Cover Letter Bahasa Inggris, Begini Isinya!

  

Sebelum masuk ke dunia kerja tentu membutuhkan cover letter. Ada perusahaan yang menggunakan cover letter dalam bahasa Indonesia dan juga cover letter Bahasa Inggris. Namun masih banyak orang yang belum mengetahui apa itu cover letter. Berikut penjelasan mengenai cover letter dan apa saja isi dari cover letter.

Apa Itu Cover Letter?

Mendengar kata cover letter mungkin masih asing atau bahkan tidak tahu apa itu cover letter. Sebenarnya cover letter merupakan suatu dokumen yang nantinya akan dikirimkan bersamaan dengan curiculum vitae (CV) saat melamar pekerjaan. Cover letter ini bertujuan untuk tambahan informasi tentang pengalaman serta skill yang dimiliki. Isi dari cover letter biasanya mengenai informasi detail kenapa seseorang cocok jadi kandidat di posisi yang dilamar.

Cover letter bisa menggunakan bahasa Indonesia tapi ada juga perusahaan yang menginginkan cover letter bahasa Inggris. Bagian HRD atau bagian personalia biasanya menyaring para pelamar yang akan dijadikan calon kandidat yang akan dipanggil interview. Akan tetapi tidak semua perusahaan membutuhkan cover letter, hanya saja ada perusahaan yang menginginkannya. Terkadang perusahaan yang membutuhkan cover letter akan mencantumkan di syarat pendaftaran lamaran kerja.

Apa Saja Isi Dari Sebuah Cover Letter?

Masih banyak orang yang bingung isi dari cover letter sehingga mereka salah dalam membuatnya. Isi dari cover letter bahasa Inggris sama halnya dengan yang berbahasa Indonesia. Jika masih bingung isi dari cover letter itu apa saja, berikut ini ada beberapa hal yang harus ada di dalam cover letter. Yuk simak penjelasannya!

1. Header

Sebelum masuk ketahap pembukaan, cover letter harus dibuat header dulu. Header ini berisi mengenai informasi mengenai diri sendiri dan juga perusahaan agar mudah untuk dihubungi. Jangan lupa juga untuk memasukkan tanggal. Jika mengirim cover letter melalui email sertakan juga kontak yang bisa dihubungi dekat dengan tanda tangan.

2. Pembukaan

Bukalah cover letter dengan menyambut pihak HRD dengan kata-kata yang sopan. Jika menulis dalam bahasa Inggris bisa mengggunakan “HRD of…” dan kalau dalam bahasa Indonesia menggunakan kata “Kepada YTH”. Setelah itu, masukkan posisi mana yang hendak dilamar. Lalu jangan lupa jelaskan juga darimana mendapatkan informasi mengenai lowongan pekerjaan tersebut.

Jangan lupa ucapkan salam dengan menggunakan sapaan Madam atau Sir. Kemudian uraikan secara singkat mengenai pengalaman dan juga skill yang dimiliki sesuai dengan spesifikasi yang diminta. Dari pembukaan ini maka HRD akan mudah tertarik dengan para pelamar.

3. Isi

Jika sudah masuk ke bagian isi, jangan lupa untuk jelaskan mengapa tertarik dengan bagian yang didaftar tersebut. Utarakan mengapa cocok jadi kandidat untuk menempati posisi tersebut sampai menarik perhatian HRD sebanyak satu atau dua paragraf. Jelaskan kembali spesifikasi yang dibutuhkan berdasarkan lowongan yang didapat dan uraikan juga bahwa telah memenuhi segala spesifikasi yang dibutuhkan.

Hindari pengulangan isi yang sama dengan CV yang tertera untuk menunjukkan skill yang dimiliki. Jangan terlalu panjang buatlah sesingkat mungkin tapi padat informasinya.  Dalam membuat cover letter bahasa Inggris jangan asal-asalan sebab pihak HRD pasti akan melihat grammar yang digunakan.  Sampaikan juga jenjang pendidikan serta pengalaman dalam bekerja yang dimiliki.

4. Penutupan

Dibagian penutupan ini tekankan lagi bahwa skill yang dimiliki mampu dijadikan bahan pertimbangan untuk menempati posisi yang dilamar. Sampaikan juga kalau sangat mengharapkan adanya kesempatan panggilan interview. Jadi bisa menjelaskan lebih detail lagi mengenai skill dan kemampuan yang dimiliki. Jangan lupa juga ucapan kalimat terima kasih karena telah memberikan lowongan pekerjaan tersebut.

Itulah pengertian dari cover letter serta isi dari cover letter bahasa Inggris. Menggunakan bahasa Inggris pastilah akan lebih menarik perhatian HRD. Jadi dari kemampuan bahasa Inggris ini juga kemungkinan untuk diterima lebih besar.