Cara Menggunakan Smartwatch Cognos untuk Fitur Dasar dan Utamanya

  
Cara menggunakan smartwatch Cognos

Teknologi semakin canggih dan praktis untuk memudahkan pekerjaan manusia. Salah satu bukti kecanggihan ini yaitu munculnya smartwatch yang mengemas fungsi smartphone menjadi jam tangan pintar yang lebih praktis. Cognos adalah salah merek smartwatch yang banyak dipilih masyarakat Indonesia karena beberapa keunggulannya.  Cara menggunakan smartwatch Cognos juga terbilang cukup mudah, sehingga banyak yang menggunakannya.

Jika baru membelinya maka perlu dilakukan beberapa pengaturan untuk menggunakan fitur-fitur yang diberikan Cognos secara maksimal. Inilah langkah atau cara menggunakan smartwatch Cognos yang dasar dan pertama kali dilakukan. Namun sebelumnya, charge smartphone hingga penuh baru lakukan langkah di bawah ini.

1. Atur Sinkronisasi Smartwatch dengan Smartphone

Umumnya di buku petunjuk tercantum aplikasi apa yang dibutuhkan untuk proses sinkronisasi ini. Cognos bisa menggunakan aplikasi Android Wear App yang bisa diunduh di Playstore lalu instal. Jika sudah disinkronkan dengan Smartphone, caranya aktifkan bluetooth pada hp dan cari nama smartwatch kemudian klik Connect.

Pilih notifikasi pada smartphone yang ingin diteruskan ke jam tangan. Langkah ini bisa sekaligus mengatur tampilan dasar smartwatch dengan cara masuk ke Home dan pilih background, atur pula widget untuk menampilkan fitur utama seperti cuaca, kalender dan lainnya.

2. Atur Fitur Messaging

Mengirim dan menerima pesan menggunakan hp bisa digantikan dengan smartwatch. Tetapi ukuran jam tangan yang kecil tidak memungkinkan untuk mengetik pesan. Oleh sebabnya gunakan perintah suara yang diberikan oleh Google untuk menggantikan tugas membalas pesan tersebut.

Dengan cara ini, pengguna hanya perlu memilih respon default yang sudah disediakan Google seperti “Ya”, “tidak”, “pesan sudah dibaca” dan lain sebagainya. Agar perintah diterima dengan benar, ucapkan dengan jelas dan cermat.

3. Atur Aplikasi Olahraga

Keunggulan smartwatch ialah mampu melacak pergerakan pengguna. Gunakan fitur ini dengan mengaktifkan notifikasi beserta pengingat, yang membuat penggunanya harus mencapai target yang telah ditetapkan. Aplikasi ini juga mampu melihat apakah pengguna sudah bergerak, berapa kalori yang terbuang dan berapa jarak yang ditempuh untuk melakukan olahraga terkait.

Dengan kemampuannya, smartwatch memberikan porsi dan tahapan yang tepat sehingga membuat penggunanya tetap sehat dengan cara berolahraga.

4. Atur Keamanan

Smartwatch menyimpan banyak data pribadi mulai dari info kesehatan hingga keuangan. Namun produsen telah melengkapinya dengan sistem keamanan sehingga jika jam tangan pintar hilang atau dicuri, gawai ini akan menolak disinkronkan dengan smartphone manapun kecuali dengan izin pemilik awal.

Tetapi agar fitur tersebut dapat digunakan maka harus diaktifkan terlebih dahulu seperti fitur Apple’s Activation lock pada iphone. Carilah fitur keamanan atau Activation Lock dan aktifkan sebelum kejadian yang tidak diinginkan terjadi.

5. Atur Kendali Jarak Jauh

Scara menggunakan smartwatch Cognos lain yang perlu diketahui adalah mengatur fitur kendali jarak jauh atu pengganti remote. Pengguna dapat menggunakan aplikasi yang tersedia di playstore untuk mendukung fitur ini.

Selain itu dapat pula menggunakan Google Assistant atau Siri dari smartwatch yang telah terkoneksi dengan smartphone. Namun fitur ini akan terasa lambat dalam merespon beberapa perangkat seperti speaker karena kemampuan prosesor yang terbatas.

Itulah cara menggunakan smartwatch Cognos dasar yang penting untuk diaktifkan sehingga aktivitas sehari-hari menjadi lebih mudah. Gunakan fitur yang diberikan secara maksimal karena jika tidak percuma saja membeli sebuah jam tangan pintar, bukan?

Semakin baik mengeksplor kemampuan smartwatch maka akan efektif melakukan banyak pekerjaan karena hal itulah tujuan adanya jam tangan pintar. Selanjutnya bisa memilih fitur atau program sesuai dengan kebutuhan, minat dan kepribadian. Dengan begitu, smartwatch telah terpakai secara maksimal.