Tools SEO Gratis Dengan Fitur Terlengkap

  

Website sebagai tempat menyebarkan berita bahkan berbisnis yang tujuan utamanya ialah mencari laba sebanyak-banyaknya. Penggunaan website untuk bisnis ini pun memerlukan website yang optimal agar penjualan meningkat. Caranya ialah menggunakan SEO tool yang membantu mengoptimalkan website. Namun, jasa ini tidaklah murah. Contohnya Ahrefs yang mematok harga paling rendah 1,5 juta per bulan. Untuk menyiasatinya, gunakan tools seo gratis untuk mendongkrak website yang dikelola. Berikut ini beberapa pilihan seo tool gratis yang dapat menjadi pilihan.

1. Google Keyword Planner

Sebenarnya keyword planner berguna untuk menganalisis dan mencari kata kunci yang cocok untuk membuat iklan. Namun, fiturnya yang lengkap membuatnya mampu menjadi tool SEO sekaligus. Sebagai platform milik Google tentu memiliki kelebihan tersendiri yang tidak dimiliki SEO gratis lain.

Pertama, hasil lebih akurat karena memiliki akses langsung dengan Google search engine yang paling banyak digunakan. Selain itu, hadir diperuntukkan khusus bisnis. Kespesifikan tujuannya ini memungkinkan pebisnis mendapatkan apa yang dibutuhkan secara lengkap. Menggunakan Google Keyword planner akan mendapatkan informasi ide,tren kata kunci, daftar ide kata kunci dan banyak lagi.

2. RankingCoach

Penggunaan rangkingcoach sangat mudah dengan tutorial dalam bahasa Indonesia dan Inggris bahkan video. Fitur-fiturnya mampu meningkatkan peringkat website dan memberi informasi apa yang harus dilakukan untuk dapat menjadi website teratas.

Banyak keunggulan dengan menggunakan RankingCoach yaitu membuat website mudah ditemukan dan mendapat informasi tentang pesaing  baik lokal, nasional hingga internasional beserta perbandingan analisisnya. Tak sampai disitu setiap minggu, RankingCoach akan mengirimkan laporan perkembangan website. Dan yang terpenting, pengguna dapat menggunakan semua jasa RankingCoach tersebut dengan gratis.

3. Ubersuggest

Tools SEO gratis ini cukup favorit di kalangan pengguna SEO gratis. Tampilannya sangat mudah dipahami dan memberikan fitur atau jasa yang umum dibutuhkan oleh pencari. Ubersuggest memberikan tiga fitur utama yaitu keyword ideas, content ideas dan keyword competitor.

Keyword ideas memberikan rekomendasi kata kunci yang digunakan pada 100 website terpopuler beserta pengunjung, backlink, domain dan jumlah share. Mirip dengan keyword ideas, content ideas memberikan rekomendasi konten beserta komponen domainnya. Sedangkan keyword competitor memberikan informasi kata kunci yang dipakai oleh pesaing terdekat disertai dengan jumlah pengunjungnya.

4. Word Stream

Sebenarnya word stream hadir untuk membantu pebisnis online dalam memasarkan produknya. Word Stream memberikan software untuk usaha kecil hingga e-commerce dalam pembuatan hingga hilang evaluasi atau laporan efektifitas iklan yang telah diterbitkan. SEO tools ini memiliki banyak fitur canggih yang salah satunya berkaitan untuk mengoptimalkan sebuah website yaitu free keyword tool. Penggunaannya hampir sama dengan SEO lainnya yaitu cukup menginput kata kunci lalu akan muncul rekomendasi daftar keyword.

5. Keywordtool.io

Keyword tool sangat baik untuk ukuran SEO gratis. Semua fiturnya dapat digunakan dan mencakup pencarian yang lebih luas. Tool SEO ini memberikan analisis perkembangan website dan pencarian keyword yang tak hanya di Google melainkan Youtube, Playstore, eBay, twitter, instagram, Amazon dan masih banyak lagi. Selain itu, Tool gratis ini memberikan jasa rekomendasi long tail yang cukup banyak yaitu 750 keyword dari setiap keyword yang dicari. Longtail memiliki persaingan yang tidak terlalu ketat namun mendapat ranking teratas.

6. KWFinder

KWFinder cocok untuk SEO pemula karena memiliki interface yang sangat komunikatif. Meski begitu, fiturnya cukup lengkap untuk memenuhi kebutuhan pengguna. Tampilan umumnya yaitu sebelah kiri terdapat daftar rekomendasi dari setiap keyword sedangkan bagian kanan memberikan informasi performa kata kunci terkait domain authority, kunjungan hingga jumlah share di Facebook dan Pinterest serta jumlah pengunjung setiap bulannya.

Beberapa rekomendasi tools SEO gratis di atas dapat dicoba untuk mendongkrak efektifitas website. Setiap tool memiliki keunggulan dan fitur yang berbeda-beda sehingga dapat dipilih sesuai dengan kebutuhan masing-masing. Agar lebih efektif, sebelum mencoba tool gratis di atas, pahami terlebih dahulu relevansi yang akan dicari dengan bisnis. Jadi, jika kata kunci yang ingin dicari kurang tepat dengan bisnis maka hasil dari tool SEO pun akan percuma karena tidak relevan.