Cara Memasang Iklan Adsense Di Youtube Dan Syaratnya

  

Cara memasang iklan adsense di Youtube sangat mudah. Namun, membutuhkan persyaratan tertentu, untuk bisa melakukannya. Berikut akan dijelaskan persyaratan tersebut, lalu di akhir nanti baru diurai cara pemasangan iklannya.

Syarat Video Youtube Bisa Dipasangkan Iklan Adsense

Sebagian besar syarat pemasangan iklan adsense di Youtube tidak terkait secara langsung dengan youtuber, tetapi pada video yang akan diunggahnya. Berikut penjelasan syarat-syarat yang dimaksud:

1. Video Tidak Melanggar Hukum

Syarat yang pertama adalah video yang akan diunggah tidak melanggar hukum. Seperti video berisi unsur pornografi, kriminal, perjudian, penipuan, penghinaan sara dan lain sebagainya.

Jika video semacam ini yang dipublish, jangankan mendapatkan iklan adsense, justru pihak YouTube akan memblokir video tersebut dan mem-banned akun pengunggah.

2. Video Harus Sesuai Ketentuan Youtube

Yang termasuk ke dalam kategori ini ialah, tidak boleh mengunggah video plagiat dari channel lain. Paling tidak harus ada izin si pemilik atau URL pemilik diunggah di dalam postingan.

Ketentuan berikutnya, harus dicantumkan usia penonton. Ini untuk mempermudah admin dalam mengelola video. Jika ini tidak dilakukan, tentu pihak Youtube ragu untuk memasang iklan di sana.

3. Video Mendapatkan Subscribe dan Viewer yang Banyak

Syarat yang ketiga merupakan syarat terpenting, dan menjadi rujukan para pengiklan. Karena pasti, jika traffic video meningkat, berarti unggahan tersebut memiliki kualitas tinggi.

Bagi pengiklan sendiri, ini keuntungan yang bisa dimanfaatkan. Paling tidak, dengan memasang iklan di video tersebut, orang yang melihat produk atau jasa yang ditawarkan sangat banyak.

Cara Memasang Iklan Adsense Di Youtube

Jika persyaratan di atas sudah dilengkapi, silakan pasang iklan adsense di Youtube. Nanti, youtuber akan mendapatkan penghasilan berupa pundi-pundi dolar. Berikut cara memasangnya yang termudah:

1. Aktifkan Akun Google Adsense

Cara memasang iklan adsense di Youtube yang pertama adalah silakan aktifkan terlebih dahulu akun Google Adsense. Caranya login ke akun lalu isi alamat lengkap sekaligus metode pembayaran. Akhiri dengan klik”Submit”

Pastikan Aktifitas ini dilakukan satu browser dengan Channel Youtube. Maksudnya, kedua situs harus dibuka secara bersamaan dalam waktu yang juga sama.

2. Akses Situs Resmi Youtube

Jika cara pertama sudah dilakukan, baru buka channel you tube dengan cara akses situs Youtube.com. Jika sudah terbuka, silakan kilik channel. Selanjutnya, klik fitur “Video Manager” di dashboard. Ini berisi video-video yang bisa dipilih untuk dipasangkan iklan. Selanjutnya, silakan pilih video yang terbaik.

3. Aktifkan Akun Youtuber

Untuk mengaktifkan akun, dan cara pada poin 2 sudah dilakukan, silakan kembali ke menu channel, lalu di bagian Monetization silakan klik “Enable”. Jika muncul konfirmasi aktivasi akun, silakan klik “Enable My Account”. Kalau ada notifikasi persetujuan, tutup saja dengan cara klik “I Accept”.

4. Memilih Jenis Iklan

Saat Youtuber setuju dengan ketentuan Google adsense di poin 4, maka akan muncul lembar preview. Di sini, jenis iklan adsense bisa dipilih sesuai dengan spesifikasi akun atau channel.

Jika akun masih kategori Hosted, iklan yang bisa dipilih hanya skippable video ads dengan overlay in video saja. Untuk melihatnya, silakan klik fitur “Preview”, lanjutkan dengan menekan tool “Monitize”.

Jika sudah dilakukan, baru tekan got It. Selanjutnya silakan lihat video tersebut, biasanya sudah terpasang iklan adsense. Jika masih belum ada iklan berarti persyaratannya masih belum terpenuhi.

Itulah secara singkat penjelasan tentang cara memasang iklan adsense di Youtube. Silakan dicoba, jika youtuber ingin mendapatkan uang jutaan rupiah dari video yang diunggah. Namun pastikan, lakukan semuanya dengan cara bijak dan mulia. Karena ini yang membuat penghasilan dari Youtube menjadi berkah.