5 Cara Mengatasi Hardisk Bad Sector Agar Kembali Normal  

  

Bagaimana cara mengatasi hardisk bad sector untuk akhirnya bisa kembali normal? Ada banyak cara yang bisa dilakukan, namun pertama-tama mesti diketahui penyebab dari adanya bad sector pada HDD atau Hard Disk Drive. Apakah mungkin untuk memperbaiki bad sector dan bagaimana tahapannya. Apakah bisa memulihkan data dari bad sector? Karena konon, munculnya bad sector dan kerusakan hard drive lainnya dapat mengakibatkan hilangnya semua data.

Lazimnya jika suatu alat elektronik akan termakan usia, begitu juga yang terjadi pada HDD, di mana akan bermunculan kendala seiring dengan usia. Kendala ini termasuk sektor yang rusak pada hard disk yang tentunya jadi masalah besar. Apalagi jika terjadi crash sector yang membuat HDD permanen tidak bisa digunakan kembali. Maka dari itu untuk mencegahnya perlu dilakukan beberapa cara sebagai berikut:

1. Gunakan Aplikasi Standar CHKDSK

Alat utama dalam sistem operasi Windows yang sepenuhnya memecahkan masalah hard disk adalah aplikasi standar CHKDSK. Namun, alat ini ditujukan untuk mendiagnosis dan memperbaiki masalah pada harddisk yang ringan. Jika pengguna menggunakan solid-state disk (SSD) pada PC atau laptop, maka pengguna dapat menemukan informasi tentang metode yang bisa dilakukan untuk mendiagnosis serta mengatasi masalah bad sector pada Solid State Disk (SSD).

2. Gunakan Format Harddisk

Jika kita tidak berbicara tentang hard drive sistem, kadang-kadang metode pemformatan penuh hard drive logis dapat digunakan. Proses semacam itu yang dilakukan oleh alat sistem operasi Windows melakukan pemeriksaan komprehensif terhadap permukaan hard disk dan mengecualikan bad sector yang diidentifikasi dari area penyimpanan data. Dengan menandai masing-masing bad sector, Windows di masa depan akan menutupnya dari pembukaan data baru.

Hard drive sistem juga dapat diformat jika dilakukan pemasangan sistem operasi Windows baru. Cara juga dapat dilakukan jika kinerja komputer malah melambat secara signifikan. Caranya buka Windows File Explorer dan temukan hard drive yang ingin diformat. Klik kanan dan pilih bagian Format dari menu pop-up.

3. Gunakan Layanan Laboratorium Khusus

Cara mengatasi hardisk bad sector ini memang cukup mahal, tapi paling handal. Yakni dengan menggunakan layanan laboratorium khusus untuk pemulihan data yang dihapus dari media data yang rusak. Cara ini mahal karena perangkat yang digunakan hali sangat canggih dan mahal, ruang steril dan spesialis dengan pengetahuan spesialis ahli untuk memperbaiki drive dan mengembalikan informasi pengguna. Biasanya lab ini disewa oleh aparat dan perusahaan.

4. Gunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Jika terlalu mahal, maka gunakan perangkat lunak pemulihan data pihak ketiga. Cara ini  memang bukan yang terbaik, karena perangkat lunak jenis ini memiliki keterbatasan. Dengan jenis masalah yang bad sector harddisk yang buruk dan rusak, pada sebagian program solusinya sama dengan solusi standar format dan chkdsk. Walau demikian cara ini patut dicoba. Misalnya dengan menggunakan HDD Generator yang bisa diunduh di abstradrome.com.

5. Gunakan USB Drive

Jika Windows tidak bisa memulai, bagaimana dapat memeriksa hard drive Windows? Itu pertanyaan penting yang bisa dijawab dengan  menjalankan CHKDSK saat startup dan memeriksa hard drive melalui drive USB. Ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk dengan mudah mengakses utilitas CHKDSK.

Langkah 1. Masukkan disk instalasi Windows 10 atau drive USB dengan Windows.

Langkah 2. Ubah urutan boot BIOS untuk boot dari floppy disk atau drive USB.

Langkah 3. Pilih bahasa instalasi Anda dan klik Next.

Maka bad sector berhasil dituntaskan, dan Windows kembali berjalan.

Itulah sebagian dari cara mengatasi hardisk bad sector untuk akhirnya bisa kembali normal. Tentunya akan muncul pertanyaan dan tanggapan, apakah data masih bisa digunakan kembali. Walau begitu, jika filenya tidak utuh, ada juga cara untuk mengembalikan file yang rusak.