Contoh Layanan Cloud Computing Dan Jenisnya

  

Cloud computing merupakan gabungan penggunaan teknologi komputer atau disebut komputasi dan pengembangan berbasis internet yang disebut awan. Cloud atau awan merupakan penggambaran dari internet yang sering muncul di diagram jaringan komputer. Ada banyak contoh layanan cloud computing seperti Google Docs, Google Drive, Dropbox dan masih banyak lagi.

Teknologi cloud computing kini semakin menjamur di berbagai belahan dunia tak terkecuali di Indonesia. Cloud computing menjadi salah satu instrumen yang ikut berperan di era ekonomi distributif akhir-akhir ini. Ada banyak keunggulan yang dimiliki teknologi ini sehingga perusahaan besar sekelas Microsoft, IBM, Adobe pun ikut mengembangkan teknologi ini.

Teknologi yang menggunakan cloud, menyimpan data pada server yang bisa diakses melalui jaringan internet, begitu pun dengan softwarenya. Hal ini berarti untuk menggunakannya tidak perlu lagi melakukan instalasi software di perangkat computer. Cukup menghubungkan perangkat computer dengan jaringan internet, maka aplikasi dalam cloud dapat dijalankan.

Pada cloud computing ada tiga tingkatan atau jenis layanan yang umumnya digunakan. Ketiga jenis cloud computing tersebut adalah SaaS, IaaS, dan PaaS. Pertanyaan yang kemudian muncul adalah apa berbedaan dari ketiganya? Simak ulasan berikut ini untuk mengetahuinya.

Software as a Service (SaaS)

Layanan cloud computing ini tersedia dalam bentuk perangkat lunak atau software sesuai dengan namanya. Contoh layanan cloud computing SaaS adalah Adobe Creative Cloud, Google Docs dan Spreadsheet.  Dalam pengaplikasiannya, pengguna hanya akan menggunakan software tersebut tanpa perlu tahu bagaimana pengelolaan software tersebut. Hal tersebut merupakan fasilitas yang diberikan oleh penyedia software tersebut.

Melalui Software as a Service pengguna dapat dengan mudah mengakses software tanpa perlu menyediakan storage khusus untuk menyimpan software tersebut. Reliabilitas dan ketersediaan software akan dijamin oleh pihak penyedia layanan. Hal tersebut dapat membuat pengguna lebih fokus untuk memaksimalkan penggunaan software tersebut.

Infrasturucture as a Service (IaaS)

Dalam penggunaannya, pihak penyedia layanan akan memfasilitasi infrastuktur cloud computing secara lengkap. Layanan infrastuktur tersebut berupa penyediaan server, storage, jaringan, hingga ruang untuk menyimpan data center. Pengguna hanya memanfaatkan layanan tersebut dengan baik.

Diibaratkan jika pengguna computer menggunakan IaaS, maka sebenarnya mereka sedang menyewa computer virtual yang masih kosong. Apabila pengguna telah menyewa computer tersebut, maka pengguna dapat menambahkan komponen komputasi berupa CPU, Storage, RAM, IP dan sebagainya untuk menciptakan computer virtual sesuai kebutuhan pengguna.

Berdasarkan hal tersebut, maka pengguna dirasa tidak perlu membeli perangkat computer fisik serta pusing memikirkan pengelolaannya selama menggunakan layanan IaaS. Selain kemudahan tersebut, dengan menggunakan IaaS, pengguna dapat melakukan pengaturan terhadap computer virtual tersebut dengan cepat, mudah dan praktis.

Misalkan apabila computer virtual tersebut menyimpan data yang melebihi kapasitas yang disediakan, maka pengguna dapat menambahkan storage atau RAM dengan cepat. Contoh layanan cloud computing IaaS adalah Bizet Gio Cloud, Softlayer, dan Rackspace Cloud.

Platform as a Service (PaaS)

Platform as a service adalah contoh layanan cloud computing yang berbentuk platform yang bisa digunakan dalam pembuatan software. Apabila diibaratkan, Platform as a service atau PaaS dapat memungkinkan pengguna untuk menyewa rumah beserta lingkungannya. Lingkungan yang dimaksud adalah Network, System Operasi, Database Engine, Framework dan sebagainya.

Hal tersebut sangat membantu berjalannya software yang dibuat. Pengguna tidak perlu lagi memikirkan bagaimana pemeliharaan rumah karena pihak penyedia layanan PaaSlah yang akan melakukan semua hal tersebut. Fokus dalam pembangunan rumah adalah satu-satunya tugas yang harus dilakukan pengguna sebagai penyewa.

Nah itulah ulasan mengenai jenis-jenis dan contoh layanan cloud computing. Semoga ulasan tersebut dapat membantu dalam memahami cloud computing, jenis serta layanan yang diberikan dengan mudah. Memahami konsepsi dasar dari teknologi cloud ini sangat penting di era yang serba digital ini.