Cara Meningkatkan Karir dengan Professional

  

Setiap karyawan ingin memiliki jenjang karir yang selalu meningkat. Namun hal tersebut sayangnya tidak bisa diraih oleh semua karyawan. Terkadang ada karyawan yang merasa bahwa karirnya ‘mentok’ atau membutuhkan waktu lama untuk memperoleh promosi. Oleh karena itu, harus mengetahui cara meningkatkan karir agar karir yang dirintis selalu maju dan berkembang.

Cara meningkatkan karir hanya bisa dilakukan dengan kesadaran sendiri. Selain itu, meningkatkan karir juga hanya bisa terjadi jika seorang karyawan melakukan pengembangan diri. Berikut ini adalah 5 cara meningkatkan karir yang dapat dilakukan oleh seorang karyawan:

1. Menguasai Budaya Organisasi

Budaya organisasi yaitu sebuah sistem yang berjalan dalam sebuah organisasi. Sistem itu kemudian diterapkan menjadi gaya atau karakteristik yang dilakukan bersama-sama. Oleh karena itu, pentingnya bagi seorang karyawan untuk menguasai budaya organisasi, atau dalam hal ini adalah tempat kerja.

Dengan menguasai budaya organisasi, maka seorang karyawan lebih mudah dalam mengaplikasikan berbagai nilai-nilai yang dianut di kantor. Memahami budaya organisasi juga dapat memudahkan untuk menyesuaikan ritme kerja. Hal ini tentunya dapat meminimalisir gesekan yang dapat terjadi di kantor.

2. Memiliki Komunikasi yang Baik

Salah satu kemampuan yang harus dimiliki jika ingin meningkatkan karir yaitu dengan memiliki komunikasi yang baik. Hal ini karena dengan memiliki komunikasi yang baik, tentunya dapat mengembangkan hubungan dengan atasan, sesama karyawan, ataupun dengan klien.

Cara yang dapat ditempuh untuk meningkatkan kemampuan berkomunikasi yaitu dengan mengikuti pelatihan, seperti public speaking. Biasanya dalam pelatihan tersebut akan diajarkan bagaimana berkomunikasi secara efektif dan mengurangi kecanggunan. Jika tidak memiliki waktu untuk melakukan pelatihan, cobalah untuk membaca buku soal komunikasi.

3. Melanjutkan Pendidikan

Cara meningkatkan karir selanjutnya yaitu dengan melanjutkan pendidikan. Hal ini tentunya bisa ditempuh karena terkadang beberapa perusahaan menginginkan karyawannya untuk memiliki kualifikasi pendidikan tertentu untuk meningkatkan karirnya. Maka, jika dirasa karir yang sedang dirintis belum juga berkembang, bisa jadi salah satu alasannya karena kualifikasi pendidikan.

Maka, jika sudah bekerja mulailah untuk membuat rencana pendidikan yang lebih tinggi. Buatlah daftar universitas yang bagus namun membuka kelas parallel atau kelas malam. Dengan begitu, meskipun masih berstatus karyawan tetapi tetap bisa mengikuti perkuliahan di malam hari setelah bekerja.

4. Membangun Jaringan yang Luas

Terkadang ketika sibuk dengan pekerjaan, seorang karyawan terkadang tidak memiliki waktu untuk membangun jaringan. Padahal, jaringan adalah hal yang sangat penting ketika merintis karir dan jika ingin meningkatkan karir. Dengan membangun jaringan yang luas, maka seorang karyawan dapat merasakan peningkatan karir ataupun gaji.

Jika ingin hal tersebut terjadi, maka mulailah untuk membangun jaringan seluas-luasnya. Cobalah untuk mengikuti komunitas profesional yang sesuai dengan bidang karir. Jika terbatas ruang dan waktu, dapat mencoba untuk memanfaatkan media sosial dalam membangun suatu jaringan, misalnya aktif di forum LinkedIn.

5. Perbaiki Hubungan

Cara menaikkan karir selanjutnya yaitu dengan memperbaiki hubungan di kantor. Seringkali hal ini diabaikan oleh banyak karyawan. Mungkin karena berbeda divisi atau berbeda bidang, hubungan yang baik dianggap menjadi tidak penting. Namun, sebaiknya sesama karyawan atau hubungan dengan atasan harus dijalin dengan baik. Terlebih lagi hubungan dengan atasan, cobalah untuk memperbaiki hubungan tersebut menjadi lebih baik lagi.

Pasalnya, atasan memegang kendali penuh di perusahaan. Maka, karir seseorang karyawan pun ada di tangan atasan. Cobalah untuk melakukan perbaikan mulai dari sekarang. Bangunlah komunikasi yang aktif dengan sesama karyawan atau dengan atasan. Mungkin pada awalnya akan terasa sulit, namun jika sudah terbiasa, memperbaiki hubungan menjadi mudah dilakukan.

Cara meningkatkan karir dapat ditempuh dengan melakukan 5 hal yang telah disebutkan di atas. Cobalah satu per satu cara tersebut yang dianggap paling mudah untuk dilakukan. Lakukanlah setiap hari demi mencapai karir yang diinginkan.