Cara Membuka Blokir Marketplace Facebook dan Mengapa Itu Bisa Terjadi?

  

Facebook Marketplace saat ini menjadi salah satu platform yang digemari oleh para pelaku usaha online. Kemudahan dan kepraktisannya tentu saja menarik para pelaku usaha untuk mengembangkan bisnisnya lewat Marketplace Facebook. Tetapi banyak kendala yang dihadapi di Marketplace ini, salah satunya adalah pemblokiran. Banyak pelaku usaha yang tidak dapat memposting atau di blokir di Marketplace Facebook. Maka dari itu pembahasan kali ini adalah mengenai cara membuka blokir Marketplace Facebook. 

Alasan Pemblokiran 

Sebelum mengetahui cara membuka blokir Marketplace Facebook, ada baiknya jika para pelaku usaha mengetahui terlebih dahulu mengapa sebuah akun atau toko dapat diblokir. 

1. Foto Produk yang Digunakan 

Foto yang diposting oleh sebuah akun marketplace di facebook tidak boleh itu-itu saja.  Jika seorang pelaku usaha terus-terusan mengirim foto produk yang sama, maka akan dianggap sebagai spam oleh pihak Facebook. Jika pelaku usaha melakukan hal ini berulang kali, maka nantinya akun marketplace tersebut akan diblokir. 

Selain itu, kualitas foto produk yang diposting harus jelas. Diusahakan agar foto produk yang digunakan tidak blur dan memiliki resolusi yang tinggi. Foto produk yang gelap dan blur tentunya akan terkesan tidak jelas dan akan membuat Facebook memblokir sebuah toko yang kerap kali memposting foto dengan kualitas foto yang buruk. 

2. Caption atau Keterangan yang Digunakan 

Keterangan produk sangat penting dalam usaha penjualan bisnis online. Keterangan yang baik adalah keterangan yang jelas dan lengkap. Tetapi, jangan terus-terusan menggunakan keterangan yang sama. Jika hal ini dilakukan, pihak Facebook juga akan menganggap ini sebagai spam dan memblokir akun tersebut. 

3. Produk yang Dijual 

Produk yang dijual menjadi perhatian utama dalam berjualan di Marketplace Facebook. Oleh karenanya, pastikan produk tidak boleh melanggar kebijakan, misalnya barang-barang ilegal. Jika sebuah akun kedapatan menjual barang-barang ilegal yang dilarang, akun tersebut akan diblokir juga oleh Facebook. Selain itu, produk yang dijual juga tidak boleh mencantumkan merk yang terkenal. Hal ini akan melanggar kebijakan iklan dari pihak Facebook.

4. Jeda Waktu Antar Postingan

Walaupun rajin memposting produk diperlukan dalam berjualan di Marketplace Facebook, tetapi jika terlalu sering juga tidak baik. Diusahakan untuk hanya memposting maksimal 2-3 produk dalam sehari. Atau bisa juga dengan menjaga jarak antar postingan dan tidak berturut-turut. Jika sebuah akun memposting secara berturut-turut dan jangka waktunya pendek, sistem Facebook akan menganggap ini sebagai spam.

Cara Membuka Blokiran dalam Langkah Step by Step

Setelah mengetahui mengapa sebuah akun dapat diblokir, maka selanjutnya akan dibahas cara membuka blokir marketplace Facebook. 

  • Mencari strip 3 di bar atas/ bar utama halaman facebook. 
  • Menggunakan fitur Help & Support .
  • Klik Report a Problem .
  • Pilih masalah yang sesuai dengan masalah yang dihadapi, dalam kasus ini pelaku usaha harus memilih “Marketplace” .
  • Setelah itu pelaku usaha tinggal mencantumkan/ menuliskan masalah yang dihadapi dengan singkat, jelas, dan formal. Selain itu, lebih baik jika disertakan dengan tangkapan layar sebagai bukti agar masalah yang dihadapi lebih jelas .
  • Setelah itu klik send .
  • Tanggapan akan diberikan beberapa hari setelah melakukan pengaduan melalui fitur ini. Dalam menunggu datangnya balasan/ tanggapan ada baiknya jika pelaku usaha memperbaiki dahulu postingan di akun marketplace yang diblokir agar tidak melanggar kebijakan dari Facebook sendiri. Hal ini dapat dilakukan misalnya dengan menghapus beberapa foto yang sekiranya dapat dianggap sebagai spam. 
  • Jika masih tidak ada tanggapan, maka artinya akun pelaku usaha sudah diblokir permanen. Kalau sudah begitu, maka satu-satunya jalan adalah dengan membuat akun baru dan menghindari kembali hal-hal yang membuat akun marketplace diblokir. 

Sekian pembahasan mengenai alasan pemblokiran dan cara membuka blokir marketplace Facebook. Semoga bermanfaat bagi pelaku usaha yang sedang ingin mengembangkan bisnisnya di marketplace ini.