5 Cara Optimasi SEO Website Mudah Menggunakan WordPress

  

Untuk menaikkan peringkat situs di mesin pencari tentunya diperlukan beberapa cara optimasi SEO website. Tentunya untuk mengoptimasi SEO sebuah situs, diperlukan waktu yang cukup lama sekaligus berbagai pengetahuan tentang SEO. Namun untuk memudahkan para blogger, WordPress telah meng-upgrade fiturnya dengan CMS yang SEO-friendly.

Hal tersebut membuat WordPress sangat populer, yang menjadikannya banyak digunakan orang untuk mengunggah konten. Ada berbagai cara untuk mengoptimasi SEO dari sebuah website untuk mendapatkan ranking pencarian tertinggi di mesin pencari. Berikut akan dibahas beberapa cara untuk optimasi SEO sehingga dapat meningkatkan traffic:

1. Lakukan Riset Keyword Populer

Penggunaan keyword dalam sebuah website sangat penting dalam upaya untuk optimasi sebuah website. Penggunaan keyword yang sering muncul di mesin pencari akan memungkinkan sebuah website memiliki traffic yang lebih besar. Hal tersebut berkaitan dengan konten yang sering dicari para pengguna internet yang sesuai dengan keinginan pasar, sehingga website yang memuat keyword populer akan mendapat traffic yang besar.

Terdapat berbagai tool yang dapat digunakan untuk membantu dalam melakukan riset keyword. Beberapa diantaranya yang paling populer antara lain: SEMRush, KWFinder atau Google Keyword Planner.

2. Install Plugin SEO WordPress

Plugin merupakan cara terbaik untuk meningkatkan traffic pengunjung organik. Namun dalam menggunakan plugin juga tidak boleh asal memilih. Hal tersebut dikarenakan apabila menggunakan plugin terlalu banyak akan menyebabkan website terlalu berat untuk diakses. Sehingga dalam memilih plugins sebaiknya dipilih dan digunakan jenis yang dianggap perlu.

Fungsi dari plugin adalah memudahkan untuk mengoptimasi setiap halaman maupun posting yang mengandung keyword tertentu. Kemudian plugin juga menawarkan built-in analysis yang berdasarkan pada algoritma terbaru. Beberapa plugins yang populer antara lain: Yoast SEO, Google XML Sitemaps, WP Super Cache dan sebagainya.

3. Buat Konten Berkualitas Dan Konsisten

Cara optimasi SEO website yang utama adalah memperhatikan konten di dalam website. Tentunya untuk menarik minat pengunjung organik, sebuah website harus berisi konten yang berkualitas. Dalam menilai sebuah website memiliki konten yang berkualitas juga memiliki banyak sekali faktor penilaian, mulai dari konten yang relevan, informatif sampai dengan konten yang sangat lengkap.

Untuk itulah diperlukan kesungguhan dalam memasukkan konten ke dalam sebuah website.konten juga perlu untuk terus diperbarui, sehingga konten tidak memberikan kesan tertinggal dengan perkembangan. Namun juga perlu diperhatikan dalam memilih konten untuk konsisten pada sebuah tema tertentu dalam website. Misalnya website yang membahas kesehatan akan lebih baik jika konsisten membahas kesehatan dan tidak memasukkan konten bertema lain.

4. Tingkatkan Kecepatan Buffering Website

Kecepatan dalam memuat sebuah website merupakan faktor penting dalam memanjakan viewer organik. Karena para pengunjung pastinya akan kesal apabila website yang mereka buka memiliki waktu buffering yang lama. Ada beberapa cara untuk meningkatkan kecepatan buffering sebuah website seperti: mencari baseline number, upgrade paket hosting yang dipakai, menggunakan CDN hingga mengoptimalkan media gambar atau video yang ada di dalamnya.

5. Optimalkan Situs Pada Perangkat Mobile

Saat ini perangkat yang lebih banyak digunakan masyarakat dalam menjelajah internet dalam ponsel karena kemudahannya. Sehingga yang penting diperhatikan adalah memberikan kenyamanan pada viewer yang mengakses dengan menggunakan ponsel, karena jumlahnya yang melebihi viewer yang mengakses dengan perangkat komputer.

Untuk mengoptimalisasi situs pada perangkat mobile, Google telah merilis index mobile-first. Untuk menentukan peringkatnya, saat ditampilkan pada perangkat mobile fitur tersebut akan menilai performa dan fungsionalitas sebuah situs .

Sekian penjabaran tentang cara optimasi SEO website yang mudah dengan menggunakan WordPress. Penggunaan WordPress sangat mempermudah untuk para blogger yang memiliki kemampuan keterbatasan kemampuan coding. Dalam penggunaannya WordPress memiliki kemudahan dalam penggunaannya, sehingga mempermudah untuk optimalisasi website.