Cara Membuat SEO Website

  

Memperoleh peringkat paling atas dari suatu hasil pencarian Google merupakan tujuan para pemilik website. Bisa minta bantuan web hosting terbaik Indonesia untuk itu.  Banyak keuntungan yang akan didapat, makin tinggi peringkat pada hasil pencarian Google, maka akan semakin tinggi tingkat traffic websitenya sehingga akan makin banyak pengunjung atau visitor yang lalu dapat dikonversi menjadi leads/konsumen dan lain sebagainya. Teknik SEO untuk meningkatkan traffic akan selalu berubah tiap saat menyesuaikan dengan update algoritma Google. Berikut ini adalah cara membuat seo website.

Tambahkan Website pada Google Search Console

Platform Google Search Console ini sebelumnya namanya adalah Google Webmaster Tools, yakni suatu platform yang disediakan oleh Google secara gratis agar pemilik website bisa memantau kinerja websitenya. Dengan menggunakan Google Search Console maka dimungkinkan untuk mengetahui domain yang telah memberikan link ke website atau referring domain, dan juga memantau kinerja website pada perangkat mobile, hingga untuk melakukan analisis halaman website sesuai tingkat trofik yang tertingginya.

Install Plugin Yoast SEO

Lalu manfaatkan juga plugin Yoast SEO. Memasangnya diperlukan untuk memulai rangkaian optimasi SEO yang tahapannya panjang. Yoast SEO tersebut akan menyediakan berbagai fitur guna meningkatkan kualitas SEO website.

Beberapa fitur utama dari Yoast SEO itu antara lain ialah pengubahan title tag serta meta description, dan submit XML Sitemap, serta mengubah permalink, dan verifikasi Google Webmaster Tools, serta analisis konten. Fitur analisis konten ini merupakan fitur yang paling menarik. Fitur andalan dari Yoast SEO tersebut akan memberi peringatan atau notifikasi jika masih ada  konten yang belum sesuai dengan kaidah SEO yang benar dan masih bisa dilakukan optimalisasi. Yoast SEO juga bisa memberikan analisa terkait penggunaan subheading, serta panjang kalimat, dan hingga panjang artikel.

Buat Sitemap

Kemudian penting juga untuk membuat sitemap, yang berisi daftar seluruh isi halaman website yang bisa diakses oleh visitor atau pengunjung dan juga oleh mesin pencari, guna memudahkan pencarian atau pendeteksian. Ada dua jenis sitemap, yakni sitemap XML serta sitemap HTML. Bagi mesin pencari maka sitemap XML yang diperlukan, sedangkan sitemap HTML diperlukan oleh visitor atau pengunjung yang mengakses.

Tingkatkan Kecepatan Website

Semakin cepat dan mudah website diakses maka akan semakin bagus dan disukai visitor atau pengunjung. Visitor atau pengunjung website akan sangat membenci loading website yang lambat. Hal itu akan membuat pengunjung website menjadi jengkel dan lalu pada akhirnya akan pergi meninggalkannya dan lalu mencari website yang lain yang dapat lebih mudah diakses dan memberikan informasi dengan secara lebih cepat. Jadi sebagus apapun kontennya jika tidak bisa diakses oleh pengunjung  atau visitor website maka akan menjadi sia-sia. Para pengunjung website atau visitor sangat tidak memberikan toleransi untuk suatu loading yang lambat. Hasil pendataan Google, maka terdapat sekitar 53 persen pengguna internet yang meninggalkan website karena loadingnya lambat, yakni lebih dari 3 detik. Lalu terdapat sekitar 80 persen pengguna internet yang kecewa dengan website yang lama loadingnya dan menyatakan tidak akan pernah kembali bersedia untuk mencoba mengakses website tersebut.

Cobalah terapkan beberapa cara membuat SEO website di atas, guna meningkatkan traffic website.