Cara Mengganti Template Blogger Supaya Lebih Menarik Dan Meningkatkan Jumlah Pengunjung

  

Mengatur blogger supaya lebih menarik, salah satunya adalah dengan cara mengganti template blogger. Jika blogger menampilkan tampilan halaman yang menarik maka akan membuat pembaca betah. Tidak lupa ini harus dibarengi dengan konten bermanfaat, jika kedua hal itu telah terpenuhi maka dijamin pengunjung blogger akan naik.

Jumlah pengunjung yang banyak tentunya akan membuat pemasukan akan meningkat dari blogger. Namun masih banyak beberapa orang awam yang masih belum mengetahui cara mengganti template pada blogger yang sedang dikelolanya. Yuk dibahas bersama!

Memasang Template di Blogger

Terdapat beberapa jenis template yang dapat dipasang pada tampilan blogspot/blogger yang sedang dikelola, yang pertama yaitu dapat memasang template bawaan dari blogger. Ini sudah disediakan ketika membuat blogger pertama kali, tanpa diunduh pilihan template untuk mempercantik blogger sudah tertata rapi pada pengaturan. Berikut cara mengaturnya:  

1. Login Blogger

Cara mengganti template blogger yang pertama dilakukan adalah harus login terlebih dahulu. Bukalah alamat website blogger. Tunggulah beberapa saat sampai halaman dapat dimuat dengan sempurna pada web browser yang biasa dipakai. Disarankan untuk mengganti template menggunakan laptop saja, supaya lebih mudah karena tampilannya lebih jelas.

Setelah menemukan kotak yang bertuliskan email dan password, segera isilah dengan benar. Email yang dimasukkan dalam kotak merupakan email yang digunakan untuk membuat blogger, ini juga berlaku untuk password yang diketik.

2. Masuk Dashboard

Setelah berhasil login blogger, layar pada browser akan menampilkan dashboard. Semua pengaturan lengkap yang dibutuhkan untuk mengatur dan mengoptimalkan blogger berada di dashboard. Termasuk cara mengganti template blogger juga dilakukan pada menu disini.

Perhatikan pada setiap menu di dashboard blogger, carilah pilihan yang bertuliskan template. Setelah menemukan, segeralah klik dan tunggu hingga masuk ke pengaturan yang mengatur tentang template.

3. Pengaturan Template

Cara mengganti template blogger sebenarnya cukup mudah dilakukan, karena pengaturan template telah menyediakan banyak macam-macam template bawaan dari blogger. Tinggal untuk dipilih sesuai dengan keinginan. Adapun jika merasa bosan dapat diganti kembali sewaktu-waktu.

Pada pengaturan template, pilihlah sesuai dengan keinginan dan sesuaikan dengan tema konten yang diangkat pada blogger. Jangan sampai konten dan template tidak saling berkaitan satu dengan yang lainnya. Setelah memilih, langkah selanjutnya adalah mengklik terapkan ke blog. Tombolnya berupa tulisan yang berada di bawah template yang dipilih.

Memasang Template Unduhan

Untuk pengelola blogger yang bosan dengan template yang telah disediakan oleh blogger dapat mengunduh template pada website yang menyediakannya. Terdapat versi gratis dan premium yang berbayar. Setelah berhasil diunduh maka lanjutkan dengan langkah sebagai berikut:

1. Mengatur Setting Template

Cara yang dilakukan hampir sama dengan mengganti template bawaan blogger. Namun pada pilihan yang berada pada pengaturan template. Jangan memilih template yang disediakan oleh blogger tetapi perhatikan pada tombol kanan atas. Temukanlah dan klik tombol cadangkan/pulihkan.

2. Pilih Unduhan Template

Setelah keluar tampilan cadangkan/pulihkan, segera pilih tombol browse. Ini digunakan untuk memilih dimana hasil download template dari website penyedia template yang sudah berada pada folder download di laptop. Pilihlah template, kemudian klik open. Saat muncul jendela selanjutnya, segeralah klik tombol unggah. Akhirnya blogger telah berganti template.

Template Berupa Kode

Template yang disediakan pada website penyedia template dapat berupa kode XML, cara memasangnya dengan menyalin kode tersebut. Login ke blogger, masuklah pengaturan tema, pilihlah edit HTML. Hapus kode yang telah tertulis didalam kotak dan ganti dengan salinan yang baru berasal dari website template. Terakhir klik simpan, template telah berhasil diganti.

Itulah cara mengganti template blogger yang akan mempercantik tampilan. Disarankan untuk memilih yang menarik namun tidak terlalu meriah supaya blogger cepat memuat halaman. Selalu berkarya ya!