Cara Menggunakan Google Trends dan Fungsinya

  
Cara Menggunakan Google Trends

Diperlukan cara menggunakan google trends untuk membangun strategi bisnis. Dan salah satu tools yang biasa digunakan untuk meriset pasar serta merancang strategi konten maupun SEO adalah google trends. Dengan riset pasar yang tepat akan sangat bermanfaat dalam mensukseskan bisnis. Jadi dengan keyword yang tepat akan diketahui seberapa besar potensi pasar bisnisnya.

Fungsi dan kegunaan google trends dalam bisnis sangatlah popular, bahkan sering dijadikan rujukan para pengguna internet. Dan data riset tersebutlah yang dapat dijadikan acuan para pelaku bisnis di era milenial ini.  Beberapa cara menggunakan google trends untuk mengembangkan bisnis, antara lain

1. Keyword Untuk riset

Dengan google trends yang merupakan alat sederhana dan praktis untuk menganalisa suatu keyword dalam keperluan riset. Cara menggunakan google trends adalah dengan keyword untuk meriset minat pasarnya. Sehingga dapat dijadikan untuk menganalisa beberapa hal sebagaimana berikut:

  • Trend keyword atau kata kunci dalam suatu mesin pencarian
  • Trend keyword regional yang digunakan untuk mengetahui minat dan tren pasar sesuai dengan kata kunci berdasarkan wilayah, geografis dan lokasi tertarget.
  • Trend keyword musiman yang biasa terjadi, sehingga apa yang menjadi topik dan minat pasar di suatu masa dapat dijadikan patokan atau rancangan pengembangan bisnis.
  • Trend topik terkait yang dapat dijadikan perbandingan  untuk memahami perilaku pasar berdasarkan waktu dan lokasi tertarget.

2. Menganalisa Minat Pasar

Salah satu fungsi dan cara menggunakan google trends adalah untuk menganalisa minat pasar yang ada dalam kurun waktu dan area tertentunya. Sehingga dengan kata kunci yang tepat maka local SEO-nya pun lebih tertarget. Yang tentunya dapat dilakukan dengan cara sederhana sebagaimana berikut:

  • Buka menu pencarian dalam google trends dengan langkah seperti biasa.
  • Kemudian Scroll dan telusuri ke bawah, hingga penelusuran minat berdasarkan sub wilayah atau kota tertarget.
  • Setelah yakin, pilih dan klik menu sub wilayah  atau kota tertarget tersebut.
  • Maka pada dashboard akan muncul grafik yang memperlihatkan minat dan topik terhadap kata kunci atau keyword di wilayah yang dicari.

3. Keyword Untuk Riset

Untuk memperoleh data riset pasar yang tepat, diperlukan teknik compare kata kunci. Antara keyword yang satu dengan lainnya, sehingga tingkat performa kata kunci tersebut dapat segera diketahui dengan cepat. Dan dengan data perbandingan keyword yang ada, keputusan bisnis menjadi lebih maksimal serta tepat sasarannya.

4. Menemukan Ide Untuk Mengembangkan Bisnis

Selain dimanfaatkan untuk mencari suatu kata kunci, google trends dapat dijadikan tools untuk menemukan ide-ide baru. Yang dapat digunakan mengembangkan potensi bisnis yang sedang digeluti, sesuai dengan trend pasar yang ada. Di awali dengan membuka laman google trends dan klik gambar 3 garis yang ada atas pojok sebelah kiri, selanjutnya pilih dan klik  penelusuran trending

Dalam fitur tersebut akan menampilkan penelusuran trending yang terjadi selama 24 jam.  meskipun hanya menggunakan kata kunci yang singkat dan sederhana. Dan dari penelusuran tersebut dapat dikembangkan lagi menjadi ide-ide baru yang bermanfaat dalam bisnis yang sedang dijalani.

5. Menganalisa Siklus Trends

Trend pasar yang sedang ramai di suatu wilayah pada waktu-waktu tertentu, sangat penting dipahami para pelaku bisnis. Salah satu fungsi google trends adalah untuk menganalisa siklus yang menjadi topik bisnis saat itu. Sehingga membantu dalam mengambil keputusan untuk menambah stok produk atau tidak.

Nah, demikian fungsi dan cara menggunakan google trends untuk strategi membangun bisnis. Sehingga dengan data yang diperoleh dari riset pasar dengan google trends akan memberikan keputusan yang tepat. Dan hasilnya sesuai dengan harapan seiring dengan perkembangan pasar dan siklus trend-nya. Semoga menginspirasi dan bermanfaat.