Cara Mendaftarkan Toko di Shopee Gratis Ongkir dengan Mudah

  
Cara Mendaftarkan Toko di Shopee Gratis Ongkir 

Shopee saat ini telah menjadi marketplace online terbesar di Indonesia. Saat ini sekiranya ada 1,6 juta pelaku usaha yang telah terdaftar sebagai penjual di Shopee. Dengan banyaknya jumlah penjual ini, Shopee senantiasa membantu para pelaku usaha dengan menciptakan fitur-fitur yang membantu. Salah satunya adalah Shopee gratis ongkir. Berikut adalah pembahasan mengenai cara mendaftarkan toko di Shopee gratis ongkir. 

Apa itu Fitur Shopee Gratis Ongkir? 

Sebelum masuk ke pembahasan mengenai cara mendapatkan fitur gratis ongkir, lebih baik jika pelaku usaha mengetahui informasi yang jelas mengenai fitur ini terlebih dahulu. Fitur gratis ongkir adalah fitur yang dibuat oleh Shopee dengan tujuan meringankan beban belanja pembeli dan membantu pelaku usaha untuk menarik lebih banyak konsumen. Fitur ini menggratiskan biaya pengiriman atau ongkos kirim sehingga pembeli tidak harus mengeluarkan uang lebih untuk mendatangkan paket ke rumah pembeli.  

Toko yang memiliki fitur gratis ongkir nantinya akan ditandai dengan logo bus berwarna hijau dengan tulisan gratis ongkir. Dengan tanda ini, pembeli yang melihatnya di halaman pencarian akan lebih tertarik untuk membeli dari toko yang memiliki tanda tersebut. Fitur ini terbukti ampuh untuk menarik pelanggan lebih banyak. 

Untuk mendapatkan fitur ini, pelaku usaha harus mendaftarkan tokonya dengan cara mengisi identitas diri. Identitas diri ini harus berupa identitas asli karena Shopee tidak akan mentolerir pemalsuan identitas dalam bentuk apa pun.  

Biasanya, fitur ini hanya akan berlaku dengan minimal pembelian. Hal ini akan menguntungkan para pelaku usaha karena menarik pembeli untuk membeli lebih banyak produk agar mencapai batas minimum ini. Tetapi terkadang pihak Shopee juga memberlakukan sistem gratis ongkir dengan Rp0 minimum belanja. Selain itu, fitur ini juga hanya akan berlaku dengan menggunakan jasa logistik tertentu. Jasa logistik tersebut antara lain Shopee Express, SiCepat HaLu, J&T Express, SiCepat Express, INDO PAKET, Ninja Xpress, dan ID Express.  

Cara Mendaftarkan Toko di Shopee Gratis Ongkir

Setelah mengetahui informasi mengenai fitur gratis ongkir, maka selanjutnya adalah pembahasan mengenai cara pendaftarannya. Proses pendaftaran biasanya memakan waktu 2 hari. Pendaftaran dapat dilakukan menggunakan laptop/ PC dan Handphone. 

1. Via HP

Cara yang pertama adalah dengan menggunakan handphone via aplikasi. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  • Siapkan dokumen berupa KTP asli dan foto diri. Satu KTP hanya berlaku untuk 1 toko saja dan tidak dapat digunakan oleh 2 akun toko.
  • Klik lambang gratis ongkir XTRA berlogo bus merah di halaman utama Shopee. 
  • Pilih “Semua Gratis Ongkir” di bar pojok kanan bawah. 
  • Scroll sampai bawah lalu baca syarat dan ketentuan dan pilih daftar sekarang. 
  • Ikuti langkah-langkah yang sudah tertera di halaman pendaftaran. 
  • Klik kirimkan lalu tunggu sampai menerima pesan konfirmasi dari pihak Shopee. 

2. Via PC/ Laptop

Cara yang kedua adalah melalui PC/ Laptop via website. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  • Siapkan dokumen berupa KTP asli dan foto diri.
  • Kunjungi website pendaftaran dari pihak Shopee di: https://shopee.co.id/seller/verification 
  • Ikuti langkah-langkah yang telah tertera. 
  • Pilih/klik kirimkan. 
  • Tunggu sampai menerima pesan konfirmasi. 

Sekian pembahasan mengenai cara mendaftarkan toko di Shopee gratis ongkir dengan mudah. Perlu dicatat bahwa fitur ini akan mendatangkan banyak pembeli jika dibarengi dengan keuletan pelaku usaha untuk menarik pembeli juga. Semoga bermanfaat bagi pelaku usaha yang ingin menambah keuntungan dan menarik lebih banyak pelanggan lewat fitur ini.