

Umumnya, kerusakan atau masalah yang terjadi pada layar laptop adalah blank berwarna hitam maupun putih. Sudah jelas dong, ketika layar hanya menampilkan blank warna putih maupun hitam, pekerjaan yang membutuhkan laptop akan terganggu. Oleh karena itu, kenali penyebab-penyebab layar laptop hitam di bawah ini agar kerusakan layar bisa dihindari sedini mungkin:

1. Baterai Rusak

Untuk dapat berfungsi dengan baik, sebuah laptop membutuhkan daya listrik. Baterai merupakan elemen listrik yang dapat memberikan daya listrik pada laptop. Baterai yang masih sehat, akan memberikan daya listrik yang sesuai dengan kebutuhan laptop. Ketika laptop menerima daya listrik sesuai dengan yang dibutuhkannya, maka laptop akan berfungsi dengan semestinya.

Namun, jika baterai yang bertugas sebagai pemasok daya listrik tidak berfungsi dengan baik, maka laptop tidak akan berfungsi dengan baik. Jika daya listrik yang diberikan baterai kurang dari daya yang dibutuhkan oleh laptop, maka ada bagian-bagian laptop yang tidak berfungsi, salah satunya adalah layarnya.

2. Kabel yang Bermasalah

Jika baterai dalam keadaan sehat yang artinya dapat memberikan daya listrik yang sesuai dengan kebutuhan laptop. Tetapi layar laptop masih dalam keadaan hitam, bisa juga ada masalah jalur kabel yang ada pada layarnya. Daya listrik dapat mengalir dengan baik, jika ada jalur atau jalannya.

Salah satu jalan yang digunakan oleh daya listrik mengalir adalah kabel. Jika kabel layar yang bermasalah, misalnya putus, maka daya listrik tidak dapat mengalir pada bagian layar tersebut. Ketika layar tidak teraliri daya listrik, sudah jelas dong, layar tidak akan menyala dan hanya menampilkan blank warna hitam saja.

3. Driver yang Digunakan Tidak Sesuai

Gampangnya, driver itu seperti jalan raya atau jalur kabel komunikasi yang menghubungkan antara perangkat lunak (baca; software) dengan perangkat keras (baca; hardware). Komunikasi antara perangkat keras dengan perangkat lunak akan terjadi dengan baik, jika driver yang digunakan sesuai. Jika driver yang digunakan tidak sesuai, maka siap-siap banyak kejanggalan yang terjadi, salah satunya ya layar laptop menjadi hitam.

4. Pengaturan yang Salah

Terkadang, rasa bosan itu ada. Bosan melihat tampilan layar yang begitu-begitu saja. Karena bosan, akhirnya melakukan hal-hal aneh (baca : ngoprek) seperti mengedit tampilan maupun dengan menginstall aplikasi agar layar desktop menjadi lebih menarik.

Tanpa disadari, hal yang dilakukan tersebut bisa juga mengalami kesalahan yang dapat mengakibatkan berubahnya layar laptop menjadi hitam. Dengan begitu, hati-hati ketika mengedit atau mengatur tampilan layar desktop. Jangan sembarangan mengotak-atik pengaturannya, jika tidak ingin layar laptop hitam.

5. Laptop

Laptop adalah barang elektronik. Kebanyakan barang elektronik yang habis jatuh pasti ada saja bagian yang rusak. Begitu juga dengan laptop, jika jatuh atau tertimpa barang yang jatuh dari atas apalagi mengenai bagian layarnya, siap-siap saja jika nanti layarnya menjadi rusak.

Jika layar sudah rusak, maka layar sudah tidak bisa menampilkan tampilan apa-apa lagi, jadi hindari jangan sampai jatuh atau tertimpa barang yang jatuh dari atas ya. Layar laptop merupakan bagian terpenting dari sebuah laptop. Karena hampir semua aktivitas yang menggunakan laptop pasti akan melibatkan layarnya. Jadi, menjaga layar laptop dari kerusakan adalah suatu keharusan.

Itulah penyebab layar laptop hitam yang paling umum terjadi. Jangan lupa untuk menjaga layar laptop dengan baik agar tidak mengganggu aktivitas harian. Semoga bermanfaat dan terima kasih sudah membaca.