Cara Memperbaiki Layar LCD HP yang Hitam Dengan Ampuh

  
cara memperbaiki layar lcd hp yang hitam

Permasalahan Layar LCD HP yang hitam memang kerap sekali terjadi. Masalah ini banyak sekali faktor penyebabnya. Penyebab permasalahan tersebut diantaranya karena kerusakan hardware, kerusakan software, adanya gangguan komponen eksternal, RAM bermasalah, paparan matahari, terkena air, bahkan adanya data yang terlalu banyak tersimpan dalam memori HP. Tentu saja hal ini dapat membuat jengkel, bukan? Untuk mengatasinya ada cara memperbaiki layar LCD HP yang hitam secara mandiri.

Beberapa cara yang bisa dilakukan sendiri ini kemungkinan besar bisa membantu sebelum membawa HP ke tempat servis. Tidak percaya? Berikut ini akan diulas beberapa cara memperbaiki layar LCD HP hitam.

1. Melepaskan Pelindung Layar HP

Cara memperbaiki layar LCD HP yang hitam paling mudah dilakukan yaitu dengan melepaskan pelindung layar LCD HP. Ada kemungkinan layar LCD HP yang memiliki pelindung akan mempengaruhi sensor proximity. Hal itu bisa menyebabkan layar LCD HP menjadi bermasalah. Sebab, sistem pada HP akan menafsirkan bahwa HP sedang dalam kondisi melakukan panggilan jadi secara otomatis layar berubah hitam.

2. Melepaskan SIM Card, Memori Eksternal Serta Baterai

Cara berikutnya yaitu dengan melepaskan SIM card, memori eksternal dan juga baterai. Ada kemungkinan jika permasalahan layar yang menghitam disebabkan oleh beberapa komponen tersebut. Jadi, diharapkan jika komponen tersebut dilepas maka layar LCD HP akan kembali normal.

Langkah pertama adalah dengan mematikan daya HP jika saja layar masih dapat dimatikan. Lalu, setelah berhasil dimatikan ketiga komponen seperti SIM card, memori eksternal, dan baterai bisa dilepaskan. Selanjutnya hidupkan kembali HP dengan menekan tombol power.

3. Melakukan Clear Cache Pada Sistem HP

Terlalu banyak data yang tersimpan dalam HP juga dapat menyebabkan layar LCD HP menjadi hitam. Oleh sebab itu, perlu dilakukan clear cache pada sistem HP. Sehingga diharapkan layar LCD HP akan kembali normal. Cara melakukan clear cache yang ada di HP adalah dengan mematikan daya dari HP. Lalu tekan tombol volume up atau volume down bersamaan dengan tombol power. Tunggu waktu recovery dan pilih opsi wipe cache.

4. Melakukan Reset Data

Cara berikutnya yaitu dengan melakukan reset data. Cara ini hampir sama dengan saat melakukan clear cache. Perbedaannya adalah pada langkah yang berikutnya, yaitu memilih opsi Factory Reset. Namun, perlu diketahui bahwa dengan melakukan Factory Reset ini data yang tersimpan dalam HP akan hilang.

5. Melakukan Re-Flash HP

Apabila layar LCD HP tetap berwarna hitam, lakukan Re-Flash HP tersebut. Cara ini bisa dilakukan jika HP telah mengalami mati total. Namun, konsekuensinya data yang tersimpan dalam HP akan terhapus semua. Cara Re-Flash HP dilakukan dengan menginstal driver Re-Flash pada laptop. Kemudian HP disambungkan dengan menggunakan USP. Lakukan ekstrak dan perlu mengikuti langkah-langkah yang ada.

6. Membawa Ke Tempat Servis HP

Jika keempat langkah di atas sudah dilakukan, namun layar LCD HP tak kunjung mengalami perubahan menjadi normal, sebaiknya bawalah HP ke tempat servis. Karena dimungkinkan ada bagian-bagian yang rusak dan membutuhkan langkah pembongkaran. Pembongkaran ini dilakukan untuk memeriksa kerusakan yang terjadi.

Nah, demikian itulah cara memperbaiki layar LCD HP yang hitam. Tidak perlu terburu-buru membawanya ke tempat servis. Namun, jika beberapa upaya yang telah dipaparkan di atas tidak bekerja, maka tidak ada salahnya jika membawa HP ke tempat servis. Supaya dapat dilakukan penanganan oleh ahlinya. Semoga membantu!