Fungsi Java Script Sebagai Bahasa Pemrogaman Web

  

Java Script adalah kode atau bahasa pemrograman yang digunakan pada sebuah website untuk menambahkan fitur yang menarik. Pengguna website dan blog di era sekarang hampir seluruhnya menggunakan kode Java Script ini walaupun terbilang masih sedikit karena cukup mudah dibandingkan bahasa pemrogaman lainnya. Untuk pemula perlu diketahui terlebih dahulu tentang fungsi java script sebagai bahasa pemrogaman web.

Java script sangat bergantung kepada browser atau navigator yang memanggil web. Berisikan berbagai skrip dari java script dan terselip di dalam dokumen HTML. Dikarenakan java script sudah termasuk di dalam browser tersebut, maka tidak memerlukan penterjemah khusus untuk menjalankannya.

Untuk para developer website, java script ini sangat direkomendasikan karena mudah digunakan serta interaktif. Kemudahan bahasa pemrograman ini dapat digunakan pada sisi game, mobile, aplikasi desktop, Internet of Things, dan masih banyak lagi. Berikut fungsi java script sebagai bahasa pemrogaman web :

1. Memudahkan dan Meringankan Peselancar Situs

Fungsi java script yaitu memudahkan dan meringankan peselancar situs untuk mengisi form ketika memasukkan sebuah chaptcha. Misalnya, ketika mengisi formulir pendaftaran online melalui google dan di bawah form biasanya terdapat chaptcha untuk diisi seperti angka ataupun tulisan besar kecil.

2.Interaksi Tetap Aktif

Dengan java script yang aktif, interaksi peselancar situs seperti game online via browser, maupun chatting dan tampilan flash dapat digunakan. Memudahkan bagi pengunjung situs untuk tetap melakukan dua kerja sekaligus.

3. Memberi Aturan Dalam Input Data

Untuk memberi validasi atau aturan dalam penginputan data form. Seperti perubahan format angka menjadi format rupiah. Dan input data harus di isi dan lain sebagainya. Jadi kode java script dijalankan untuk memberikan aturan dalam setiap penginputan data yang dilakukan oleh peselancar situs.

4. Untuk Melakukan Submit Penyimpanan Data

Ketika peselancar situs membuka sebuah web browser dan akan melakukan submit pada suatu data dan akan menyimpannya, maka fungsi nya biasa ditemukan disini. Sistem kerja java script pada URL dengan menggunakan protokol. Otomatis browser akan memunculkannya,

5. Membuat Halaman Website Menjadi Interaktif dan Dinamis

Membuat sebuah halaman website lebih interaktif dan dinamis. Penggunaan kode sangat dibutuhkan untuk website atau blog yang berorientasi pada kenyamanan pengunjung situs. Dan juga, penggunaan kode java script harus dibarengi dengan penggunaan css agar maksimal. Dan penggunaan ini tidak bisa lepas dari HTML.

6. Membuka Halaman Pop-Up

Jadi salah satu fungsi java script yaitu dapat membuka halaman pop-up. Ketika peselancar situs meng-klik tombol menggunakan mouse, inilah kegunaan java script yang membuat sekumpulan kode untuk menjalankan ketika pemakai melakukan suatu tindakan.

7. Merubah Ikon Kursor Ketika Melewati Sebuah Obyek Tertentu

Ketika meng-klik suatu pilihan di layar browser dan meng-klik tulisan di halaman URL jelas berbeda. Dan fungsi nya yaitu merubah ikon kursor ketika melewati sebuah obyek tertentu, tergantung pilihan peselancar situs dalam web browser.

8. Membuat Asynchronous Javascript and XML

Merupakan kepanjangan dari AJAX yaitu teknik yang digunakan pada sebuah website. Fungsinya yaitu untuk mengirim data ke server secara background, meng-update tampilan web tanpa harus me-reload browser, serta untuk mengambil data dari server secara background. teknik yang berada pada website atau blog dan menggunakan bahasa pemrograman java script.

Itulah beberapa fungsi java script sebagai bahasa pemrogaman web yang menarik minat pengguna website. Banyak digunakan karena sangat fleksibel sehingga beberapa pengguna website memanfaatkan untuk membangun berbagai macam aplikasi.