Cara Meningkatkan Ranking Website Di Google, Ini Rahasia Blogger Sukses!

  

Seorang blogger proffesional atau digital marketer pastinya menginginkan konten yang dibuatnya bisa dikonsumsi banyak orang. Untuk itu banyak dari para blogger berusaha keras agar karyanya bisa muncul di halaman pertama pencarian google. Nah, dibawah ini beberapa cara meningkatkan ranking website di google :

1. Paham Alogoritma

Alogoritma mesin penelusur google adalah sebuah sistem yang menentukan apakah website itu menghasilkan informasi yang akurat atau tidak. Adanya alogoritma ini menentukan nasib website para blogger atau pun internet marketer. Mengapa demikian? Karena algoritma google sebagai penentu apakah website layak untuk berada di halaman pertama google atau tidak.

Google sendiri melakukan 500 sampai 600 pembaruan setiap tahunnya. Untuk bisa mendapatkan rangking di halaman google maka harus terus memantau pembaruan algoritma tersebut. Selain itu, sangat penting juga untuk para blogger melakukan eksperimen dan melakukan error dam trial.

2. Memahami Dasar-Dasar SEO

Sudah bukan rahasia lagi, SEO atau Search Engine Optimize menjadi faktor utama meningkatnya ranking website pada google. Pada dasarnya alogaritma google kurang menyukai website yang memiliki naviagasi yang rumit. Untuk itulah sangat penting untuk mengetahui dasar-dasar SEO.

Memahami dasar-dasar SEO sangat penting karena data menunjukkan bahwa google menempati rangking kedua setelah email pengunjung terbanyak. Hal ini membuat banyak digital marketer berupaya untuk mempelajari dasar-dasar SEO untuk mengembangkan bisnisnya melalui media seperti website di google.

3. Memperbaiki Link Yang Rusak

Hal selanjutnya yang bisa dilakukan untuk meningkatkan rangking website adalah dengan memperbaiki link yang rusak. Banyak pemilik website yang mengabaikan hal ini, padahal hal itu dapat mempengaruhi pengalaman pengunjung website.

Hal ini berlaku baik link internal maupun eksternal, jika sudah ada yang terdeteksi maka sebaiknya segera diperbaiki.
Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk memperbaiki link yang rusak, diantara dengan menggunakan plugin dari wordpress. Plugin ini adalah Broken Link Checker, dengan menggunakan ini pemilik website bisa mengatasi link yang rusak yang terjadi karena adanya perubahan susunan data.

4. Membuat Website Yang Mobile Friendly

Cara meningkatkan ranking website di google selanjutnya adalah membuat website yang mobile friendly. Para blogger harus berupaya membuat pembaca nyaman. Hal ini dimaksudkan agar pembaca yang mengunjungi halaman website tidak merasa terganggu aktivitasnya. Ini juga menjadi hal sangat krusial, karena google menerapkan indeks mobile first.

Hal yang harus diupayakan adalah membuat mobile friendly test, agar website mendapatkan rangking pada google. Yang paling penting adalah membuat pembaca nyaman. Adapun caranya yaitu dengan berusaha untuk memudahkan pembaca membuka website melalui smartphone tanpa harus mengganggu pekerjaan.

5. Meminimalisir Waktu Loading

Hal yang juga penting harus dilakukan adalah meminimalisir waktu loading. Pastikan untuk tidak membuat konten dengan waktu loading yang lama. Data menyebutkan bahwa website akan ditutup oleh pengunjung jika waktu loadingnya lebih dari 3 detik. Ini berlaku baik yang membuka website melalui desktop atau pun mobile phone.

Adapun cara untuk menimalisir waktu loading adalah dengan memastikan sebelum mengupload konten ukuran gambar menjadi lebih kecil. Selain itu sebelum mengunggah periksa apakah ada cache yang akan membuat website menjadi lambat loading. Lakukan penggabungan beberapa script menjadi satu file.

Itulah tadi cara meningkatkan ranking website di google. Cara diatas sudah terbukti efektif dalam mengembangkan website. Website yang muncul pada halaman pertama google dan dengan rangking pertama akan memberikan banyak benefit bagi pemiliknya. Semoga artikel ini bisa menjadi referensi yang yang lengkap. Selamat mencoba.