Cara Mempercepat Koneksi Internet Di HP Dengan Mudah Dan Aman

  
Cara mempercepat koneksi internet

Hampir semua kegiataan saat ini membutuhkan koneksi internet, baik dalam hal bekerja, belajar, mencari hiburan maupun kegiatan lainnya. Kegiatan tersebut akan terhambat jika koneksi internet yang dibutuhkan tidak lancar bahkan tidak dapat terhubung. Tentu akan sangat membantu jika masalah tersebut dapat teratasi yaitu dengan mengetahui cara mempercepat koneksi internet.

Kecepatan internet ini memang sangat penting, salah satunya untuk pengguna android. Masalah koneksi internet yang lemot pada android dapat menguji kesabaran bahkan membuat emosi. Namun jangan khawatir, ada beberapa cara untuk mengatasi hal tersebut.

1. Mengecek Pengaturan Jaringan Internet HP

Untuk mempercepat koneksi internet, hal pertama yang harus dilakukan yaitu mengecek pengaturan jaringan internet HP. Jaringan internet yang mendukung pada HP tergantung pada jenis HP yang digunakan. Untuk mempercepat koneksi internet setting jaringan menjadi 4G only/3G only sesuai kebutuhan.

Caranya sangatlah mudah, yaitu masuk pada menu pengaturan dan pilih pengaturan lainnya atau jika sudah tersedia pilih menu pengaturan jaringan. Kemudian, pilih jaringan seluler/network mode dan pilih jaringan yang dibutuhkan 4G only/3G only. Jika ingin mendapatkan jaringan yang lebih cepat, disarankan untuk menggunakan jaringan 4G.

2. Menghapus Cache

Cara mempercepat koneksi internet yang dapat dicoba lainnya yaitu dengan menghapus cache. Ruang penyimpanan yang penuh pada ponsel juga dapat membuat koneksi internet terganggu. Salah satu cara aman untuk mengosongkan ruang tersebut yaitu dengan menghapus cache aplikasi. Cache merupakan data yang tersimpan sementara pada perangkat telepon.

Ketika cache sebuah aplikasi dihapus, maka sama halnya dengan menghapus file sementara pada aplikasi tersebut. Menghapus cache tidak membuat file penting yang tersimpan pada aplikasi hilang. Cara menghapus cache aplikasi yaitu dengan setting, lalu pilih aplikasi dan pilih aplikasi yang ingin dibersihkan cachenya, kemudian clear cache.

3. Bersihkan Iklan Internet

Iklan pada internet terkadang disepelekan, namun hal tersebut justru dapat membuat koneksi internet menjadi sangat lambat. Cara mempercepat koneksi internet dengan membersihkan iklan ini menjadi salah satu cara yang ampuh. Setiap browser yang digunakan pada ponsel, baik itu internet bawaan ataupun aplikasi internet yang dipasang pasti akan memunculkan iklan.

Lambatnya koneksi internet pada HP yang disebabkan oleh iklan ini dikarenakan data internet banyak terpakai untuk mengakomodasi iklan tersebut. Oleh karenanya, disarankan untuk mengaktifkan AdBlock. Beberapa browser internet pada ponsel sudah menyediakan fitur ini. Cara lainnya yaitu ketika iklan pada browser ditampilkan pilih ikon setting pada iklan, kemudian pilih block.

4. Non-aktifkan Hotspot Seluler

Hotspot atau menjadikan perangkat HP sebagai perangkat WIFI portable yang membagikan koneksinya ke perangkat lain dapat menghambat koneksi internet. Hal ini dikarenakan koneksi internet yang seharusnya digunakan untuk satu perangkat harus membagi koneksinya dengan perangkat lain. Cara menon-aktifkan hotspot ini cukup dengan ke menu pengaturan dan pilih hotspot kemudian nonaktifkan.

5. Menonaktifkan Mode Desktop

Selain itu, cara mempercepat koneksi internet pada android yaitu dengan tidak mengaktifkan mode desktop. Karena, mode desktop yang aktif pada HP dapat membuat akses internet menjadi lambat. Jika memang dibutuhkan tampilan desktop pada laman yang sedang dikunjungi, disarankan beralih untuk menggunakan browser pada laptop.

Namun jika tidak memungkinkan, hal tersebut bisa diakali dengan setting user agent pada mobile. Hal ini bertujuan untuk mengkompres data dalam menyesuaikan pada tampilan mobile. Bahkan saat ini sudah banyak situs yang responsive untuk menyesuaikan tampilan secara otomatis yang dibuka melalui HP.

Nah, itulah beberapa cara mempercepat koneksi internet pada android yang mudah untuk dicoba. Namun yang harus diperhatikan yaitu lokasi ketika mengakses internet. Karena hal tersebut sangat berpengaruh terhadap koneksi internet yang akan diperoleh nantinya. selamat mencoba dan semoga bermanfaat.