Cara Mengganti Template WordPress Hasil Download Termudah

  

Punya website WordPress tapi bosan dengan template yang ditampilkan? Coba saja dengan menggantinya sesuai selera. Hal ini karena WordPress memiliki keunggulan yaitu mudah dalam pengaturan template. Ada 2 cara mengganti template WordPress yaitu dari dashboard atau menggunakan hasil download sendiri. Di bawah ini dijelaskan cara mengganti template wordpress hasil download sendiri.

Sebelumnya mungkin ada yang masih bertanya-tanya apa template dan theme pada wordpress itu berbeda? Pasalnya pada WordPress memang tidak ditemukan template, namun hanya ada theme. Keduanya sebenarnya punya makna yang sama. Dalam wordpress, baik template maupun theme itu sama. Jadi sekarang jangan bingung lagi soal kedua istilah tersebut.

Lalu apakah template yang bisa diterapkan pada wordpress mesti harus didapatkan dengan cara download? Sebenarnya tidak juga, karena di dashboard WordPress sendiri sebenarnya sudah tersedia. Namun, bagi beberapa orang merasa menggunakan template yang sudah tersedia di dashboard kurang menarik.

Mereka rata-rata ingin mengubahnya menjadi yang paling unik sehingga mencari template-template lain di internet bahkan yang berbayar sekalipun. Bagi yang ingin tahu bagaimana cara mengganti template wordpress hasil download, begini penjelasannya :

1. Unduh Template Yang Diinginkan

Langkah pertama adalah pastikan sudah memiliki website berbasis wordpress terlebih dahulu. Kemudian lanjutkan dengan mendownload gambar, foto, atau jenis file lainnya yang akan dipakai sebagai template. Pastikan memilih template dari sumber terpercaya.

Hindari menggunakan template bajakan karena terlalu beresiko dari segi keamanan. Misalnya lebih mudah terkena virus, maupun malware. Selain itu pastikan juga file yang diunduh sudah dalam bentuk zip.

2. Login Ke Akun WordPress

Setelah template selesai diunduh dan dirubah dalam bentuk Zip, silahkan log-in ke akun wordpress yang dimiliki. Ingatlah untuk memasukkan username serta password yang benar. Supaya proses log-in juga jadi lebih cepat. Ketika sudah berhasil masuk akun WordPress, maka akan muncul halaman dashboard.

Jika sudah berhasil muncul dashboard wordpress, lanjutkan dengan dengan pilih menu ‘appearance’. Selanjutnya pilih tab ‘themes’. Terakhir setelah terbuka, silahkan klik option ‘add new’.

3. Pilih Menu Upload Theme

Langkah berikutnya adalah pilih option ‘upload theme’. Jika sudah silahkan pilih menu ‘browse’. Maka akan muncul banyak pilihan tema yang sebelumnya telah didownload. Pilih saja mana yang ingin dipakai sebagai template terbaru.

Namun mesti harus diingat pastikan hanya menggunakan file dengan format zip saja. Jika file format lain, maka proses penggantian template justru akan gagal. Oleh sebab itu di awal diperingatkan jika ingin menggunakan foto atau file lain sebagai template, sebaiknya ganti dulu menjadi format zip.

4. Upload File Yang Ingin Dijadikan Template

Proses selanjutnya adalah setelah memilih file mana yang akan dijadikan template, langsung saja upload. Kemudian tinggal tunggu saja prosesnya berjalan selama beberapa saat. Ketika proses loading sudah selesai, silahkan klik opsi ‘install now’. Jika langkah ini sudah dilewati artinya proses mengubah template sudah hampir selesai.

5. Lakukan Aktivasi

Jadi nanti setelah template yang dipilih berhasil terinstall, akan muncul sebuah pesan pop-up yang menjelaskan tentang proses telah sukses. Bersama dengan pesan pop-up tersebut juga akan diberikan semacam link. Link tersebut adalah untuk mengaktifkan serta melakukan preview dari template tersebut.

Selanjutnya tinggal klik saja pilihan ‘activated’. Maka akan muncul tampilan blog wordpress menggunakan template yang baru sesuai keinginan. Mungkin ada beberapa template tertentu yang harus ditambahkan opsi pengaturan lagi. Bisa jadi perlu melakukan konfigurasi ulang, seperti penyesuaian tema, atau yang lainnya.

Itulah bagaimana cara mengganti template wordpress hasil download yang bisa dicoba. Cukup mudah sebenarnya, bahkan buat pemula pasti bisa melakukannya dengan baik. Jadi saat merasa kurang puas dengan template bawaan wordpress yang tersedia di dashboard, tidak ada salahnya mendownload sendiri. Semakin unik dan kreatif, bisa menarik lebih banyak pengunjung website.