5 Cara Membobol Wifi Dengan Laptop Yang Mudah Untuk Dilakukan

  

Jaringan internet kini sangat populer, tetapi data begitu mahal, tidak mudah orang mendapatkan previlesse untuk mendapatkan akses pada Internet. Oleh karena itulah banyak yang mencoba jalan belakang, dengan cara membobol WiFi dengan laptop atau dengan perangkat android. Walau begitu akan dibahas di sini cara membobol wifi melalui laptop. Selagi banyak ponsel cerdas, tablet, notebook atau PC yang menggunakan WiFi, maka itulah peluang untuk membobolnya.

Sebagian besar perangkat dari ponsel, notebook, eBook reader, dan tablet terintegrasi dengan perangkat seluler. Semua itu pada umumnya memiliki antarmuka WiFi sehingga data dapat ditransfer dengan cepat melalui jaringan nirkabel. Untuk banyak perangkat akhir ini, WiFi bahkan telah menjadi antarmuka eksklusif untuk jaringan dan akses Internet. Meretas enkripsi WiFi pada dasarnya bisa dilakukan jika memiliki alat yang tepat. Tapi ada cara untuk meretasnya, antara lain:

1. Melalui Modem Router

Dengan memasuki suatu IP addres dan mengetahui username saja, pada peretas bisa masuk ke suatu jaringan wifi ibarat sudah setengah jalan. Penggunaan username dan IP Addres ini telah menjadi cara paling banyak digunakan para hacker untuk membobol banyak hal.

2. Melalui Control Panel Pada PC atau Laptop

Biasanya hal ini efektif untuk pengguna pribadi, namun tidak jauh berbeda dengan cara yang pertama, di mana IP Addres dan username memegang peran. Saat orang lupa pada password WiFi  sendiri yang ada dalam laptopnya, dia bisa saja menggunakan fasilitas Reset pada perangkat router WiFi yang digunakan sendiri. Selain itu,  ada cara melalui fasilitas control panel yang ada pada Windows  dalam versi 7 hingga 10 yang terlawas.

Caranya, masuk ke menu control panel, dari sana pilih menu yang ada pada control panel tersebut yakni halaman Network and Internet, setelah masuk akan muncul di layar tampilan Network and Sharing Center. Kemudian klik Manage Wireless Network yang ada pada kiri halaman. Dari sana akan ditampilkan sisa jaringan wifi yang pernah digunakan oleh laptop tersebut. Pilih jaringan wifi yang hendak diretas passwordnya dengan double klik. Kemudian masuk ke halaman Tab Security dan centang kotak Show Characters, voila, password jaringan wifi yang akan diretas akan muncul.

3. Melalui Command Prompt

Setiap windows masih memberikan tempat untuk Command Prompt atau layar perintah pada sistem operasi awal. Command prompt sebagaimana namanya hanya berisikan perintah dan instruksi untuk menjalankan aplikasi di luar Graphic User Interface ala Windows. Aplikasi ini biasanya yang executable, namun ada beberapa varian yang bisa dibuka dengan rumusan yang tepat pada Command Prompt. Sehingga harus ditulis manual dengan teks, atau Text User Interface (TUI).

Cara membobol wifi melalui command prompt tidak begitu sulit bahkan juga bisa diketahui password WiFi yang pernah ada jejaknya pada suatu laptop.  Caranya, Klik tombol Start, Run atau bisa gunakan tombol windows yang ada pada keyboard khusus + R. Lalu masuk ke command prompt, ketikan “netsh wlan show profiles” + Enter. Dari sana muncul daftar Wifi dengan password masuknya. Cara lain ketik pada command prompt netsh wlan show profiles “nama jaringan wifi” key=clear. Dari sana muncul khusus jaringan WiFi tertentu.

4. Melalui Forensic Tools

Forensic tools adalah aplikasi yang digunakan biasanya untuk mengetahui secara mendalam mengenai suatu aktivitas pada laptop, termasuk dalam hal ini aktivitas penggunaan wifi. Penggunaan forensic tools ibaratnya menggunakan perangkat Command Prompt di atas namun dengan tampilan aplikasi. Forensic tools yang bisa digunakan dalam hal ini Wifislax, forensic tools yang memang digunakan khusus untuk membaca Wifi.

5. Melalui Pelacakan Paket Kali Linux

Jika kata sandi IP di suatu Firewall diketahui, maka selanjutnya hanya mencari tahu nama usernya. Inilah yang menjadi cara membobol wifi dengan laptop lainnya. Yang digunakan adalah ettercap untuk melacak paket jaringan, caranya buka aplikasi Kali, pada halaman terminal lalu ketikkan perintah berikut.

ettercap -T -M arp -i eth0 /// -w test.cap

Kemudian di layar terminal akan muncul banyak jaringan dan paket. Lalu ketik,

cat test.cap | grep -a <keyword>

Dengan menggunakan perintah tersebut kata kunci yang ingin dicari akan terlihat. Kemudian ketikan

cat test.cap | grep –password

maka password yang hendak dicari akan terlihat.

Cara membobol wifi dengan laptop di atas memang tampak mudah. Namun perhatikan juga konsekuensinya. Pembobolan jaringan bagaimanapun juga aksi yang menyenangkan bagi siapapun, kecuali memang ditujukan untuk memulihkan password pada laptop sendiri. Dalam hal ini kebijakan masing-masing pelaku diperlukan.