Lakukan Beberapa Cara Mengatasi Kecanduan Game Online Ini! Pasti Berhasil!

  

Di era yang serba online ini, banyak orang yang kecanduan bermain game online. Apalagi saat masa karantina korona ini, banyak orang yang semakin sibuk bermain game di gadget masing-masing. Namun, adakah cara mengatasi kecanduan game online? Yuk, cari tahu di artikel ini!

Pengertian Game Online

Di sela-sela kesibukan, banyak orang yang mengisi waktu luang dengan bermain game online. Game online ini digemari berbagai kalangan, mulai dari anak-anak hingga orang tua. Setiap tahunnya, peminat game online terus bertambah. Apalagi saat ini banyak game online baru yang menawarkan permainan yang seru dan menarik.

Apa sih yang dimaksud dengan game online itu? Game online adalah jenis permainan yang hanya dapat dimainkan jika perangkat terhubung dengan jaringan internet. Game online dapat dimainkan oleh semua orang tanpa batasan usia dan tanpa terikat ruang dan waktu. 

Dampak Kecanduan Game Online

Kecanduan game online dapat menyebabkan pecandu nya mengesampingkan aktivitas utama seperti makan, minum, dan tidur. Hal ini dapat membuat para pecandu game online terkena dehidrasi, sakit maag, hingga resiko penyakit jantung. Pada beberapa kasus, kecanduan game online juga dapat mendatangkan kematian.

Selain itu, game online juga dapat membuat imun tubuh melemah. Kurang tidur akibat bermain game online sepanjang hari juga menjadi pemicu melemahnya sistem imun tubuh. Kecanduan game online juga dapat membuat seseorang menjadi egois dan antisosial karena terus bermain game dan mengurung diri dari dunia luar.

Cara Mengatasi Kecanduan Game Online

Bermain game online memang sangat ampuh untuk menghilangkan penat dan stress karena pekerjaan, tugas yang menumpuk, atau masalah yang lainnya. Tapi, hal itu akan menjadi masalah besar jika sudah kecanduan. Ikuti beberapa cara mengatasi kecanduan game online berikut ini!

1. Memiliki Niat yang Kuat dan Cari Dukungan

Pertama-tama, memiliki niat yang kuat untuk berubah. Carilah motivasi yang memperkuat niat itu. Sampaikan niat untuk berubah itu kepada orang-orang terdekat. Mintalah bantuan dari orang-orang itu untuk mendukung dan menyemangati. 

2. Perlahan tapi Pasti

Jangan langsung berhenti bermain game online dalam sekejap. Sebaiknya, kurangi durasi bermain perlahan-lahan secara bertahap. Misalnya hari ini bermain game online selama 3 jam, besok 2½ jam, lusa 2 jam, dan begitu seterusnya. 

Dengan perubahan yang bertahap, kecanduan akan berhenti secara permanen. Sebaliknya, jika memaksa untuk berhenti bermain game online dalam sekejap, kemungkinan untuk kembali ke kebiasaan bermain game akan lebih besar.

3. Kurangi Bermain Gadget

Salah satu sarana untuk bermain game online adalah gadget. Sebaiknya, kurangi bermain gadget supaya tidak melihat game online dan terpancing untuk memainkannya. Lagipula, terlalu lama bermain gadget juga tidak bagus, kan? 

4. Isi Waktu Luang dengan Berbagai Kegiatan yang Positif

Lakukan berbagai hal yang positif untuk mengalihkan perhatian dari game online. Banyak hal seru yang bisa dilakukan selain bermain game online, loh! Cobalah untuk mengisi waktu luang dengan bermain musik, memasak, membuat prakarya, menghias kamar, dan berbagai hal positif lainnya. 

5. Minta Bantuan ke Orang yang Ahli di Bidangnya

Jika berbagai cara diatas tidak dapat membantu mengatasi kecanduan game online, segera konsultasikan dengan orang-orang yang ahli di bidang itu. Cara ini menjadi jalan terakhir jika kecanduan game online sudah sangat parah dan tidak bisa diatasi sendiri. Tentunya masalah akan terselesaikan jika datang ke orang yang tepat.  

Itulah beberapa cara mengatasi kecanduan game online yang dapat dilakukan. Bermain game online seperlunya saja, ya! Jangan sampai ketagihan! Semoga cara-cara diatas dapat membantu mengatasi kecanduan game online.