Dongeng untuk Anak TK Dengan Berbagai Tema

  

Dongeng untuk anak TK merupakan salah satu media untuk menyampaikan pesan moral tanpa harus menggurui. Banyak macam tema dongeng yang bisa dijumpai di berbagai toko buku, situs online dan perpustakaan-perpustakaan sekolah, contohnya seperti berikut ini.

Membangun Karakter

Dalam sebuah dongeng , saat menyampaikan isi cerita yang menarik maka secara tidak langsung mampu membangun karakter anak. Dongeng untuk anak TK tersebut  bisa membangkitkan anak untuk :

1. Tolong-Menolong

Salah satu penulis dongeng terkenal, Aseop  dengan judul  “Androcles dan Singa” merupakan sebuah dongeng yang mengajarkan nilai tolong-menolong. Diceritakan bahwa Androcles takut masuk ke hutan, kemudian bertemu dengan Singa yang mengaum keras. Ternyata si Singa tersebut kesakitan karena ada duri yang menancap di kakinya.  Androcles berusaha menolong singa tersebut. Akhirnya mereka berteman baik.

2. Berkasih Sayang

Sebuah dongeng dari Grim Bersaudara dengan judul “ Kurcaci tanpa Baju” menceritakan tetang seorang pembuat sepatu bernama Harold, ia sangat miskin namun baik hati. Saat Harold tidak bisa menyelesaikan sepatunya, dua kurcaci datang membantu menyelesaikan sepatu Harold. Pak Harold kasian melihat dua kurcaci tersebut tidak memakai baju. Akhirnya mereka memakai baju dan tidak merasa dingin di malam hari.

3. Menghormati

Saat menyampaikan dongeng untuk anak TK harus ada unsur lucu dan menarik. Seperti dongeng dari Aesop yang berjudul  “Raja Bertelinga Keledai” ini bisa membuat anak membayangkan seseorang dengan telinga keledai dan saat anak melihat gambar, anak TK akan tertawa.

Diceritakan bahwa sang Raja selalu menutup kepalanya hingga telinganya tak terlihat. Suatu hari ada tukang cukur baru yang akhirnya membongkar rahasia raja. Namun ternyata rakyat sudah tahu kondisi raja tersebut. Rakyat tahu tapi diam karena untuk menghormati sang Raja. Dan akhirnya Raja tidak malu lagi dengan kondisinya sekarang.

Menciptakan Jiwa Kepahlawanan

Dongeng untuk anak TK sebaiknya juga mengandung nilai-nilai kepahlawanan.  Beberapa hal yang bisa menciptakan jiwa kepahlawanan adalah memalui dongeng yang mengajarkan tentang :

1. Keberanian

Dongeng dari Cina yang berjudul “Pangeran Mini” adalah sebuah dongeng yang mengajarkan keberanian. Seorang anak berukuran mini hanya satu inci menjadi pengawal kerajaan, kemudian dia ditangkap oleh raksasa. Si pangeran mini ini masuk ke mulut raksasa.  Dengan penuh keberanian dia menusuk lidah si raksasa. Raksasa kesakitan akhirnya dikeluarkanlah pangeran mini tersebut.

2. Perjuangan

Kisah perjuangan selalu menarik untuk diceritakan, sebuah dongeng untuk anak TK harus disampaikan semenarik mungkin. Cerita “Lobak Raksasa” bisa mengajak anak untuk belajar berjuang dalam mendapatkan sesuatu. Suatu hari seorang ayah akan panen lobak, ternyata lobak tersebut susah untuk dicabut, dengan bantuan si ibu lobak tidak bisa ditarik juga akhirnya si anak ikut membantu menarik, mereka bersama-sama menarik lobak tersebut. Dan ternyata Lobak tersebut adalah lobak raksasa yang sangat besar.

Menumbuhkan Kecintaan pada Budaya Bangsa

Untuk menumbuhkan cinta pada budaya bangsa, dongeng untuk anak TK bisa diceritakan tentang legenda suatu daerah dan cerita-cerita rakyat. Ada sebuah dongeng yang sangat menarik dari Pulau Simeuleu. Pualu tersebut sangat dekat dengan pusat gempa Aceh, pada tahun 2004 saat tsunami menghantam Aceh dan sekitarnya. Masyarakat pulau Simeule sudah siap harus berbuat apa.

Hal ini didasarkan atas dongeng turun temurun tentang “Smong” yang artinya tsunami. Pada dongeng tersebut ada sebuah syair turun temurun yang menceritakan bahwa jika bumi sudah bergetar dan air laut mulai hilang, jangan lari ke pantai dan menangkap ikan. Segeralah naik ke bukit. Karena “smong” akan menghabisi semuanya.

Hal menarik dan penuh nilai dalam sebuah dongeng akan membuat anak-anak semakin memahami, menjadikan anak menjadi pribadi yang lebih baik. Terutama dongeng untuk anak TK bisa disampaikan dengan bahasa yang menyenangkan dan penuh ekspresi.