Cara Membersihkan Keyboard Laptop Kotor Secara Mudah Dan Aman

  
Cara membersihkan keyboard laptop

Keyboard laptop memang terlihat bersih dan baik-baik saja dari luar. Namun nyatanya jika dilihat lebih teliti lagi, banyak sekali debu yang terdapat pada sela-sela keyboard laptop. Jika ingin hal tersebut tidak menjadi masalah pada laptop, mengetahui cara membersihkan keyboard laptop yang kotor dengan aman akan sangat berguna.

Jika keyboard laptop yang kotor dibiarkan begitu saja akan memberikan dampak serius terhadap laptop. Tentu jika ingin hal itu tidak terjadi, maka rajin-rajinlah membersihkan keyboard laptop. Nah, berikut cara yang dapat dilakukan untuk membersihkan keyboard laptop. Namun sebelum membersihkan keyboard, laptop harus sudah dalam keadaan mati. Berikut adalah penjelasannya secara rinci:

1. Menggunakan Alat Pembersih Keyboard Laptop

Cara membersihkan keyboard laptop yang pertama yaitu dengan menggunakan alat pembersih keyboard laptop. Salah satu alat yang dapat digunakan yaitu mini USB vacuum cleaner. Ukuran alat ini sangat mungil namun memiliki kinerja yang praktis dan optimal. Cara kerjanya hanya perlu menyambungkan alat ini dengan port USB pada laptop.

Alat ini bekerja dengan menyedot debu pada sela-sela keyboard laptop yang dilengkapi dengan sapu dan sikat kecil. Sehingga alat mampu menjangkau sela-sela keyboard dengan efektif. Alat ini dapat diperoleh di toko elektronik maupun toko online.

2. Menggunakan Brush Make Up

Jika tidak mempunyai alat pembersih keyboard laptop, terdapat beberapa alat yang dapat digunakan, seperti brush make up bekas. Cara membersihkan keyboard laptop dengan cara ini sangat praktis. Pertama, pastikan brush make up yang akan digunakan dalam keadaan bersih. Kegunaan brush ini yaitu untuk menyapu debu yang berada pada sela-sela keyboard.

3. Posisikan Laptop Terbalik dan Menekan Keyboard

Memposisikan laptop terbalik akan sangat membantu membersihkan laptop tanpa alat apapun. Hal ini dapat membuat debu-debu yang terdapat di sela-sela keyboard laptop akan jatuh dengan sendirinya. Namun jika ingin lebih maksimal dapat diimbangi dengan menekan-nekan tombol keyboard pada posisi tersebut. Proses ini akan membuat debu keluar dengan mudah.

Cara ini menjadi salah satu cara termudah dan tidak memerlukan alat apapun. Namun dibutuhkan waktu yang lebih lama dengan cara yang lain. Dalam menekan-nekan keyboard lakukan seperti sedang mengetik, dan lakukan secara berulang-ulang.

4. Menggunakan Hair Dryer

Jika terdapat hair dryer dirumah, dapat digunakan menjadi salah satu alat untuk membersihkan keyboard laptop. Cara membersihkan keyboard laptop dengan hair dryer yaitu dengan memposisikan laptop agak miring ketika pembersihan berlangsung.

Hal ini akan membuang debu ke arah samping dan meminimalisir debu yang masuk ke dalam keyboard laptop. Selain itu, pastikan untuk mengulang-ulang dorongan hair dryer sampai laptop benar-benar bersih.

5. Melepas Keyboard Laptop

Cara yang terakhir ini tidak dianjurkan, meskipun menjadi cara yang ampuh untuk membersihkan keyboard laptop. Memang hasilnya akan sangat efektif dan dapat membersihkan keyboard secara maksimal. Namun, cara ini sangat beresiko tinggi jika tidak dilakukan oleh orang yang profesional dan sudah berpengalaman.

Apabila jika tidak memiliki pengetahuan ataupun pengalaman dalam melepas keyboard, disarankan untuk tidak melakukan cara ini. Karena jika dipaksakan akan beresiko keyboard menjadi bermasalah ataupun error. Jika ingin melakukan cara ini disarankan untuk meminta bantuan orang lain yang ahli dalam hal tersebut.

Itulah cara membersihkan keyboard laptop kotor secara mudah dan aman. Membersihkan keyboard secara teratur akan membuatnya lebih awet meskipun seringkali digunakan. Setelah salah satu cara di atas dilakukan, mengelap bagian atas keyboard laptop dapat membuatnya menjadi lebih bersih. Gunakan lap yang sedikit lembab, kemudian lap bagian atas keyboard. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.