Cara Mendapatkan Kode Iklan AdSense dan Memasangnya di Blog

  

Cara mendapatkan kode iklan adsense dapat dilakukan ketika sudah mendaftar atau mengisi formulir untuk google adsense. Kode itu sendiri bisa juga dikatakan sebagai sinyal yang akan menginformasikan pada robot jika website atau blog seseorang ingin terhubung ke adsense.

Disisi lain, kode ini sebagai langkah awal untuk bergabung dengan jaringan google AdSense. Memang terdengar ribet, namun sebenarnya sangatlah mudah sehingga wajib untuk tahu. Apalagi jika pemilik website menseriusi bidang ini sebagai sumber penghasilannya. Untuk itu simak penjelasan berikut ini!

Kode Iklan Adsense

Dunia internet kian berkembang pesat hingga peluang untuk menghasilkan uang dari sana pun terbuka lebar. Salah satunya melalui google AdSense, dimana hal itu merupakan sebuah fitur untuk menampilkan iklan berbayar kepada pemilik website.

Namun, untuk dapat menampilkannya, pemilik situs harus melalui proses pendaftaran terlebih dahulu sehingga didapatkan sebuah kode sebagai sinyal atau penghubung. Di samping itu, pengguna juga hanya diberikan dua kali kesempatan untuk mendapatkan kode tersebut.

Apabila dalam prosesnya gagal, artinya harus mengulang kembali semuanya dari awal. Masalah itulah yang biasanya dialami oleh para blogger pemula. Padahal instruksi dari Google sebenarnya sudah tertera dengan jelas.

Cara Memperoleh Kode AdSense

Cara mendapatkan kode iklan AdSense sebenarnya cukup mudah ditemui. Apalagi instruksi yang diberikan sudah cukup jelas. Pertama yang harus dilakukan tentu pengguna perlu login ke akun AdSense. Kemudian akan didapati fitur iklan di sana, maka masuk ke bagian Ringkasan dan klik Menurut unit iklan.

Dari sana pengguna akan diberikan tampilan berupa tabel beberapa kode. Untuk itu, pada bagian unit iklan yang ada silahkan mencari kode yang ingin didapatkan dari google AdSense ini dan klik Dapatkan kode. Apabila sudah langsung salin atau copy paste kode tersebut sehingga bisa ditempelkan pada alamat HTML situs atau blog pengguna.

Perlu diperhatikan sebelumnya, bahwa setelah kode didapatkan bukan berarti proses selesai begitu saja. Pasalnya pengguna masih harus menempelkannya dan mengedit bagian HTML supaya bisa terkoneksi.

Bagaimana Cara Menempelkannya?

Setelah memperoleh kode iklan AdSense, selanjutnya yaitu dengan menempelkannya pada situs yang dimaksud. Namun, seringkali para pengguna masih kebingungan mencari letaknya yang tepat. Di samping itu, menempelkan kode ini terdapat dua cara berbeda bagi pengguna wordpress dan blog.

Pertama adalah untuk pengguna blog, dimana setelah kode berhasil disalin langsung saja di paste di bagan HTML-nya sehingga laman akan mengalami perubahan. Langkah selanjutnya yaitu dengan membuka menu Tema yang terdapat pada dashboard untuk mengedit HTML. Di sini pengguna harus mencari kode <head> atau &lt;/head&gt;.

Kemudian, kode AdSense tersebut diletakkan diantara kode HTML dan klik simpan, maka proses selesai. Sedangkan untuk opsi yang kedua atau bagi pengguna wordpress yaitu lebih sederhana, akan tetapi intinya sama saja.

Caranya yaitu pengguna harus mengunjungi dashboard wordpress setelah berhasil menyalin kode AdSense tersebut. Selanjutnya dengan memilih Tampilan dan fitur Editor untuk membuka file header.php. Dari sini langsung saja cari HTML </head> dan parse-kan kode AdSense yang telah disalin tadi di sebelah kirinya, lalu klik simpan.

Itulah cara mendapatkan kode iklan AdSense dari google. Apabila semua proses tersebut telah dilakukan dengan benar dan runtut, maka jangan lupa untuk menekan Done yang tertera di laman pendaftaran. Terakhir, tunggu hingga google memberikan tanggapan terkait website tersebut, apakah diterima atau ditolak.