Content Writing Adalah – Mengenal Lebih Jauh Profesi Kekinian

  

Pada era yang semakin modern dan melek teknologi, orang harus pandai memanfaatkan internet sebagai sesuatu yang menghasilkan. Semakin banyak bisnis yang menggunakan media online sebagai wadah dalam menjalankan usahanya. Mulai dari berjualan online, pariwisata (hotel, restoran, taman rekreasi, mall), pendidikan (sekolah, tempat kursus), hingga kesehatan dan masih banyak lagi. Dari sanalah, beberapa profesi yang berkaitan dengan kegiatan menyampaikan sesuatu melalui media online mulai banyak dicari dan dibutuhkan. Content writing adalah salah satu yang mulai dikenal masyarakat luas seiring perkembangan media informasi.

Mengenal Content Writing

Apa itu contentwriting? Sesuai dengan namanya, content writing adalah aktivitas membuat artikel dengan konten yang relevan sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Artikel yang ditulis harus didasari dengan riset terlebih dahulu. Riset ini bisa dilakukan dengan melakukan wawancara, membaca di perpustakaan, hingga terjun langsung melakukan sendiri terkait topik dalam artikel yang akan ditulis. Riset juga bisa dilakukan dengan cara yang mudah , yakni browsing di internet. Meski demikian, sumber yang kita baca juga harus memiliki validitas, dalam artian bisa dipercaya dalam menyampaikan sesuatu sesuai dengan keadaan yang sebenarnya.

Kualifikasi Dalam Content Writing

Sama seperti profesi lainnya, mengerjakan content writing juga memiliki kualifikasi yang harus dipenuhi. Tujuannya agar dapat menghasilkan konten yang berdaya guna bagi diri sendiri dan juga orang yang membacanya. Beberapa hal ini dapat menunjang karir di bidang content writing.

1. Memiliki Minat Dan Kemampuan Dalam Bidang Menulis

Hal utama yang harus dimiliki adalah kemampuan menulis, agar dapat membuat konten artikel yang menarik dan dapat dipahami banyak orang. Meski demikian, kemampuan juga dapat diasah seiring latihan dan jam terbang. Oleh karena itu perlu ada minat yang besar untuk benar-benar belajar menekuni bidang ini.

2. Berwawasan Luas

Seseorang yang memiliki wawasan luas akan lebih luwes dalam menyampaikan opini mengenai segala sesuatu, menyusun kalimat, serta lebih terbuka dalam menerima masukan.

3. Kreatif

Seorang penulis, sama halnya dengan pekerja seni lainnya haruslah memiliki kreatifitas sehingga akan membedakannya dengan orang lain. Mereka harus memiliki karakter/ciri khas yang membuatnya diingat sehingga dapat meningkatkan minat banyak orang terhadap konten yang ditulisnya.

4. Bertanggungjawab

Aspek ini terdengar umum dan sepele, tapi sangat diutamakan dalam profesi content writer. Artinya, kita harus dapat mempertanggungjawabkan tulisan yang dibuat. Bagaimana tulisan tersebut dapat mempengaruhi pembaca, meningkatkan progress perusahaan, serta keaslian tulisan yang dibuat.

Keunggulan Content Writing

Tidak lengkap rasanya bila membicarakan suatu profesi tanpa menyebutkan keunggulannya. Content writing adalah salah satu profesi yang dapat memberikan manfaat yang besar. Berikut beberapa keunggulan yang dapat ditemukan dengan menjadi seorang content writer.

1. Bisa Dikerjakan Dimana Saja

Pekerjaan ini bisa dilakoni tidak hanya para profesional tapi juga mereka yang masih mahasiswa, atau yang sudah bekerja sebagai penghasilan tambahan.

2. Memperluas Wawasan

Dengan menulis artikel, kita dituntut untuk mencari tahu dan membaca tentang berbagai hal, sehingga dapat meningkatkan pengetahuan serta melatih kemampuan kita dalam berpikir logis dan kritis.

3. Melatih Profesionalitas

Dalam membuat sebuah artikel yang sesuai dengan perkembangan masyarakat, penting bagi content writer untuk selalu mentaati deadline dan mengikuti kemajuan ilmu pengetahuan. Hal ini membutuhkan fokus, kreatifitas dan dedikasi untuk membuat konten yang berbobot namun tetap menarik bagi orang yang membacanya.

4. Melatih Kemampuan Berkomunikasi Secara Efektif

Komunikasi tidak hanya dilakukan secara lisan, namun juga tertulis. Tulisan memiliki daya yang dapat menarik orang untuk setuju atau justru menolak apa yang disampaikan, tergantung kemampuan dalam menyampaikan suatu hal melalui tulisan. Kiat menulis secara efektif tentunya akan didapat seiring dengan meningkatnya jam terbang dalam melakukan content writing.

Manfaat media online cukup membawa dampak yang signifikan untuk mengembangkan sebuah bisnis. Dari pembahasan mengenai content writing, dapat disimpulkan bahwa dewasa ini kemampuan menulis sangatlah dibutuhkan. Ada banyak jalan bagi mereka dengan minat dan kemampuan dalam bidang menulis untuk menghasilkan sesuatu yang berdayaguna, tidak hanya bagi diri sendiri namun juga untuk orang lain.